Tes Psikologi atau Psikotes Gambar dan Contohnya

0
647
TES-PSIKOLOGI-GAMBAR

Kali ini kita akan kembali mempelajari tentang materi Tes Psikologi. Khususnya penilaian tentang kepribadian melalui tes menggambar.

Pada saat ini hampir semua Instansi, Organisasi bahkan sekolah. Menggunakan tes psikologi atau Psikotes guna mengukur kecerdasan, minat, bakat dan watak seseorang guna mendapatkan orang yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan instansi tersebut.

Banyak peserta tes yang mengalami kegagalan. Baik untuk masuk sebuah organisasi, instansi maupun sekolah yang diakibatkan karena hasil Tes Psikologi atau Psikotes yang mereka jalani tidak sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu materi tes yang banyak membikin bingung peserta tes adalah Tes Psikologi atau Psikotes Gambar. Dimana dalam tes ini kita akan diminta menggambar sesuai petunjuk testor atau melengkapi sebuah kotak dengan gambar – gambar yang sesuai.

Bagaimana dengan kamu ? Kamu pasti pernah bingung bagaimana cara menggambar Pohon, Rumah, Orang atau bahkan menggambar Kotak delapan atau tes wartegg ? Hal ini merupakan hal yang wajar. Karena banyak diantara kita yang belum mengerti apa sebenarnya Tes Psikologi atau Psikotes Gambar dan Bagaimana cara penilaiannya.

Untuk itu yuk kali ini kita sama – sama belajar lebih spesifik. Tentang apa, bagaimana tes psikologi menggambar yang tentunya akan disertai tips atau cara pengerjaannya sekaligus Contohnya.

Apa sih Tes Psikologi atau Psikotes Gambar ?

Sebelum lanjut kita lanjutkan pada materi dan cara dalam menyelesaikannya. Kita harus tahu apa itu Tes Psikologi gambar dan apa saja macam – macam materi tes nya.

Tes Psikotes gambar adalah salah satu jenis dalam tes psikologi. Yang bertujuan menilai bagaimana kepribadian, watak dan karakteristikmu melalui hasil gambar yang kamu buat.

Macam – Macam Tes Psikologi atau Psikotes Gambar

Tes psikologi menggambar ada beberapa macam tes antara lain baum tes atau tree tes, Tes menggambar orang. Gabungan menggambar rumah, pohon dan orang dalam satu kertas serta Wartegg tes atau tes kotak delapan.

Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Pohon

Tes menggambar Pohon/ Baum Test / Tree test adalah tes kepribadian yang oleh Karl Koch. Yang kemudian dipublikasikan pertama kali pada tahun 1959. Dalam tes ini, peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon. Perintah menggambar pohon ini bisa bervariasi.

Tujuan Tes Menggambar Pohon ?

Tes Menggambar Pohon bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang. Dengan cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh para peserta seleksi tes. untuk itu kita harus menggambar dengan teliti dan lengkap serta simetris.

Mengapa harus Pohon ?

Karena Pohon merupakan makhluk hidup yang mempunyai karakteristik untuk terus berkembang dan membesar. Pohon juga membutuhkan nutrisi layaknya manusia serta mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi manusia. Maka dari itu hasil atau gambar yang anda buat akan menggambarkan karakter anda sebenarnya

Pelaksanaan Tes menggambar Pohon

Anda akan mendapat perintah dari testor/pemeriksa kurang lebih seperti berikut ” Gambarlah Pohon berkayu ( Keras )/ berkambium, berbuah dan mempunyai cabang dilembar kertas yang telah disiapkan “. Dilarang menggambar pohon jenis seperti Bambu, Perdu, pisang, kelapa dan lain lain seperti yang diucapkan sang testor atau pemeriksa. Beri keterangan pohon apa yang digambar dengan waktu yang disiapkan antara 10 – 15 menit.

Penilaian Dalam Tes Psikotes Gambar Pohon

1. Letak Pohon

Secara garis besar letak anda dalam menggambar pohon akan menunjukkan kepribadian anda sebagi makhluk sosial. Dimana letak pohon condong ke kiri mengartikan bahwa anda adalah orang yang egois dan mementingkan diri sendiri dan tertutup ( Introvert ).

