Teknologi Militer Indonesia Tebaru

0
80
teknologi militer Indonesia terbaru

Blog Militer Indonesia;Teknologi Militer Indonesia ,-Bicara tentang alat tempur, bumi pertiwi memiliki teknologi militer Indonesia terbaru yang sangat menawan. Kecanggihannya tidak kalah dengan senjata buatan luar negeri. Bahkan, produk lokal ini telah diekspor hingga ke mancanegara.

Bila berbacara teknologi Khususnya di bidang militer, Indonesia memang masih harus mengakui beberapa negara maju lainnya seperti Amerika Serikat, Rusia, China dan Israel yang telah mampu menjadikan negaranya sebagai kiblat kekuatan militer saat ini.

Namun kita juga tidak boleh berkecil hati, karena pemerintah Indonesia melalui Kementerian pertahanan telah mengkonsep kebijakan yang akan membuat Indonesia setidaknya memenuhi kebutuhan pokok Minimum angkatan perangnya atau Minimum Essential Force dalam beberapa tahun kedepan.

BERITA DISARANKAN

Untuk memenuhi kebutuhan teknologi militer indonesia kedepan, Kementrian pertahanan juga telah bekerjasama dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) seperti PT. PINDAD, PT. PAL dan PT.DI guna mengembangkan beberapa Alutsista ( Alat Utama Sistem Persenjataan ) yang canggih.

Selain itu beberapa Program kerjasama dengan negara maju lainnya seperti Korea selatan dalam pembuatan Pesawat Tempur KFX/IFX serta serta Kapal selam changbogo Class dengan Sistem ToT ( Transfer of Technology ) merupakan langkah nyata dalam mengejar ketertinggalan indonesia dalam teknlogi militer.

Beberapa Teknologi Militer Indonesia Terbaru

Lompatan Teknologi Militer memang sangat cepat itu membuat Indonesia meluncurkan 89 Proyek Strategis Nasional ( PSN ) diantaranya adalang pengembangan Drone Black Eagle atau PUNA ( Pesawat Udara Nir Awak ) Elang Hitam.

Selain itu ada berbagai alat tempur milik Indonesia dengan teknologi militer yang sangat canggih, bahkan tak tanggung-tanggung, telah banyak produk dihasilkan anak bangsa mulai dari TANK hingga KAPAL SELAM . Kecanggihannya tidak perlu diragukan. Apalagi Alutsista tersebut telah diekspor ke beberapa negeri tetangga, seperti:

1. Panser Anoa

Teknologi Militer Indonesia pertama yang akan kita bahas adalah Panser Anoa, Salah satu kendaraan tempur keren adalah Panser Anoa bikinan PT PINDAD yang telah mendunia.

Kendaraan ini merupakan produk lokal yang telah diekspor ke berbagai negara di Indonesia. Bahkan, alat tersebut termasuk dalam salah satu barang paling laku di pasaran dengan keunggulan memiliki lapisan baja yang lebih tebak dan berkualitas sangat baik sehingga lebih kuat dibandingkan dengan panser sejenis dari negara lain.

Beberapa negara yang telah membeli produk berkualitas ini antara lain Oman dan Malaysia. Keberadaan alat tempur tersebut tidak perlu diragukan lagi sebab panser anoa kerap dipakai untuk menjalankan misi perdamaian PBB. Tidak heran jika kendaraan keren itu sungguh mengharumkan nama Indonesia.

2. Roket Balistik Rhan – 450

Teknologi Militer Indonesia Kedua yang akan kita bahas kali ini juga merupakan alutsista buatan asli Indonesia, Yaitu Roket Balistik Rhan – 450 .

Masih Belum percaya ? Seperti dikutip akun twitter resmi LAPAN @LAPAN_RI menyatakan bahwa organisasi ini telah berhasil melakukan uji coba Rudal Balistik ini dari stasiun peluncuran roket Balai Uji Teknologi dan Antariksa dan Atmosfer Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Nggak menyangka kan !!! ternyata negara agraris ini mampu membuat alat super canggih. Benda tersebut telah dilakukan uji coba tepatnya di hari selasa 15 januari 2019.

