10 Tank Terkuat dan Canggih Yang Ada di Dunia

1
245
tank terkuat di dunia

Saat ini zaman sudah sangat canggih. Tak heran kalau banyak perkembangan teknologi yang masuk ke dalam Dunia Militer. Salah satunya adalah dengan munculnya Tank terkuat di berbagai belahan Dunia.

Tank merupakan Alutsista berupa kendaraan tempur yang sangat diandalkan dalam pertempuran darat. Saat ini sudah ada beberapa tank yang masuk kategori sebagai tank terkuat.

Baca Juga : Sejarah Perang Padri

Nah, blog militer akan membagikan informasi mengenai tank apa saja yang kuat dan hebat dalam pertempuran. Penasaran? Yuk simak sampai habis artikel ini.

Daftar Tank Terkuat di Dunia 2020

1. Challenger 2

Kendaraan lapis baja terkuat yang pertama adalah Challenger 2 yang berasal dari Inggris. Tank ini mulai digunakan dari tahun 1998 hingga saat ini dengan pembaruan yang rutin pada spesifikasinya.

Biaya yang digunakan untuk memproduksi satu unit tank challenger 2 disebut-sebut sebesar Rp 76 miliar. Nominal yang cukup besar untuk sebuah kendaraan lapis baja.

Tank ini dipersenjatai dengan meriam utama berkaliber 120 mm yang memiliki tingkat akurasi sangat baik dengan lapisan baja depannya yang sangat tebal. Tank ini memiliki jarak tembak efektif mencapai 5 km dan tank ini mendapatkan rekor sebagai pembunuh tank terbaik.

tank terkuat

2. Leopard 2A7+

Siapa sih yang gak tahu tank ini? Leopard 2A7+ merupakan Main Battle Tank dari Jerman yang diproduksi pada tahun 2014 dan menjadi salah satu tank MBT paling laris di Dunia karena memiliki spesifikasi yang sangat bagus di kelasnya.

Tank ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki kendaraan lapis baja yang lain yaitu senjata utamanya. Tank ini dilengkapi dengan senjata utama L55 Smoothbore dengan diameter 120mm.

MBT dari Jerman ini juga unggul dalam kecepatan karena tank ini sanggup melaju dengan kecepatan 72 km per jam di jalanan. Untuk harga tank ini sendiri, per unitnya dijual seharga Rp 136 miliar.

3. K2 Black Panther

Tank ini resmi digunakan pada tahun 2016 menjadi MBT negara Korea Selatan. K2 Black Panther diproduksi oleh perusahaan Hyundai Rotem, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang rolling stock dan kereta.

K2 Black Panther menyandang gelar sebagai salah satu tank terkuat di Dunia karena memiliki keunggulan seperti Leopard 2A7 ditambah dengan Explosive Reactive Armor (ERA).

Selain itu, akurasi tembakan dari meriam tank ini juga sangat bagus dan bisa mengenai sasaran dari jauh.

4. T-14 Armata

Tank terkuat di Dunia berikutnya adalah Tank T-14 Armata dari Rusia. Tank ini mulai digunakan sebagai MBT Rusia pada tahun 2015.

Sudah ada banyak negara yang memiliki tank ini sebagai MBT. Tank T-14 Armata memiliki kelebihan pada bagian turret yang tidak memerlukan awak untuk mengontrol senjata diatasnya.

Artikel Pilihan : Rangkuman Perang Diponegoro

Selain itu, MBT ini hanya membutuhkan tiga awak untuk mengontrol tank sepenuhnya. Jadi ada banyak ruang dalam tank ini. Oh iya, Rusia juga melapisi tank ini dengan teknologi Explosive Reactive Armor (ERA) untuk perlindungan maksimal.

tank-tercanggih-di-dunia

5. M1A2 SEP Abrams

Nah, tank terkuat M1A2 SEP Abrams berasal dari Amerika serikat dan menjadi salah satu tank yang paling banyak diproduksi karena memiliki kemampuan yang mumpuni didalam pertempuran.

Keunggulan tank ini terletak pada mesin dan perlindungan bajanya yang cukup tebal sehingga sangat cocok untuk digunakan berperang melawan infanteri. Ada uranium yang terletak pada beberapa bagian tank ini.

Sayangnya daya tembak tank ini masih kurang dibanding dengan Leopard 2A7+. Meskipun begitu, tank ini masih menjadi salah satu tank terkuat yang pernah ada di Dunia.