Letak condong kekanan mengartikan anda lebih memperhatikan hal luar atau orang lain ( Ekstrovert ). Letak berada ditengah menunjukkan anda mempunyai kehidupan sosial yang seimbang ( balance )

2. Ukuran pohon

Ukuran Pohon dalam menggambar pohon menunjukan Rasa kepercayaan diri anda. Pohon yang besar akan dinilai bahwa anda merupakan orang yang mempunyai rasa percaya diri sangat tinggi. Bahkan cenderung sombong dan angkuh.

Pohon yang kecil akan membuat anda dinilai mempunyai kepercayaan diri yang rendah atau bahkan Rendah diri.

3. Kepala pohon ( Mahkota )

Gambar kepala pohon merupakan penilaian anda tentang kemauan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Serta hubungan sebab akibat atau timbal balik antara diri dan dunia luar.

Gambar daun yang tegas adalah menunjukkan pengamatan tajam dan pergaulan lincah, sedang daun yang bergelombang menunjukkan karakter lemah lembut.

4. Ranting / Dahan Pohon

Penilaian Gambar Ranting adalah menunjukkan kepribadian ( Tes Psikologi Kepribadian ) tentang kemampuan seseorang untuk memperoleh kekuasaan dari lingkungan sekitar.

Gambar Ranting seperti pipa menandakan anda mempunyai cita cita yang ingin dicapai, gambar pohon yang mempunyai bayak ranting menandakan anda mempunyai kemampuan komunikasi dengan dunia luar yang baik serta sedikit gambar ranting menunjukkan kepribadian yang mandiri.

5. Batang Pohon

Gambar batang pohon menunjukkan kekuatan ego seseorang, Batang Pohon yang lebar menunjukkan kepribadian yang kokoh dan tahan banting atau cobaan. Batang pohon yang ramping menunjukkan kepribadian yang mempunyai empati dan kepekaan sosial yang tinggi.

6. Akar pohon

Gambar akar pada saat pelaksaan tes merupakan interpretasi dorongan bawah sadar/hawa nafsu dari kepribadian atau karakter peserta tes. Gambar pohon yang memperlihatkan akar adalah menunjukkan sifat atau kepribadian yang belum mandiri serta sedang mencari pegangan, hal ini wajar untuk peserta tes yang remaja dimana mereka memang sedang mencari jati diri.

Gambar pohon tanpa akar menunjukkan bahwa peserta tes telah dewasa dan mandiri serta bersifat fleksibel dan senang dalam kondisi apapun.

Cara yang benar dalam Tes Psikotes Gambar Pohon

Dari Interpretasi diatas sebenarnya telah dapat diketahui bagaimana cara menggambar pohon yang benar, namun untuk lebih lengkapnya saya akan jabarkan kembali secara lebih terperinci :

1. Gambar Pohon harus mempunyai ukuran dan letak yang proporsional serta berada di tengah tengah kertas atau simetris.

2. Garis Gambar harus tegas, tidak putus – putus dan tidak menggunakan shading.

3. Gambar pohon diusahakan mempunyai Batang yang tebal, Cabang yang relatif banyak dan kepala ( mahkota ) pohon daun yan rimbun.

4. Harus sesuai dengan pohon yang pernah kita lihat.

5. Tidak boleh garis tanah dan akar.

6. Sebaiknya tidak menggunakan aksesoris pohon seperti buah, pemandangan, rerumputan, ayunan atau bahkan kambium.

Contoh Gambar Pohon yang benar

contoh tes psikologi menggambar pohon

Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Orang

Tes Psikologi Gambar Orang bisa dikatakan gampang – gampang susah, hal ini dikarenakan banyak sekali yang tidak pandai menggambar. dan takut kalo hasil gambarnya jelek dan tak menarik dilihat.

Padahal sebenarnya tidak demikian, karena kita tidak sedang lomba menggambar yang dinilai kebagusannya dalam menggambar khususnya menggambar orang.

Namun yang dinilai dalam tes psikologi gambar orang ini adalah detail – detail gambar orang yang anda buat dan goresan – goresan saat menggambar, karena dari detail dan goresan gambar inilah seorang testor akan dapat menilai karateristik / karakter atau juga watak seorang peserta Tes Psikologi.

Pada Tahapan Tes Psikologi ini adalah tahapan guna mengukur dan mengetahui tingkat Kepercayaan diri seseorang, tanggung jawab, kestabilan, dan ketahanan kerja dari peserta tes.

Tips Tes Psikologi Gambar Orang

Berikut akan kita jabarkan beberapa Tips Tes Psikotes Gambar Orang , agar anda dapat lulus dan lolos dalam berbagai tes psikologi khususnya dalam rekrutmen TNI maupun POLRI. Berikut penjelasannya :

1. Gambarlah Orang dengan Panca Indera yang lengkap

Tips Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Orang yang pertama adalah menggambar dengan dilengkapi seluruh panca indera sehingga terlihat jelas bentuknya.

kalian harus menggambarkan seseorang secara utuh, detail dan lengkap terutama panca indera yang seharusnya dimiliki oleh seorang manusia, jangan sekali – kali menggambar kartun karena itu menyalahi perintah. Perintah testor adalah menggambar orang. hal ini saya tekankan karena masih banyak yang menggambar kartun maupun anime dan sebagainya.

Gambar orang yang kita gambar mesti terlihat detail – detailnya seperti Rambut, Mata, Hidung, telinga, tangan, kaki dan bagian bagian tubuh lainnya yang semestinya dimiliki oleh Manusia.

Pasti kalian bertanya mengapa ? Karena yang dinilai dari gambar ini adalah detail gambar yang akan mencerminkan ketelitian dan kecermatan anda dlam melaksanakan pekerjaan sehari – hari.

2. Gambarlah orang dengan Garis tegas, tidak terputus – putus dan tidak Shading

Yang kedua adalah menggambar orang dengan garis yang tegas, jangan gambar orang dengan garis putus – putus atau bahkan menggambar dengan Shading atau diarsir.

Sama dengan menggambar pohon, rumah dan lain – lain Garis tegas dan tidak putus – putus adalah mencerminkan anda seorang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Dan sebaliknya Garis Putus – putus dan diarsir ( shading ) mencerminkan diri kalian yang kurang PEDE dan cenderung ragu – ragu.

3. Gambarlah orang dengan Simetris

Tips Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Orang yang ketiga adalah menggambarlah secara simetris baik atas bawah maupun samping kanan dan kiri.

Hal ini selain mencerm.inkan ketelitian juga akan mengungkap kemampuan anda dalam menempatkan diri sesuai dengan gambar orang anda buat. sebagai contoh bila anda menggambar orang terlalu kecil dan berada di bawah kertas yang telah disiapkan itu berarti bahwa anda merupakan orang yang rendah diri dan kurang suka bergaul ( Introvert ).

4. Jangan Menggambar Orang dengan memegang benda apapun

Kita tentunya masih sering melihat, bahwa ketika menggambar saat pelaksanaan tes Psikologi adalah menggambar orang dengan memegang suatu benda. Hal ini sebaiknya dihindari karena selain tidak sesuai dengan perintah menggambar orang dengan memegang suatau benda ( Apapun itu ) akan mengurangi detail penggambaran jari yang seharusnya dapat lebih jelas saat tanpa memegang apapun.

5. Menggambarlah orang sesuai jenis kelamin yang digambar

Lalu yang kelima adalah menggambar orang beserta perlengkapan dan aksesoris sesuai dengan jenis kelamin yang di gambar.

Contoh adalah apabila anda menggambar seorang Pria/laki-laki maka seharusnya anda menggambar dengan rambut pendek, tanpa menggunakan anting, menggunakan kemeja yang rapi, menggunakan celana baik panjang maupun pendek

Sebaliknya bila anda menggambar seorang wanita maka gambarlah dengan rambut panjang , memakai anting, memakai rok dan lain sebagainya selakyaknya seorang wanita.

6. Mengambarlah orang dengan Kaki lebih Panjang Dari Badan

Selayaknya manusia pada umumnya dimana Panjang kaki lebih daripada panjang badan maka Gambarlah seseorang dengan kaki yang lebih panjang dari badan, hal ini mencerminkan bahwa anda lebih teliti dalam mengerjakan suatu hal.

7. Bagian Gambar orang yang harus ada terdiri dari :

a. Kepala beserta Rambut tentunya;

b. Leher;

c. Badan orang ( Hal ini menggambarkan beban hidup jadi gambarlah secara proporsional )

d. Jari – jari tangan ( Terlihat dengan jelas bagian bagiannya, kelingking, jari manis, jari tengah, telunjuk dan ibu jari );

e. Pinggang ( Uasahakan menggunakan sabuk sebagai pemisah antara badan dan kaki );

f. Kaki ( Lebih panjang dari badan )

g. Bersepatu.

Contoh Gambar Orang yang Benar

Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Rumah, Pohon, Orang

Tes Psikologi gambar Rumah, Pohon dan orang diperkenalkan dan dikembangkan oleh seorang ahli Psikologi barat bernama Jhon Buck pada kisaran tahun 1948.

Sebagai seorang pakar dan ahli Psikologi beliau mempunyai keyakinan bahwa Hasil gambar Rumah, pohon dan orang dapat menunjukkan kepribadian sang penggambar. Dan Tes ini dapat dijadikan sebagai suatu cara guna mendapatkan data tentang kemajuan individu seseorang.

Bagaimana cara pengerjaannya ?? Dalam pelaksanaan Psikotes ini, peserta tes akan diminta oleh Testor atau Instruktur untuk menggambar Rumah, Pohon, Orang dalam suatu suasana atau dengan gambar orang yang sedang beraktivitas dengan waktu kurang lebih 10 Menit.

Kemudian Hasil Tes ini akan di nilai dan di evaluasi oleh tim penilai untuk mendapatkan keterangan dan data pribadi yang diperlukan, untuk menentukan bahwa peserta cocok atau tidak dengan kualifikasi pekerjaan yang sedang diikuti.

Tips Mengerjakan Tes Psikologi Gambar,Pohon dan Orang

1. Gambarlah Rumah, Pohon dan Orang secara utuh dan lengkap

Yang pertama adalah kalian harus Gambar ketiga obyek tersebut secara utuh dan lengkap. dan sesuai dengan kegunaannya.

Gambar rumah harus lengkap terdiri dari Dinding, Genteng, Jendela secukupnya, Pintu dan ventilasi serta kelengkapan lainnya yang seharusnya ada dalam sebuah rumah. Bisa juga ditambahkan seperti Garasi dan tiang rumah.

Gambar Pohon juga harus lengkap mulai dari Batang, Ranting dan Daun. seperti yang telah dicontohkan dalam artikel sebelumnya di Sini >>>Tips Psikotes Gambar Pohon

Gambar Orang serupa dengan gambar rumah dan pohon dimana harus lengkap dan terlihat bagian – bagian tubuh dan panca inderanya seperti Rambut, Mata, Telinga, Tangan, Kaki dan Jari – jari. seperti yang telah dicontohkan dalam artikel sebelumnya di Sini >>>Tips Psikotes Gambar Orang

2. Gambar Harus Tegas, tidak putus – putus dan tidak shading ( arsir)

Cara kedua juga serupa dengan Tips menggambar secara berdiri sendiri baik Pohon maupun orang yaitu Garis Gambar harus tegas ( pensil sedikit di tekan ), Garis juga tidak boleh putus – putus maupun garis juga tidak boleh dengan menggunakan tehnik melukis yaitu Shading atau diarsir.

3. Gambarlah secara Simetris dan Proporsional

Tips Mengerjakan Tes Psikologi Gambar,Pohon dan Orang yang ketiga adalah kalian harus menggambar secara Simetris dan Proporsional. Simetris Berarti bahwa Gambar harus berada pada tengah – tengah kertas dengan jarak atas, bawah, kanan maupun kiri sama. jangan biarkan hasil gambar lebih condong ke suatu arah baik kanan atau kiri.

Proporsional berarti kalian harus menggambar dengan bentuk dan besar yang sesuai dengan keadaan sesungguhnya, Contoh adalah menggambar Pohon lebih tinggi dari Rumah dan Orang. Atau juga menggambar jendela sesuai dengan dengan besar rumah. Jangan menggambar sesuatu dengan bentuk dan besar yang terbalik, contoh menggambar ventilasi angin lebih besar dari jendela atau pintu.

4. Gambarlah Sesuai Perintah Testor atau penguji

Tips Mengerjakan Tes Psikologi Gambar,Pohon dan Orang yang keempat adalah menggambar sesuai dengan arahan penguji atau testor, contoh adalah ketika penguji memerintahkan menggambar Rumah, Pohon dam Orang maka jangan ada gambar lain selain 3 gambar tersebut.

Contoh gambar tambahan yang tidak perlu namun sering dibuat adalah menggambar awan, burung, matahari atau bahkan pagar. Hal ini juga menyebabkan penilai akan menilai kepribadian anda bahwa tidak taat sesuai perintah.

5. Gambarlah Rumah, pohon dan Orang secara 3 Dimensi

Tips Mengerjakan Tes Psikologi atau Psikotes Gambar,Pohon dan Orang yang kelima adalah menggambar secara 3 dimensi artinya menggambarlah Rumah, pohon dan orang dengan panjang, lebar dan tinggi. sehingga gambar tampak nyata dan realistis.

Jangan Sekali – kali menggambar Animasi seperti kartun, anime, Manga atau gambar 2 Dimensi yang hanya terdiri dari Panjang dan tinggi karena ini tidak akan sesuai keadaan sebenarnya.

6. Perhatikan Waktu yang diberikan oleh Testor atau penguji

Jangan terlena dengan waktu yang diberikan karena ingin menggambar sebaik dan sebagus mungkin, sekali lagi saya tegaskan bahwa tes ini bukan lomba menggambar dimana dinilai gambar yang terbagus, namun dalam psikotes lebih ditekankan pada menggambar secara utuh, lengkap dan teliti.

7. Fokus terhadap gambar sendiri

Tips terakhir dalam menggambar ini adalah kalian harus Fokus terhadap gambar milik sendiri, jangan terprovokasi dengan melihat bahkan meniru gambar milik orang lain.

Selain karena waktu yang terbatas ketika anda memutuskan untuk mengikuti gambar orang lain sedang anda juga sudah mulai menggambar maka gambar yang telah anda buat akan dihapus ini menyebabkan kertas tifdak bersih dan rapi serta memungkinkan untuk adanya garis putus putus. Yakinlah pada diri sendiri.

Contoh Tips Mengerjakan Tes Psikologi Gambar,Pohon dan Orang

cara-gambar-rumah-pohon-orang

TES WARTEGG

Materi tes psikologi gambar berikutnya adalah tes wartegg. Bagaimana sih cara mengerjakan Wartegg Test ? Gambar apa yang seharusnya dibuat saat Wartegg Test ? 2 pertanyaan yang paling sering diutarakan saat kita akan melakukan tes kotak delapan.

Pertanyaan – pertanyaan tersebut biasa diucapkan para calon peserta yang sedang melaksanakan seleksi seperti Rekrutmen TNI/POLRI, PNS maupun Karyawan perusahaan.

Dalam rekrutmen TNI perlu Strategi Militer ( khusus ) Tips Lolos Wartegg Test, sehingga watak dan kepribadian kita memenuhi syarat minimal seleksi perekrutan TNI.

Namun anda jangan khawatir, kali ini saya akan mencoba membahas secara tuntas dan memberikan tips yang benar tentang cara mengerjakan Wartegg Test TNI.

Sehingga saat pelaksaan Tes Kotak Delapan / Tes Wartegg TNI, kalian semua tidak bingung harus berbuat apa, Caranya sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, anda tinggal punya niat untuk belajar dan menerapkannya saat pelaksanaan tes.

PENGERTIAN WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN

Ehrig Wartegg dan Kinget mengembangkan suatu bentuk tes psikologi yang diciptakan oleh krugger dan sander yang berguna untuk mengetahui suatu karakter dan kepribadian seseorang dalam segi atau bidang Imajinasi, Emosi, Dinamisme, Realitity fuction dan kemampuan seseorang dalam mengontrol sesuatu ( sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/)

BENTUK WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN DAN INTERPRETASINYA (PENILAIAN)

Wartegg Test merupakan salah satu bentuk tes Psikologi gambar yang terdiri dari 8 Kotak ( terdiri dari 2 shaf atau deret, 4 kotak pada saf pertama dan 4 kotak pada saf kedua ) dimana masing – masing kotak berukuran 1,5 X 1,5 Inchi.

Masing – masing kotak berisi gambar yang berbeda dan para peserta tes psikologi akan diminta untuk mengembangkan garis yang tersedia menjadi suatu gambar sesuai dengan imajinasi masing – masing peserta dalam waktu 30 Menit.

Selain garis yang berada di kotak sesuai imajinasinya, para peserta juga akan diminta untuk menentukan nomor urut gambar mana yang digambar lebih dahulu. Gambar yang paling sulit, Gambar yang paling gampang dikerjakan, Gambar yang paling disukai dan tidak disukai oleh para peserta tes lengkap berikut alasannya.

Berikut contoh gambar dan interpretasi masing – masing gambar :

1.  KOTAK PERTAMA : Yaitu Kotak yang berisi gambar Titik Hitam Kecil ditengah – tengah Kotak. Gambar yang dihasilkan dari kotak pertama akan menunjukkan kelincahan dan kemampuan peserta dalam menyesuaikan atau menempatkan diri pada lingkungan baru dan berbeda.

2. KOTAK KEDUA : Yaitu Kotak berisi gambar Coretan Garis kecil Meliku/Bergelombang. Hasil dari pengerjaan gambar pada kotak kedua akan menunjukkan karakter kepribadianmu dalam kehidupan sehari hari – hari yaitu menggambar kedinamisan/kebebasanmu dalam berekspresi.

3. KOTAK KETIGA : Yaitu Kotak yang berisi gambar 3 Garis Vertikal dengan ketinggian yang berbeda dan mempunyai pola seperti tangga yaitu dari rendah ke tinggi. Hasi dari gambar kotak ketiga ini akan menggambarkan tingkat ambisimu dalam mengejar cita – cita dan meraih kesuksesan dalam kehidupan.

4. KOTAK KE EMPAT : Yaitu Kotak yang berisi gambar Kotak atau Persegi kecil berwarna Hitam yang diletakkan di sebelah kanan atas dari kotak. Hasil dari gambar pada kotak keempat ini akan dapat menunjukkan pola berpikirmu ketika menghadapi masalah.

5. KOTAK KELIMA : Yaitu Kotak berisi gambar Dua Garis Diagonal yang terpisah dan jika dilhat sekilas terlihat seperti huruf T yang condong ke kanan. Tes dalam melengkapi gambar dalam kotak kelima ini guna menunjukkan dan menguji bagaimana cara anda dalam berpikir.

6. KOTAK KE ENAM : Yaitu Kotak yang berisi gambar Dua Garis Horizontal dan Vertikal yang terpisah dan terletak di atas dan samping kanan Kotak. Hasil dari gambarmu menyempurnakan gambar dalam kota ke enam akan menunjukkan suatu karakter kesederhanaan dan realitas seorang peserta tes.

7. KOTAK KE TUJUH : Yaitu Kotak yang berisi gambar berupa Kumpulan Titik Berbentuk Garis Lengkung. Tes Dalam Menyempurnakan Gambar ketujuh menunjukkan kehidupan dan perasaan peserta tes, apakan mempunyai watak dewasa atau kekanak kanakan.

8. KOTAK KEDELAPAN : Yaitu Kotak berisi gambar berupa garis lengkung ke bawah ( Hampir setengah lingkaran ) menyerupai payung. Gambar dari penyempurnaan gambar kedelapan akan menunjukkan tingkat sifat kebijaksaan para peserta.

