Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Tes Psikologi atau Psikotes Gambar TNI / POLRI – PNS dan Contohnya

12 min read

tes-psikologi-psikotes-gambar-tni

Hai gaess selamat datang kembali di Blog Militer Indonesia LiteracyMiliter, Sudah tahukah kalian Tentang apa itu Tes Psikologi atau Psikotes Gambar ? Apa saja Jenis Materinya ? Apa saja Perintah yang Testor atau penguji berikan kepadamu ? Bagaimana cara menjawabnya ?

Baca Juga:
tes-psikotes-gambar-TNI

Don’t Worry Gaess, Kali ini kita akan kembali mempelajari tentang materi Tes Psikologi/psikotes, Khususnya penilaian tentang kepribadian melalui tes menggambar. simak hingga tuntas dan selamat belajar !!

Tes Psikologi atau Psikotes Gambar

Pada saat ini hampir semua Instansi, Organisasi bahkan sekolah Menggunakan Tes Psikologi atau Psikotes dalam proses perekrutan pegawai maupun Siswa.

Hal ini dilaksanakan guna mengukur tingkat kecerdasan, minat, bakat dan watak seseorang agar mendapatkan orang yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan instansi tersebut.

Banyak peserta tes yang mengalami kegagalan. Baik untuk masuk sebuah organisasi, instansi maupun sekolah yang diakibatkan karena hasil Tes Psikologi atau Psikotes yang mereka jalani tidak sesuai dengan kebutuhan.

Tips Menarik : Strategi Tes Koran

Salah satu Jenis Tes Psikologi / Psikotes yang banyak membikin bingung peserta tes adalah Tes Psikologi atau Psikotes Gambar. Dimana dalam tes ini kita akan diminta menggambar sesuai petunjuk penguji / testor atau juga tes untuk melengkapi sebuah kotak dengan gambar – gambar yang sesuai.

Bagaimana dengan kamu ? Apakah Kamu pernah bingung bagaimana cara menggambar Pohon, Rumah, Orang atau bahkan menggambar Kotak delapan atau Tes Wartegg ? Hal ini merupakan hal yang wajar. Karena banyak diantara kita yang belum mengerti apa sebenarnya Tes Psikologi atau Psikotes Gambar dan Bagaimana cara penilaiannya.

Untuk itu, kali ini kita akan sama – sama belajar lebih spesifik. Tentang apa dan bagaimana tes psikologi menggambar yang tentunya akan disertai tips atau cara pengerjaannya sekaligus Contohnya.

Sebelum lanjut kita lanjutkan pada materi dan cara dalam menyelesaikannya. Kita harus tahu apa itu Tes Psikologi gambar dan apa saja macam – macam materi tes nya.

Tes Psikotes gambar adalah salah satu jenis dalam tes psikologi. Yang bertujuan menilai bagaimana kepribadian, watak dan karakteristikmu melalui hasil gambar yang kamu buat.

Jenis Tes Psikologi atau Psikotes Gambar

Jenis Tes psikologi menggambar ada beberapa macam tes antara lain Tes Gambar Pohon / baum tes atau tree tes, Tes menggambar orang, Gabungan Tes menggambar rumah, pohon dan orang dalam satu kertas serta Wartegg test atau tes kotak delapan.

Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Pohon

Tes menggambar Pohon/ Baum Test / Tree test adalah tes kepribadian yang oleh Karl Koch. Yang kemudian dipublikasikan pertama kali pada tahun 1959. Dalam tes ini, peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon. Perintah menggambar pohon ini bisa bervariasi.

Tujuan Tes Menggambar Pohon ?

Tes Menggambar Pohon bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang. Dengan cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh para peserta seleksi tes. untuk itu kita harus menggambar dengan teliti dan lengkap serta simetris.

Mengapa harus Pohon ?

Karena Pohon merupakan makhluk hidup yang mempunyai karakteristik untuk terus berkembang dan membesar. Pohon juga membutuhkan nutrisi layaknya manusia serta mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi manusia. Maka dari itu hasil atau gambar yang anda buat akan menggambarkan karakter anda sebenarnya

Pelaksanaan Tes menggambar Pohon

Anda akan mendapat perintah dari testor/pemeriksa kurang lebih seperti berikut ” Gambarlah Pohon berkayu ( Keras )/ berkambium, berbuah dan mempunyai cabang dilembar kertas yang telah disiapkan “. Dilarang menggambar pohon jenis seperti Bambu, Perdu, pisang, kelapa dan lain lain seperti yang diucapkan sang testor atau pemeriksa. Beri keterangan pohon apa yang digambar dengan waktu yang disiapkan antara 10 – 15 menit.

