Tips Agar Startup Indonesia Lolos dari Kegagalan

1 min read

Startup Indonesia

Bukan kali pertama kabar kegagalan startup Indonesia terdengar. Contohnya yang terjadi belum lama ini, lebih tepatnya pada pertengahan tahun di mana startup ramai-ramai melakukan PHK cukup besar pada karyawannya.

Dari sini bisa kita melihat, perusahaan rintisan yang sudah besar sekalipun bisa mendekati ambang kebangkrutan. Namun tentu saja fenomena PHK karyawan ini bukan jalan keluar yang tepat. Selagi startup berjalan, penting untuk mengetahui apa yang mesti dilakukan dan dihindari agar tidak mengalami kegagalan yang sama.

Tips Agar Startup Lolos dari Kegagalan

1.      Tinggalkan Kebiasaan “Bakar Uang”

Bukan rahasia umum bakar uang menjadi salah satu strategi startup demi meningkatkan transaksi pada bisnis mereka. Pencapaian nilai besar dari transaksi tersebut dipercaya sebagai angka pertumbuhan. Padahal, ada banyak aspek yang menentukan apakah pertumbuhan itu tepat atau tidak.

Pertumbuhan yang bagus tidak bergantung pada subsidi saja. Pendiri harus realistis dan berfokus pada pembuatan model bisnis yang lebih berkelanjutan. Meski rate pertumbuhannya rendah, bisnis berjalan lebih stabil.

Baca Juga : Download Alight Motion Pro 3.1.4 Apk4all Tanpa Watermark

Baca Juga:

Jadi, alih-alih bergantung pada subsidi dan menebar diskon, lebih baik memfokuskan bisnis dengan mempertahankan pelanggan lama, dan mendapatkan pelanggan baru secara organik.

Meski faktanya mendapatkan pelanggan baru secara organik merupakan sebuah tantangan besar. Namun terdapat cara yang sudah terbukti berhasil, yakni dengan memberikan edukasi yang komprehensif di awal. Startup harus melakukan investasi untuk pengembangan kurikulum, pelatihan serta prosesnya untuk memberikan yang terbaik. Jika pelanggan baru merasa terbantu, mereka pun tidak akan segan untuk menjadi pelanggan loyal.

2.      Jangan Hanya Bergantung pada Iklan Online

Sama halnya dengan kebiasaan bakar uang, startup gagal juga sering terjadi karena iklan online. Pada pemasaran awal memang sebuah pilihan yang tepat, namun perlu eksplorasi berbagai kanal untuk memperluas basis jangkauan mendapatkan pelanggan baru.

Pikirkan apa yang tidak dapat dijangkau dengan iklan online, itulah salah satu pilihan pemasaran yang bisa dilakukan. Bukan tidak mungkin biaya pemasaran turun setelah melakukan eksplorasi ini.

3.      Cari Peluang Kolaborasi

Selain melakukan eksplorasi kanal, cari peluang kolaborasi. Pasarkan model bisnis yang berorientasi kepada target audiens secara spesifik dengan pihak lain. Saat melakukan kerja sama, masukkan brand-brand tersebut ke dalam platform.

4.      Startup Indonesia Harus Product Market Fit

Tips berikutnya supaya lolos dari kegagalan yaitu startup yang didirikan harus berorientasi pada product market fit.

Product market fit adalah di mana pelanggan mau membeli, menggunakan, dan menyebarkan informasi tentang suatu produk. Artinya, produk atau layanan yang dikembangkan mesti benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jika itu terjadi pada banyak pelanggan baru, kemungkinan besar mereka akan mendukung pertumbuhan perusahaan dan meningkatkan keuntungan.

Sayangnya, tidak sedikit startup yang gagal menemukan product market fit. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan uji coba pasar, melakukan A/B testing dan menghitung dampaknya, fleksibel dalam mengadaptasi produk, serta fokus mengembangkan pelanggan setia.

Pengembangan bisnis seputar product market fit juga dijadikan fokus pada program inkubasi Startup Studio Indonesia (SSI) yang diadakan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Berbeda dengan beberapa program startup yang pernah dijalankan sebelumnya, SSI berfokus pada penyaringan startup yang memiliki standar global yang siap untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan. Batch 5 program ini sedang berlangsung untuk melatih 15 startup Indonesia early-stage yang terpilih menjadi finalis. Bagi masyarakat yang berminat dan ingin mengetahui informasi lebih banyak, kunjungi https://startupstudio.id/ .

Download Mod Bussid Kontainer Panjang

Download Mod Bussid Kontainer Panjang – Halo guys kali ini kami akan update artikel tentang Mod Bussid, tepatnya kali ini mimin akan membagikan mod...
Acuk Andrianto
1 min read
error: Alert: Content is protected !!