Tips Lolos Tes Garjas Rekrutmen TNI

2
2895
tips lolos Tes Garjas dan samapta TNI

Hai adek adek sahabat BLOG MILITER ,- Tes Garjas Masuk TNI merupakan bagian dari Tes Kesamaptaan yaitu serangkaian kegiatan dan metode guna mengukur kesiapan fisik seorang Prajurit TNI dalam menjalankan tugas sehari hari.

Sedang mengikuti Tes/Seleksi Rekrutmen TNI ?? atau mempunyai cita cita jadi Prajurit TNI ?? Ikuti terus artikel Tips Lolos Tes Garjas Masuk TNI hingga selesai ya

Tips Lolos garjas Rekrutmen TNI

Tes Garjas ini berlaku bagi para calon prajurit TNI, sehingga diharapkan bahwa peserta yang lolos tes samapta akan mempunyai kesiapan fisik untuk menjadi seorang TNI dimana dalam pekerjaanya membutuhkan tenaga dan kekuatan fisik yang lebih dari profesi yang lain.

Dalam proses rekutmen TNI atau seleksi TNI kita akan menghadapi berbagai Tes seperti Tes Administrasi, Tes Akademik, Tes Psikologi dan Tes Kesamaptaan yang didalamnya termasuk tes garjas .

Siapa sih yang nggak ingin jadi seorang Prajurit TNI, selain tugasnya yang mulia, penghasilannya terjamin, Para prajurit TNI tentunya juga seorang pilihan yang gagah – gagah dan cantik tentunya.

Tapi untuk jadi TNI itu berat, perlu usaha extra agar dapat lolos dari proses seleksi atau tes masuk TNI. Ada beberapa Materi yang di uji dalam pelaksanaan seleksi calon prajurit TNI dimana salah satunya adalah tes kesamaptaan.

Untuk itu diperlukan kesriusan dan beberapa Tips agar dapat Lolos dalam rekutmen TNI dimana saat ini kita akan membahas tentang Tips lolos Tes Garjas masuk TNI dalam Tes samapta TNI

Apa sih yang dimaksud dengan Tes Kesamaptaan dalam TNI ?

Tes Kesamaptaan merupakan kewajiban yang harus dimiliki bagi Prajurit maupun calon Prajurit. Kesamaptaan berarti kesiapan fisik, Tes Kesamaptaan ada serangkaian kegiatan guna mengukur kesiapan fisik seseorang guna menjalankan suatu pekerjaan.

Dalam TNI, Tes kesamaptaan terbagi jadi 2 bagian yaitu Tes Kesegaran Jasmani ( GARJAS ) dan Tes Ketangkasan, Tes GARJAS pun masih terbagi menjadi 2 macam yaitu GARJAS A dan GARJAS B. Bingung ? Begini penjelasan selengkapnya :

tips lolos tes samapta
Ilustrasi para Casis melaksanakan Garjas A ” Lari 12 Menit “

Macam – Macam Tes Garjas TNI

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Tes Garjas/Kesegaran Jasmani sendiri terbagi menjadi 2 Yaitu Garjas A dan B. Garjas B sendiri juga dibagi lagi menjadi beberapa materi, Yuk kami jelaskan ! sebagai berikut :

A. TES GARJAS A :

Tes ini berupa lari selama 12 Menit , Agar lulus tes ini para peserta tes garjas harus mendapatkan nilai minimal 61 sesuai dengan kategori umur masing – masing. Untuk kategori (18 – 25 tahun) nilai 61 bagi peserta Pria adalah 2780 M dan Wanita adalah 2210 M. Berikut Tips nya :

BACA JUGA : TIPS LOLOS SAMAPTA A , LARI 12 MENIT

B. TES GARJAS B :

  • PULL UP/CHIN UP ( B1) : Pull up ( pria ) adalah Gerakan mengangkat badan dengan tangan bergantung pada tiang, gerakan ini akan dihitung dagu melewati tiang dan standart minimal untuk kategori 1 ( 18 – 25 ) adalah 11 X gerakan benar. Chin up ( wanita) adalah gerakan menarik badan dengan tangan memegang tiang dan badan membentuk sudut 45 derajat, untuk kategori 1 minimal harus dapat melaksanakan sebanyak 40 X gerakan.

