Teknologi Militer Indonesia yang Mendunia

1
146
teknologi militer indonesia-literacy militer

Hai Sahabat Situs Militer,- Yuk kita mengulas sedikit tentang teknologi militer Indonesia yang Mendunia, Tahukah kamu bahwa sebenarnya telah berhasil membuat alutsista modern dengan teknologi canggih yang telah dipakai oleh beberapa negara ?

Di Era Perang Modern saat ini perang bukan lagi hanya mengandalkan jumlah prajurit dan kekuatan serta keahlian personal belaka seperti saat perang zaman lalu seperti Perang Dunia I dan II.

Dimana Kekuatan taktik dan keahlian personil menjadi alutsista utama sedangkan teknologi militer hanya sebagai kekuatan pendukung. Namun dalam perang modern akan lebih mengandalkan teknologi – teknologi militer yang canggih sebagai unsur utama.

Dengan Menguasai dan menggenggam berbagai teknologi militer yang canggih semacam Radar Militer, Senapan Serbu, Tank, Artileri, Drone maupun Pesawat Tempur kita akan selangkah di depan dibanding negara Asean lainnya yang masih mengandalkan Import dari negara lain.

Nah untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Teknologi militer Indonesia yang mendunia. Mungkin sedikit lebay judulnya karena pada kenyataannya kita masih ketinggalan dengan negara lain seperti Rusia, Amerika,Inggris bahkan Singapura. Namun sebagai warga negara tentunya kita tetap harus optimis tentang kemajuan Alutsista yang kita miliki.

Indonesia ternyata bukan hanya dikenal memiliki jumlah prajurit khusus cukup banyak dan berprestasi di dunia, tetapi dari alutsista yang berhasil diproduksi juga berhasil menarik minat dari berbagai negara maju.

Ketika banyak negara fokus dalam mengembangkan teknologi militer yang mereka miliki, ternyata Indonesia berhasil menciptakan beberapa senjata yang bisa dikatakan bersaing bahkan lebih unggul.

Beberapa peralatan alutsista yang diproduksi PT. Pindad mempunyai teknologi militer canggih dan pastinya banyak dikenal memiliki keunikan serta keunggulan lebih baik dibanding senjata lainnya.

Bahkan beberapa negara seperti Amerika Serikat, Tiongkok, kemudian Rusia pun ikut memberi apresiasi terhadap produk senjata dari PT. Pindad ini karena menghadirkan inovasi berbeda sekaligus menjadi tolak ukur dari teknologi senjata di era modern seperti sekarang.

Daftar Teknologi Militer Indonesia yang Mendunia

Senapan Penembak Runduk SPR-2 Kal. 12.7mm

Bila kita melihat Daftar Teknologi Militer Indonesia yang berhasil menarik minat bahkan mendapatkan pengakuan dari banyak negara maju adalah produk senapan bagi penembak runduk atau biasa dikenal SPR.

Dari seri SPR-2 Kal. 12.7mm ini memiliki desain laras panjang dengan bipod. Bahkan cara operasionalnya tergolong mudah, dengan keunggulannya mampu masuk kategori anti material rifle.

Sedangkan dari kapasitas peluru dari senapan laras panjang ini mencapai 5 buah peluru berkaliber 12.7mm. Dari sinilah keunggulan SPR-2 Kal. 12.7mm yang mana bisa menembus berbagai benda termasuk besi baja sekalipun.

Senapan Serbu SSX 7.62mm

Teknologi Militer Indonesia yang berhasil mendunia Berikutnya adalah SSX 7,62 mm, kita bisa melihat dari seri senapan serbu SSX 7.62mm yang mana desain dan tampilannya terlihat elegan dan juga keren.

Beberapa unsur desain dari senjata produksi negara lain dipadukan menjadi satu hingga menghasilkan seri SSX 7.62mm ini. Maka dari itu keunggulan senapan serbu ini bisa memiliki jarak tembak sampai 800meter, kemudian dari perbandingannya masih unggul dibandingkan dengan AK-47 yang hanya memiliki jarak tembak 300 meter.