Penilaian Dalam Tes Psikotes Gambar Pohon

1. Letak Pohon

Secara garis besar letak anda dalam menggambar pohon akan menunjukkan kepribadian anda sebagi makhluk sosial. Dimana letak pohon condong ke kiri mengartikan bahwa anda adalah orang yang egois dan mementingkan diri sendiri dan tertutup ( Introvert ).

Letak condong kekanan mengartikan anda lebih memperhatikan hal luar atau orang lain ( Ekstrovert ). Letak berada ditengah menunjukkan anda mempunyai kehidupan sosial yang seimbang ( balance )

2. Ukuran pohon

Ukuran Pohon dalam menggambar pohon menunjukan Rasa kepercayaan diri anda. Pohon yang besar akan dinilai bahwa anda merupakan orang yang mempunyai rasa percaya diri sangat tinggi. Bahkan cenderung sombong dan angkuh.

Pohon yang kecil akan membuat anda dinilai mempunyai kepercayaan diri yang rendah atau bahkan Rendah diri.

3. Kepala pohon ( Mahkota )

Gambar kepala pohon merupakan penilaian anda tentang kemauan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Serta hubungan sebab akibat atau timbal balik antara diri dan dunia luar.

Gambar daun yang tegas adalah menunjukkan pengamatan tajam dan pergaulan lincah, sedang daun yang bergelombang menunjukkan karakter lemah lembut.

4. Ranting / Dahan Pohon

Penilaian Gambar Ranting adalah menunjukkan kepribadian ( Tes Psikologi Kepribadian ) tentang kemampuan seseorang untuk memperoleh kekuasaan dari lingkungan sekitar.

Gambar Ranting seperti pipa menandakan anda mempunyai cita cita yang ingin dicapai, gambar pohon yang mempunyai bayak ranting menandakan anda mempunyai kemampuan komunikasi dengan dunia luar yang baik serta sedikit gambar ranting menunjukkan kepribadian yang mandiri.

5. Batang Pohon

Gambar batang pohon menunjukkan kekuatan ego seseorang, Batang Pohon yang lebar menunjukkan kepribadian yang kokoh dan tahan banting atau cobaan. Batang pohon yang ramping menunjukkan kepribadian yang mempunyai empati dan kepekaan sosial yang tinggi.

6. Akar pohon

Gambar akar pada saat pelaksaan tes merupakan interpretasi dorongan bawah sadar/hawa nafsu dari kepribadian atau karakter peserta tes. Gambar pohon yang memperlihatkan akar adalah menunjukkan sifat atau kepribadian yang belum mandiri serta sedang mencari pegangan, hal ini wajar untuk peserta tes yang remaja dimana mereka memang sedang mencari jati diri.

Gambar pohon tanpa akar menunjukkan bahwa peserta tes telah dewasa dan mandiri serta bersifat fleksibel dan senang dalam kondisi apapun.

Cara yang benar dalam Tes Psikotes Gambar Pohon

Dari Interpretasi diatas sebenarnya telah dapat diketahui bagaimana cara menggambar pohon yang benar, namun untuk lebih lengkapnya saya akan jabarkan kembali secara lebih terperinci :

1. Gambar Pohon harus mempunyai ukuran dan letak yang proporsional serta berada di tengah tengah kertas atau simetris.

2. Garis Gambar harus tegas, tidak putus – putus dan tidak menggunakan shading.

3. Gambar pohon diusahakan mempunyai Batang yang tebal, Cabang yang relatif banyak dan kepala ( mahkota ) pohon daun yan rimbun.

4. Harus sesuai dengan pohon yang pernah kita lihat.

5. Tidak boleh garis tanah dan akar.

6. Sebaiknya tidak menggunakan aksesoris pohon seperti buah, pemandangan, rerumputan, ayunan atau bahkan kambium.

Contoh Gambar Pohon Psikotes yang benar

contoh tes psikologi menggambar pohon
contoh gambar pohon psikotes
contoh gambar pohon psikotes

Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Orang

Tes Psikologi Gambar Orang bisa dikatakan gampang – gampang susah, hal ini dikarenakan banyak sekali yang tidak pandai menggambar. dan takut kalo hasil gambarnya jelek dan tak menarik dilihat.

Padahal sebenarnya tidak demikian, karena kita tidak sedang lomba menggambar yang dinilai kebagusannya dalam menggambar khususnya menggambar orang.

Namun yang dinilai dalam tes psikologi gambar orang ini adalah detail – detail gambar orang yang anda buat dan goresan – goresan saat menggambar, karena dari detail dan goresan gambar inilah seorang testor akan dapat menilai karateristik / karakter atau juga watak seorang peserta Tes Psikologi.

Pada Tahapan Tes Psikologi ini adalah tahapan guna mengukur dan mengetahui tingkat Kepercayaan diri seseorang, tanggung jawab, kestabilan, dan ketahanan kerja dari peserta tes.

