11 Tips Lolos Tes Menulis dalam Psikotes Rekrutmen TNI

4
255

Hai Sahabat Blog Militer,-Tes Menulis atau Grafologi . kembali bertemu lagi. Kali ini kita lanjutkan pembahasan tentang Tips Lolos tes psikologi khususnya tes yang mengukur kepribadian atau watak seseorang yaitu tes menulis atau grafologi.

Sebelum lanjut saya sampaikan kembali bahwa Tips yang saya berikan adalah berdasarkan pengalaman saat mendaftar TNI dan sekolah kedinasan lainnya, dimana saya harus gagal dalam test psikologi.

Akhirnya saya memutuskan belajar dan mengamati apa saja yang dinilai saat tes. Jadi Tips ini manjur bagi kalian yang akan menjalani Seleksi rekrutmen TNI, karena saya telah membuktikan, namun mungkin hasilnya akan sedikit berbeda bila seleksi lowongan pekerjaan yang lain karena mungkin harus disesuaikan dengan kebutuhan organisasi tempat kita melamar kerja.

BERITA DISARANKAN

Walau saya tetap yakin bahwa pada dasarnya dalam penilaian kepribadian ada dua hal mendasar yang diukur dan semuanya sama yaitu karakter kerja ( pekerja keras, rajin dll ) dan karakter moral ( jujur, rendh hati dll ).

Ok langsung pada materi, kali ini kita akan membahas tentang Tes Menulis atau Grafologi dan lebih tepatnya tes analisa tulisan tangan. Tes ini memang bukan merupakan tes wajib. Tapi di sebagian besar rekrutmen pegawai khususnya rekrutmen TNI masih dipakai.

ARTI TES MENULIS ATAU GRAFOLOGI DALAM PSIKOTES

Tes menulis atau Grafologi adalah salah satu tes Psikologi ( tes ) guna mendapatkan gambaran kepribadian seseorang peserta tes dari tulisan dan tanda tangan seperti dilansir oleh situs/web psikologi https://grafologiindonesia.com.

Tes ini sudah lazim digunakan dalam seleksi pegawai, rekrutmen TNI, penjurusan kuliah dan rekrutmen sebuah perusahaan.

Dalam hal ini tentunya dicari para peserta tes yang mempunyai kepribadian sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh organisasi baik TNI maupun  perusahaan.

Ilmu Grafologi sebenarnya telah ada selama berabad – abad yang lalu di seluruh belahan dunia. Namun baru terkenal pada tahun 1622 saat seorang Dokter dari italia yang dalam bukunya memuat tentang adanya hubungan yang menarik antara kepribadiandan karakter seseorang dengan tulisan tangannya, yaitu dr Camillo Bardi.

Dimana saat ini ilmu grafologi telah berkembang sangat cepat dan telah memunculkan banyak tokoh seperti Sir William Herchel, Pirre janet dll.

MANFAAT TES MENULIS ATAU GRAFOLOGI DALAM PSIKOTES

Grafologi di klaim mempunyai sangat berguna saat digunakan sebagai penguji karakter seseorang, seperti halnya tes kepribadian yang lain.

Grafologi juga mempunyai tingkat keakuratan yang tinggi dimana hasil narasinya cenderung lebih subyektif, tidak diskriminatif dan tidak bias.

Hasil dari Grafo Test dapat digunakan untuk mengetahui Motivasi dan dorongan dalam diri, keadaan mental dan kejiwaan, Minat dan bakat serta kestabilan emosi seseorang.

PETUNJUK PENILAIAN TES MENULIS ATAU GRAFOLOGI DALAM PSIKOTES :

Penilaian Grafologi secara singkat mencakup antara lain :

1. BARIS DASAR ( JARAK ANTARA BARIS PERTAMA DAN KEDUA )

Pengambilan jarak pada baris pertama dan kedua biasanya digunakan untuk menilai dan menggambarkan kecenderungan arah, fokus dan nilai waktu. Seseorang yang menulis baris dasar ini dengan jarak yang teratur menunjukkan bahwa dirinya merupakan tipe orang yang sistematis, terencana, kurang berani ambil resiko, tidak suka bertualang namun sangat konsisten, sedangkan seseoranag yang menulis dengan jarak tidak teratur pada baris pertama menunjukkan kepribadian kurang terencana dan cenderung apatis dan kebih suka puas pada keadaan yang ada saat ini.

2.  UKURAN TULISAN

Ukuran tulisan juga dapat memperlihatkan kepribadian seseorang dimana Tulisan Besar menunjukan kepribadian suka menonjolkan diri dan meminta perhatian lebih. Misalnya minta dianggap penting, minta untuk bisa diamati dan dianggap berani.

Tulisan Sedang menggambarkan sikap apa adanya dalam memandang dirinya sendiri, biasanya orang orang yang menulis dengan ukuran huruf sedang akan lebih mudah bergaul dan pandai menyesuaikan diri. Orang dengan tulisan sedang juga relatif lebih obyektif dalam menilai diri sendiri dan lingkungannya.

Tulisan Kecil  dapat menjadi indikasi bahwa sang penulisnya mempunyai konsentrasi yang tinggi, realistis namun terkadang Possesive ( pengendalian diri berlebihan ) dan tulisan kecil juga mengindikasikan mempunyai kecerdasan diatas rata rata.

3. KEMIRINGAN TULISAN

kemiringan tulisan sumber https://scoopwhoop.com

Kemiringan tulisan juga dapat digunakan sebagai alat pengukur kepribadian seseorang. Tulisan Miring Ke Kanan mengindikasikan bahwa penulis mempunyai Jiwa sosial yang tinggi , pandai bergaul dan mudah beradaptasi.

Tulisan Miring ke Kiri Menunjukan penulis mempunyai kepribadian menarik diri dari lingkungan dan datang bila menggangap perlu .

Tulisan Tegak.  Mengindikasikan bahwa penulisnya mempunyai kepribadian yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain, orang dengan tulisan tegak biasanya juga lebih tenang dan seimbang.

Tulisan Bervariasi. Selain Tulisan miring baik kenan maupun ke kiri biasanya ada juga penulis yang tidak sadar dengan menulis bervariasi, dimana hal tersebut mengindikasikan bahwa sang penulis mempunyai kepribadian yang ragu ragu dalam mengambil keputusan dan inkonsistensi.

Bersambung halaman 2 / TIPS LOLOS TES GRAFOLOGI

4 KOMENTAR

  1. Ini mungkin dapat sangat bermanfaat, karena pada saat ini Negara Republik Indonesia sangat membutuhka tenaga – tenaga Bela Negara, semoga tetap Istiqomah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here