Senapan Seru Bawah Air SSBA 5.65mm

Senjata berikut cukup menarik karena dari daftar Teknologi Militer Indonesia yang berhasil mendunia adalah senapan serbu bawah air SSBA 5.65mm.

Senjata ini digunakan untuk pasukan amfibi, dimana dari desainnya terlihat berbeda dengan ujung senapan sepanjang 12 cm yang mampu memberi akselerasi peluru di bawah air.

Sedangkan dari produk senapan serbu ini menjadi hasil kerja sama antara Pindad dan Dislitbang TNI Angkatan Laut. Sehingga dari keunggulannya sudah bisa diandalkan dalam beberapa operasi bawah air.

Panser Anoa

Teknologi Militer Indonesia yang berikutnya tentunya sudah sangat familiar bagi kita, Yup benar alutsista tersebut adalah Panser Anoa yang mempunyai banyak Varian.

Panser Produksi PT. Pindad ini memiliki keunggulan dari segi kekuatannya dan juga penggunaannya di medan tertentu. Bahkan kendaraan Panser Anoa ini bisa dipakai dalam kondisi peperangan, transportasi ambulans, sampai pengiriman logistik.

Tidak jarang dari produksi Panser Anoa ini sudah berhasil ekspor ke beberapa negara mulai dari Malaysia, Oman dan beberapa negara lainnya. Mesin Renault 600HP menjadi salah satu keunggulan yang membuat Panser Anoa ini bisa bisa melibas di segala medan.

Kapal Selam Changbogo Class

Satu Lagi Teknologi militer canggih yang dimiliki Indonesia adalah kapal selam Changbogo Class dari Seri 401 hingga yang terakhir KRI 405 Alugoro.

Teknologi Kapal selam ini merupakan Program ToT ( Transfer of Teknologi ) antara pemerintah Indonesia dan Korea selatan dimana pada awalanya seluruh proses pembuatan berada di Korea selatan.

Namun saat ini Indonesia telah mempunyai galangan Kapal sendiri yang telah mampu meng Overhaul bahkan membuat sendiri kapalselam dengan jenis Changbogo Class yaitu Galangan milik PT PAL Indonesia yang berada di Surabaya.

Senapan Serbu SS2-V4 Kal. 5.56mm

Menjadi satu produk terbaik dari daftar Teknologi Militer Indonesia yang mana mampu mendapat penghargaan dan selalu membawa kejayaan bagi tim tembak TNI AD di kompetisi menembak Australian Army Skill at Arms Metting (AASAM), bahkan dari keunggulan senapan serbu ini mempunyai flash suppressor yang bentuknya seperti senapan seri sebelumnya.

Kapasitas peluru mencapai 30 buah kemudian dari firing rate bisa mencapai 700 peluru per menit ini bisa diandalkan untuk menembak dalam jarak jauh.

Segala macam daftar Teknologi Militer Indonesia yang sudah mendunia pastinya memiliki keunggulan. Maka dari itu kita harus bisa mengakui dan bangga akan keunggulan dari persenjataan Indonesia yang sebenarnya tidak kalah dengan negara lainnya.

Semoga ke depan Teknologi Militer Indonesia juga makin berkembang dan muncul inovasi baru yang tak kalah canggih dari negara lain seperti Drone, Kapal Selam, Kapal Frigate, Pesawat tempur dll.

Kami sangat mengharapkan saran dan kritik atas tulisan kami, anda dapat menulis dalam kolom komentar maupun email kami di jurnalmiliter@gmail.com

1 KOMENTAR

  1. Senjata dan perlengkapa militer indonesia juga gak kalah canggih ya mas, dengan Amerika dan Rusia. Saya rasa pasukan militer kita juga tergolong terbaik di Asia.

Tinggalkan Balasan