6. Merkava Mark IV

Selain Amerika serikat, ternyata israel juga mampu membuat sebuah kendaraan lapis baja yang bagus yaitu Merkava Mark IV. Tank ini sudah digunakan oleh Israel dari 2004.

Bahkan tank ini disebut-sebut setara dengan Tank T40 Rusia yang tangguh. Tank ini juga dianggap sebagai kakaknya M1 Abrams milik negara Amerika Serikat.

Saat ini tank Merkava IV sudah diproduksi dengan total mencapai 360 unit. Tank ini dibekali dengan sistem perlindungan Active Protection System yang berguna untuk mencegah proyektil mendekati badan tank.

tank terkuat di dunia

7. Type 90 Kyu-maru

Tank ini menjadi salah satu tank terbaik yang dimiliki Jepang. Tank Tipe 90 memiliki spesifikasi yang cukup bagus dikelasnya dengan menggunakan meriam diamter 120mm yang bisa menembus baja tank lain.

Selain itu, tank ini dibekali dengan armor tebal ditambah dengan modular ceramic yang mampu melindungi bodi tank dari serpihan proyektil.

8. T-84 Oplot-M

Kehancuran Uni Soviet membawa keberkahan sendiri bagi negara Ukraina. Negara ini berhasil mendapatkan warisan sebuah pabrik tank yang ada di Kharkov.

Tank T-84 Oplot-M saat ini memiliki spesifikasi yang cukup modern karena sering digunakan untuk perang langsung oleh militer Ukraina. Tank ini memiliki kemampuan untuk menembak peluru setiap 8 detik sekali.

Kendaraan lapis baja ini juga dilengkapo dengan laser misil anti-tank yang sangat berguna dimedan pertempuran. Selain itu, tank T-84 Oplot-M juga dilengkapi dengan alat deteksi thermal dan panoramic sehingga akurasi tank semakin meningkat.

9. Type 10

Selain memiliki Tank Type 90, militer jepang juga mempunyai Tank Type 10 yang dikenal lebih besar dan lebih canggih dibanding seri sebelumnya.

Tank ini sangat mematikan di dalam pertempuran karena dipersenjatai dengan meriam berteknologi canggih dan kuat. Selain itu, armor yang dimiliki tank ini sudah menggunakan nano-crystal steel yang lebih keras dan kuat dibanding baja biasa.

Tank type 10 juga dilengkapi dengan sensor paling canggih sehingga pengemudi kendaraan ini bisa langsung mendeteksi banyak hal. Terutama ancaman dari musuh.

tank-tercanggih

10. T-90AM

Rusia memang dikenal sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat. Oleh karena itu, ada banyak sekali senjata canggih di negara ini. Salah satunya adalah T-90AM.

Tank ini merupakan model pengembangan dari T-72 dan T-80 yang sudah mulai usang namun masih digunakan hingga saat ini. pasti mantaab dong spesifikasinya.

Tank T-90AM dilengkapi dengan berbagai macam perlengkapan canggih seperti sensor dan persenjataan berkualitas. Tak heran kalau tank ini ditakuti oleh negara barat berkat kecanggihannya.

Selain itu, tank ini memiliki keunggulan di bagian sistem deteksi misil canggih dan jamming system yang dapat digunakan untuk mengacaukan rudal kendali musuh yang mengarah pada tank ini.

Lalu, tank ini sanggup menembak peluru dengan cepat yaitu setiap 6 detik sekali. Tak heran kalau tank T-90AM menjadi incaran banyak negara timur yang menginginkan tank dengan spesifikasi tinggi dan kuat.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi tentang tank terbaik yang ada di Dunia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tank ini juga memiliki harga yang relatif mahal dibanding kendaraan tempur lainnya. Tank diatas juga sering digunakan ketika sedang berperang atau dalam sebuah misi perdamaian.

Jadi untuk kualitas tempur tank diatas sudah terbukti dan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya di medan perang yang asli. Indonesia ? Tenang Indonesia juga punya salah satu Tank terkuat yaitu Leopard.

Oleh karena itu, hingga saat ini masih ada negara yang menggunakan tank model lama daripada tank model terbaru untuk melindungi negaranya dikarenakan keterbatasan dengan dana. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Demikian pembahasan kali ini tentang Tank Terkuat dan tercanggih di Dunia, Kami juga akan terus mengupas dan analisa alutsista keren lainnya seperti Senjata AK – 47, Pesawat Bell Boing V – 22 Osprey, Pesawat tempur Su – 57 dan teknologi militer lainnya. tetap bersama kami ya

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan