Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Teknologi Rumah Tangga yang Unik dan Bisa Memenuhi Kebutuhanmu

3 min read

teknologi rumah tangga yang unik

Teknologi Rumah Tangga yang Unik dan Bisa Memenuhi Kebutuhanmu, Teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dunia dan peradaban manusia. Saat ini hampir setiap kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari adanya teknologi. Berbagai kebutuhan bisa terpenuhi dengan cepat dan tepat dengan bantuan teknologi.

Secara spesifik hal ini menyentuh urusan rumah tangga yang sering menjadi pusat aktivitas sehari-hari. Banyak aktivitas yang bisa dibantu dengan adanya teknologi. Kamu tentunya sudah sangat paham bahwa kegiatan di dalam rumah biasanya akan lebih padat dan tidak akan berhenti sampai kapanpun.

Teknologi Rumah Tangga yang Unik

Untuk itu, agar aktivitasnya bisa berjalan dengan lancar bahkan bisa lebih mudah maka diciptakanlah teknologi rumah tangga. Hal tersebut dibuat dalam bentuk peralatan atau jenis perangkat yang bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan atau membuat pengaturan di rumah menjadi lebih praktis.

Banyak sekali alat atau perangkat yang sudah dibuat khusus untuk pekerjaan tersebut. Barang yang dipilih berupa elektronik dan sejenisnya. Alat sejenis ini pastinya akan selalu kamu butuhkan untuk di dalam rumah. Alat elektronik secara umum seperti televisi, radio dan sejenisnya sudah cukup umum digunakan dan sudah tidak asing dalam segi fungsinya.

Nah, beberapa alat berikut ini merupakan bagian dari teknologi rumah tangga yang canggih dan bisa membantu beberapa kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:

Smart Bed

Tempat tidur menjadi salah satu bagian yang sangat penting di dalam rumah. Tempat ini akan digunakan untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Untuk membuat istirahatmu lebih nyaman dan berkualitas kamu bisa menggunakan smart Bed jenis The sleep number 360. Tempat tidur ini sangat multifungsi bahkan bisa menganalisis kebiasaan tidur.

Tempat tidur ini dapat terhubung dengan aplikasi Fitbit dan Jawbone yang memiliki fungsi untuk menganalisis kebiasaan tidur. Smart Bed akan mengirimkan data mengenai pola tidur setiap harinya pada smartphone. Nantinya teknologi rumah tangga yang satu ini akan menyesuaikan tingkat suhu, kemiringan kasur bahkan hingga tingkat keempukannya.

Dengan cara kerja seperti ini otomatis kualitas tidur bisa terus disesuaikan sehingga bisa lebih nyaman dan konsisten setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang terbaik dan tubuh bisa lebih sehat karena pola tidur yang tepat. Alat canggih seperti ini memang cukup jarang ditemukan namun jika ada akan sangat membantu menjaga kualitas tidur.

Alat Pendeteksi Banjir

Memasuki musim penghujan biasanya daerah yang rawan banjir akan merasa was-was dan tidak tenang. Pada musim seperti inilah air bisa saja tumpah dan masuk ke dalam rumah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya kamu juga bisa mendeteksi terlebih dahulu mengenai datangnya banjir dengan menggunakan alat khusus.

Baca Juga : Cara Membobol WiFi Dengan HP Android Dan Laptop Terbaru 2021

Teknologi ini menggunakan sensor khusus untuk mendeteksi genangan yang ada di sekitarnya. Saat air mulai meninggi dan masuk ke dalam rumah maka alat ini akan memberikan peringatan Melalui aplikasi khusus yang bisa dipasang pada smartphone. Nantinya kamu akan mendapat pemberitahuan bahwa air di sekitar rumahmu sudah mulai naik.

Teknologi rumah tangga seperti ini sangat cocok untuk dipasang di pemukiman yang berada di kawasan rawan banjir. Bahkan beberapa daerah lainnya juga bisa memasang alat tersebut sebab akhir-akhir ini seringkali terjadi musibah banjir di tempat-tempat yang tidak terduga. Sebagai antisipasinya kamu bisa memasang alat tersebut untuk mendapatkan peringatan.

Cermin Penganalisis Kesehatan Kulit

Saat ini terdapat sebuah cermin canggih bernama HiMirror Mini yang memiliki fungsi yang cukup canggih dan menarik. Tampilannya tidak begitu asing karena hampir sama dengan cermin pada umumnya dengan permukaan datar dan memiliki kaki penyangga. Namun dari segi fungsinya cukup berbeda karena dapat menganalisis kesehatan kulit.

Cermin ini akan menunjukkan berbagai persoalan kulit yang sedang kamu hadapi saat itu. beberapa keluhan atau masalah kulit akan terlihat pada saat kamu menggunakan cermin ini seperti jerawat, pori-pori besar, keriput atau gangguan lainnya. Cermin tersebut akan memperlihatkan bagian wajah yang bermasalah dan perlu penanganan secepat mungkin.

Cara penanganannya pun akan diberitahukan melalui rekomendasi perawatan yang akan muncul pada cermin tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menganalisis masalah kulit sekaligus mendapatkan solusinya. Teknologi rumah tangga seperti ini tidak berarti untuk membuatmu merasa tidak percaya diri karena memperlihatkan masalah pada wajah.

Kehadiran cermin seperti ini justru akan sangat membantu mendeteksi masalah kulit sedini mungkin agar bisa ditangani. Seringkali beberapa masalah kulit semakin bertambah parah karena tidak terdeteksi sejak awal. Jika kamu sudah mengetahui masalahnya maka dengan segera kamu bisa mengatasi masalah tersebut.

Pembuka Pintu Garasi

Teknologi lain yang yang akan dibutuhkan untuk rumah tangga ialah pembuka garasi otomatis. Beberapa rumah pastinya memiliki pintu garasi atau pintu gerbang utama yang sering digunakan untuk keluar masuk dari area rumah. Kamu bisa menghubungkan alat tersebut dengan smartphone yang kamu gunakan.

Dengan menghubungkan pada perangkat smartphone kamu bisa mengetahui siapa saja yang datang ke rumah dan kemudian membukakan garasi untuk mereka. Dengan menggunakan teknologi rumah tangga yang unik ini cukup canggih ini kamu tidak harus selalu pergi ke depan untuk membukakan pintu gerbang atau garasi.

Selain itu, alat ini juga dapat memberikan notifikasi jika pintumu terbuka. Hal ini bisa membantumu untuk tetap berjaga-jaga jika sewaktu-waktu pintu tersebut terbuka tanpa sepengetahuanmu. Sistem keamanan bisa lebih diperketat karena bagian pintu dan pagar bisa dipantau langsung.

Vacuum Cleaner Otomatis

Kebersihan tidak bisa terlepas dari sebuah rumah tangga dan berlaku untuk semua sisinya. Biasanya membersihkan rumah menjadi salah satu hal yang cukup menyita waktu dan harus dilakukan dengan sangat telaten. Kamu bisa menggunakan robot vacuum cleaner yang dapat mendeteksi debu dan kotoran.

Jika pada umumnya kamu perlu mencari dan melihat-lihat dengan teliti bagian mana saja yang terkena debu dan kotoran maka dengan menggunakan robot ini kamu tak perlu lagi melakukan hal tersebut. Bahkan robot tersebut juga bisa membersihkan rumah secara otomatis tanpa harus dioperasikan langsung oleh manusia.

Kamu hanya perlu mengaktifkan beberapa menu dan fitur khusus agar robot teknologi rumah tangga tersebut bisa bekerja secara otomatis. Nantinya kamu tidak akan terlalu lelah untuk membersihkan berbagai kotoran dan debu di sekitar rumahmu. Kamu hanya perlu mengontrol arah pergerakannya saja agar tidak merusak atau mengganggu beberapa benda di sekitarnya.

Beberapa contoh perangkat dan benda-benda tersebut pada dasarnya akan sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang. Setiap aktivitas akan lebih terbantu dengan hasil yang cukup maksimal dan waktu yang lebih cepat. Kehadiran teknologi seperti ini tentu sangat diharapkan untuk membuat pekerjaan rumah tangga lebih nyaman untuk dikerjakan.

Secara umum harga yang ditawarkan untuk setiap benda-benda di atas memang cukup tinggi. akan tetapi hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Untuk teknologi rumah tangga tersebut kamu harus menggunakan dengan efektif dan efisien sehingga hasilnya pun bisa lebih sesuai dan fungsinya bisa lebih baik.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!