BACA JUGA : TIPS PULL UP

  • SIT UP ( B2 ) : Sit Up merupakan gerakan untuk melatih otot perut yang telah biasa kita lakukan sehari yaitu diawali badan terlentang dan kaki ditekuk dilanjutkan menarik kepala hingga menyentuh lutut. untuk kategori 1 ( 18 – 25 ) minimal harus bisa melaksanakan 34 X gerakan.
  • PUSH UP ( B3 ) : Push Up adalah gerakan badan naik turun yang bertumpu pada tangan dan kaki. untuk kategori 1 ( 18 -25 ) minimal harus dapat malaksanakan sebanyak 36X gerakan.

BACA JUGA : TIPS PUSH UP

  • LUNGES ( B4 ) : Lunges adalah gerakan baru yaitu mendorong badan kedepan hingga lutut menekuk, latihan ini untuk melati kekuatan paha. untuk kategori 1 ( 18 – 25) harus mampu melaksanakan minimal 47X gerakan.

  • SUTHLE RUN ( B5) : Suthle Run adalah gerakan lari angka 8 dengan jarak antar tiang 10 M yang dilaksanakan secepat cepatnya. untuk gerakan ini minimal harus bisa melaksanakan 5,6 detik.

Untuk nilai akhir adalah hasil dari Garjas A + Rata – rata Garjas B ( B1+B2+B3+B4+B5 : 5 ) : 2

Contoh : 70 + ( 65+75+75+65+70 : 5) : 2 = 70 + 70 : 2 = 140 : 2 = 70

TIPS LOLOS TES GARJAS A MASUK TNI :

  • Laksanakan Warming up atau pemanasan secara Maximal, ikuti semua gerakan pemanasan yang dipandu oleh para pelatih. hal ini guna menyiapkan otot – otot terutama otot kaki untuk berlari dan kegiatan tes garjas lainnya dengan maximal sehingga diharapkan dapat mencegah cidera.
  • Berlari secara stabil, jangan memaksakan diri lari cepat ( Sprint ) diawal putaran karena menyebabkan fisik cepat lelah dan hasil kurang maximal.
  • Bernafas secara normal dan sesuaikan dengan irama langkah kaki.
  • Tegakkan badan dan ayun lengan sesuai irama langkah kaki
  • Saat 2 menit terakhir lari secepat mungkin, habiskan tenaga yang ada sehingga hasil yang didapat adalah kekuatan maximal yang dimiliki.
  • Pull Up Gunakan ayunan badan agar lebih ringan
  • PALING UTAMA : LATIHAN, LATIHAN DAN LATIHAN

Kesimpulan

Demikian lah beberapa TIPS LOLOS TES GARJAS MASUK TNI DALAM TES SAMAPTA , Dimana sebenarnya masih ada 1 lagi materi dalam kesamaptaan TNI yaitu tes ketangkasan renang gaya Katak, namun saat artikel ini dibuat tes ketangkasan renang bukan merupakan syarat mutlak sehingga tidak kami bahas saat ini.

Namun kebijakan pimpinan dapat berbeda tiap tahunnya untuk itu ketangkasan renang juga harus selalu dilatihkan, Tips yang saya tulis merupakan pengalaman pribadi saya dan mengkin dapat berbeda dengan pengalaman orang lain.

Untuk itu sekali lagi saya tekankan bagi adek – adek yang mempunyai cita – cita atau sedang menjalani tes seleksi masuk TNI agar selalu Latihan, Latihan dan Latihan. Semoga dapat berguna terutama bagi adek adek yang sedang mengikuti seleksi masuk TNI.

2 KOMENTAR

    • Harus diusahakan sampai dek, minimal nilai 41… Karena ini seleksi tergantung juga dengan kemampuan rata rata yang mendaftar pada tahun tersebut. daya dulu juga nggak mampu tapi karena latihan akhirnya mampu … semangat

Tinggalkan Balasan