Rocket balistik dengan Diameter 450mm dengan Panjang sekitar 7,1 meter dan berat 1600 Kg ini mampu melaju dalam kecepatan 4.000 km per jam.

Produk keren ini dibuat oleh 3 lembaga negara yakni LAPAN, PT. Dahana dan Kementrian Pertahanan. Dengan diciptakannya roket sejak 2018 tersebut diharapkan teknologi militer Indonesia akan semakin maju sehingga bisa mengatasi berbagai masalah terkait keamanan negara.

3. Kapal Selam ChangBogo Class

Selain mampu membuat roket super cepat, Indonesia pun telah mampu menciptakan teknologi militer laut yang diharapkan mampu menjaga kedauatan perairan NKRI.

Yup … Dengan bekerjasama dengan pemerintah Korea Selatan, Indonesia mempunyai Program untuk Transfer of Teknologi pembuatan Kapal Selam yang terkenal dengan nama Chang Bogo Class.

Dari 8 Kapal Selam yang direncanakan, Indonesia dan Korea Selatan telah mampu bekerjasama membangun Kapal selam dengan Kode 401/ KRI Cakra, 402/KRI Namggala, 403/ KRI Nagapasa, 404/KRI Ardadeli dan terakhir 405/ KRI Alugoro.

Bahkan untuk Produk terakhir yaitu kapal selam 405/KRI Alugoro telah sepenuhnya berhasil di buat di Indonesia yaitu di galangan kapal Milik PT PAL di Surabaya.

Kapal selam KRI Nagapasa-403, KRI Ardedali -404 dan KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam kelas Chang Bogo yang telah ditingkatkan. Alat tersebut sangat canggih karena dibekali senjata berupa torpedo sekaligus peluncurnya.

Kapal selam ini bahkan bisa menyelam di dalam air dengan kecepatan 21 knot. Dapat dikatakan, muatannya lumayan banyak karena mampu menampung puluhan orang. Kendaraan itu tercipta hasil kerja sama dengan Korea Selatan. Berkat kolaborasi tersebut, kekuatan TNI makin canggih dan kuat.

4. Smoke Warhead

Salah satu produk teknologi militer Indonesia terbaru ialah smoke warhead. Alat tempur ini merupakan kepala roket dengan berbagai keunggulan yang mencengangkan. Salah satu keistimewaannya adalah memberikan info mengenai dimana letak jatuhnya. Secara otomatis akan diberikan tanda berupa asap.

Adanya asap tersebut hanya berlangsung selama 2 menit saja. Tak heran, produk Indonesia ini telah diekspor ke berbagai negara, salah satunya Chili. Roket tersebut bahkan dipercaya menggungguli Amerika Serikat dan Rusia, tidak heran jika telah diproduksi sebanyak ribuan amunisi.

5. Pesawat Udara Nir Awak ( PUNA ) Elang Hitam

Selain mampu menciptakan kepala roket, anak bangsa pun berhasil membuat pesawat tanpa awak. Produk berkualitas ini dibuat oleh PT. Aviator Teknologi Indonesia. Nama kapal terbang tersebut ialah Smart Eagle II. Jika dilihat dari kekuatannya, alat itu mampu terbang hingga 6 jam.

Bahkan, pesawat tanpa awak tersebut bisa dioperasikan saat malam hari. Smart Eagle dilengkapi berbagai fitur canggih, salah satunya adalah color TV Camera. Alat tersebut kerap digunakan oleh pihak Inteligen Indonesia demi menjaga keamanan dan kenyamanan negara.

6. Kapal Cepat Rudal 60

Salah satu alutsista Indonesia yang sangat terkenal dengan kecanggihannya adalah kapal cepat rudal 60. Alat tempur tersebut memiliki panjang 60 meter dengan lebar 8,1 meter. Bicara tentang muatannya, kendaraan air tersebut bisa membawa orang hingga 55 orang. Apalagi bahan bakarnya cukup hemat.