TIPS DAN TRIK DALAM WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN

Bagi anda peserta tes baik itu calon peserta rekrutmen TNI, POLRI maupun PNS ada beberapa tips yang dapat anda amati, tiru dan modifikasi. Hal ini sesuai dengan pengalaman saya dan hasil mengikuti beberapa les dan bimbingan Psikologi, antara lain :

Tips Secara Umum :

1.  Garis Gambar usahakan tegas dan tidak putus putus serta tidak di arsir dimana secara umum garis putus – putus menunjukkan bahwa ragu – ragu dan tidak dapat mengambil keputusan, Diarsir menunjukkan sifar dalam bekerja yang lambat dan gambar shading adalah munafik.

2. Dalam kotak tidak boleh ada angka atau huruf ( pemberian angka dan huruf dalam kotak menunjukkan tingkat kecerdasan emosi yang rendah/EQ )

3. Dalam menggambar tidak boleh terpotong / harus utuh dan lengkap ( gambar tidak utuh menggambarkan karakter sulit dalam mengembangkan potensi diri )

4.  Dalam menggambar 8 Kotak harus berbeda dan tidak sejenis ( Gambar yang serupa/ sejenis menunjukkan sifat atau kepribadian yang kurang kreatif )

5.  Gambar yang dibuat harus Nyata ada dalam kehidupan sehari hari jangan membuat gambar yang mengada – ada atau masih konsep di masa yang akan datang.

6.  Usahakanlah agar kertas tetap bersih dan rapi.

7.  Gambarlah dari kotak yang anda rasa paling mudah.

Tips Khusus Gambar Kotak Per Kotak dalam WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN

1.  Gambar Kotak Pertama Titik harus menjadi pusat dan tetap terlihat ( Jam , Lesan Menembak. Titik tengah bunga dll )

2.  Gambar Kotak Kedua gambar usahakanlah menggambar garis menjadi gambar bergerak dan hidup ( Burung terbang dan lain – lain )

3.  Gambar Kotak Ketiga usahakan menggambar garis bertingkat keataas ( Tangga / Pagar dl, )

4.  Gambar Kotak Keempat usahakanlah menggambar dengan menjadikan kotak hitam menjadi bagian yang terpenting dar gambar ( bangunan atau konstruksi beton )

5.  Gambar Kotak Kelima usahakanlah menggambar dengan garis yang berada di bawah menembuh keatas ( Pisau, Mobil dll )

6.  Gambar Kotak Keenam gambarlah sesuatu benda yang 3 Dimensi dan Maskulin ( Kokoh/kuat ), seperti ( Kamera, Komputer atau Televisi )       

7. Gambar Kotak Ketujuh merupakan kelanjutan dan garis yang sudah ada tidak boleh ditebalkan.  ( ular, ulat, ban dll )

8. Gambar Kotak Delapan. Gambarlah  benda yang tetutup. ( Kubah, Gajah atau Parasut)

CONTOH HASIL GAMBAR WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN

WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN merupakan tes untuk mengetahui sifat dasar, watak dan kepribadian calon peserta. Dan sama seperti materi tes psikologi lainnya yang mengukur kepribadian, watak atau sifat seseorang ( Baum tes, Gambar orang dll ) dalam Wartegg tes sebanyak apapun anda belajar bila tidak bibarengi dengan mengubah kebiasaan dalam prilaku sehari hari maka akan secara tidak sadar nampak dalam hasil gambar yang anda buat.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan kita Tes Psikologi Gambar, Intinya bahwa dalam menggambar baik Rumah, Pohon dan orang adalah gambar harus terlihat alami, normal dan simetris serta mempunyai ukuran dan letak yang proporsional.

Tes Psikologi Gambar, Bahwa gambar yang kalian buat akan menggambarkan bagaimana karakter dan kepribadian anda. untuk itu usahakan menggambar dengan teliti, simetris dan alami.

Namun sebanyak apapun anda berlatih dan berusaha menggambar sebaik mungkin, harus tetap diikuti dengan memperbaiki kehidupan sehari – hari. Karena tak jarang kebiasaan kita sehari – hari akan terbawa pada gambar yang kita buat.

Hal terbaik yang bisa dilakukan agar lolos tes menggambar pohon adalah anda harus merubah kelakuan atau kebiasaan sehari hari yang kurang baik di kehidupan sehingga secara lambat laun juga dapat merubah watak dan kepribadian menjadi lebih baik. semoga bermanfaat.

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Tinggalkan Balasan