Tips Tes Psikologi Gambar Orang

Berikut akan kita jabarkan beberapa Tips Tes Psikotes Gambar Orang , agar anda dapat lulus dan lolos dalam berbagai tes psikologi khususnya dalam rekrutmen TNI maupun POLRI. Berikut penjelasannya :

1. Gambarlah Orang dengan Panca Indera yang lengkap

Tips Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Orang yang pertama adalah menggambar dengan dilengkapi seluruh panca indera sehingga terlihat jelas bentuknya.

kalian harus menggambarkan seseorang secara utuh, detail dan lengkap terutama panca indera yang seharusnya dimiliki oleh seorang manusia, jangan sekali – kali menggambar kartun karena itu menyalahi perintah. Perintah testor adalah menggambar orang. hal ini saya tekankan karena masih banyak yang menggambar kartun maupun anime dan sebagainya.

Gambar orang yang kita gambar mesti terlihat detail – detailnya seperti Rambut, Mata, Hidung, telinga, tangan, kaki dan bagian bagian tubuh lainnya yang semestinya dimiliki oleh Manusia.

Pasti kalian bertanya mengapa ? Karena yang dinilai dari gambar ini adalah detail gambar yang akan mencerminkan ketelitian dan kecermatan anda dlam melaksanakan pekerjaan sehari – hari.

2. Gambarlah orang dengan Garis tegas, tidak terputus – putus dan tidak Shading

Yang kedua adalah menggambar orang dengan garis yang tegas, jangan gambar orang dengan garis putus – putus atau bahkan menggambar dengan Shading atau diarsir.

Sama dengan menggambar pohon, rumah dan lain – lain Garis tegas dan tidak putus – putus adalah mencerminkan anda seorang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Dan sebaliknya Garis Putus – putus dan diarsir ( shading ) mencerminkan diri kalian yang kurang PEDE dan cenderung ragu – ragu.

3. Gambarlah orang dengan Simetris

Tips Tes Psikologi atau Psikotes Gambar Orang yang ketiga adalah menggambarlah secara simetris baik atas bawah maupun samping kanan dan kiri.

Hal ini selain mencerm.inkan ketelitian juga akan mengungkap kemampuan anda dalam menempatkan diri sesuai dengan gambar orang anda buat. sebagai contoh bila anda menggambar orang terlalu kecil dan berada di bawah kertas yang telah disiapkan itu berarti bahwa anda merupakan orang yang rendah diri dan kurang suka bergaul ( Introvert ).

4. Jangan Menggambar Orang dengan memegang benda apapun

Kita tentunya masih sering melihat, bahwa ketika menggambar saat pelaksanaan tes Psikologi adalah menggambar orang dengan memegang suatu benda. Hal ini sebaiknya dihindari karena selain tidak sesuai dengan perintah menggambar orang dengan memegang suatau benda ( Apapun itu ) akan mengurangi detail penggambaran jari yang seharusnya dapat lebih jelas saat tanpa memegang apapun.

5. Menggambarlah orang sesuai jenis kelamin yang digambar

Lalu yang kelima adalah menggambar orang beserta perlengkapan dan aksesoris sesuai dengan jenis kelamin yang di gambar. Jangan gambar Pria Memakai anting ya hihihihi.

Contoh adalah apabila anda menggambar seorang Pria/laki-laki maka seharusnya anda menggambar dengan rambut pendek, tanpa menggunakan anting, menggunakan kemeja yang rapi, menggunakan celana baik panjang maupun pendek

Sebaliknya bila anda menggambar seorang wanita maka gambarlah dengan rambut panjang , memakai anting, memakai rok dan lain sebagainya selakyaknya seorang wanita.

6. Mengambarlah orang dengan Kaki lebih Panjang Dari Badan

Selayaknya manusia pada umumnya dimana Panjang kaki lebih daripada panjang badan maka Gambarlah seseorang dengan kaki yang lebih panjang dari badan, hal ini mencerminkan bahwa anda lebih teliti dalam mengerjakan suatu hal.

7. Bagian Gambar orang yang harus ada terdiri dari :

a. Kepala beserta Rambut tentunya;

b. Leher;

c. Badan orang ( Hal ini menggambarkan beban hidup jadi gambarlah secara proporsional )

d. Jari – jari tangan ( Terlihat dengan jelas bagian bagiannya, kelingking, jari manis, jari tengah, telunjuk dan ibu jari );

e. Pinggang ( Uasahakan menggunakan sabuk sebagai pemisah antara badan dan kaki );

f. Kaki ( Lebih panjang dari badan )

g. Bersepatu.

Contoh Gambar Orang yang Benar

contoh tes psikologi-psikotes gambar orang
contoh gambar orang yang benar dalam tes psikologi atau psikotes gambar orang khususnya dalam rekrutmen TNI

/ Hal Selanjutnya Psikotes Warteg

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!