Kapal cepat rudal 60 ini cukup stabil. Saat menembakan senjata dari kapal, bagian body takkan goyah sehingga tetap maju secara sempurna. Alat tempur tersebut umumnya digunakan untuk melindungi wilayah perairan Indonesia oleh angkatan laut TNI. Berkat kendaraan itu, negara menjadi lebih aman.

7. Pesawat Hercules C-130

Pesawat ini ditempatkan di pangkalan yang ada di Malang. Daerah tersebut dipilih karena areanya dilengkapi dengan perawatan canggih khusus tipe Hercules. Kapal udara berkekuatan super itu kerap digunakan untuk mendukung penyebaran logistik ke berbagai daerah serta mengangkut pasukan.

Pesawat ini telah melegenda karena mampu menerjunkan pasukan rahasia dengan mudah. Keberadaan Hercules hampir selalu digunakan untuk operasi para TNI Angkatan Udara karena kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

8. Peluru

Indonesia memiliki teknologi militer yang canggih, salah satunya ialah peluru. Kelengkapan perang ini dibuat oleh PT. Pindad. Bahkan, telah diekspor ke berbagai negara seperti Thailand dan Singapura serta Amerika Serikat pun termasuk klien setia.

Produk buatan Indonesia ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan secara signifikan. Tak heran, pemerintah terus membuat produk berkualitas tersebut. Selain mendapatkan keuntungan cukup besar, adanya ekspor ke luar negeri secara tidak langsung mengharumkan nama Indonesia.

Berbagai Teknologi Canggih Milik Militer Indonesia Paling Terbaru

Selain membuat sendiri, pemerintah pun menggunakan beberapa produk luar negeri demi memperkuat keamanan negara. Memakai barang negara lain tidak berarti mengabaikan barang buatan lokal. Hal ini dilakukan agar sistem pertahanan bumi pertiwi makin menguat. Berikut ulasannya:

1. Sukhoi Su-35

Produk terbaru yang dipakai untuk mengamankan negara adalah Sukhoi. Kendaraan itu berupa jet tempur super cepat guna memantau keamanan udara. Alasan dibelinya barang buatan Rusia ini karena milik Indonesia perlu diupdate. Selain itu, penerbang lokal telah terbiasa dengan sistem negara tersebut.

Bahkan, pesawat tempur itu dipercaya mampu memenangkan pertarungan jika melawan jet buatan Amerika Serikat. Banyak negara lain yang juga memesan kendaraan udara tersebut karena speed jet tersebut 2 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan suara.

2. Embraer EMB 314 Super Tucano

Ada lagi teknologi militer Indonesia yang diimpor yakni Embraer EMB 314 Super Tucano. Pesawat itu dibeli secara bertahap. Meskipun telah dibeli beberapa tahun lalu, namun kendaraan itu merupakan jenis pesawat terbaru milik pemerintah yang diekspor dari luar negeri.

Pesawat ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari menyerang musuh hingga latihan penerbang bagi para pemula. Adanya pembelian produk berkualitas demi menjaga keamanan negara itu dilakukan agar Indonesia bebasa dari serangan baik darat maupun udara.

3. Kapal Selam Scorpene

Selain berencana untuk membuat kapal selam buatan anak negeri dengan bekerjasama dengan Korea selatan, Pemerintah Indonesia juga berencana membeli 4 unit kapal selam tipe ini di tahun 2020. Hal itu diungkapkan setelah menteri pertahanan Prabowo melakukan kunjungan di Paris pada beberapa waktu yang lalu. Alat tempur tersebut super canggih karena dilengkapi 6 peluncur.

Kapal selam ini cukup tahan lama karena mampu menyelam selama 3 minggu lamanya. Kendaraan buatan Perancis tersebut bahkan mampu membawa senjata berupa ranjau dengan jumlah maksimal 30. Dengan kecanggihannya, tak heran jika Indonesia berencana membelinya.

Demikian beberapa teknologi militer Indonesia terbaru yang perlu diketahui. Selain mampu membuat sendiri, pemerintah tidak segan-segan menambahnya demi memperkuat keamanan bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here