Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Lulus TNI, Tips dan Triknya

1 min read

gagal lolos tes TNI

Hai Sahabat … Yuk kita bahas dan dikusi bersama tentang Cara Lulus TNI, Tips dan Triknya sebagai pengalaman saya berkali – kali tes rekrutmen TNI hingga akhirnya lolos

Saya sengaja membuat Web /blog Ini sebagai media saya untuk berbagi pengalaman, karena saya menegerti betul bahwa bagi sebagian pemuda ( termasuk dulu saya saat muda ) adalah suatu cita cita yang mulia

Selain mengabdi pada negara, menjadi TNI adalah sebagai salah satu cara untuk dapat segera mendapatkan penghasilan dan dapat membantu orang tua.

Baca Juga:

Tips Lolos Rekrutmen TNI merupakan hal penting Karena tak dapat dipungkiri, bagi pemuda yang lahir dengan kondisi orang tua dan keluarga yang Pas – Pasan tentu tidak ingin membuang waktu untuk kuliah dan ingin segera dapat bekerja.

Baca Juga : Cara Mengerjakan Tes Wartegg

Termasuk saya, berasal dari keluarga kecil di daerah timur pulau Jawa menjadi seorang Prajurit merupakan Cita cita yang harus dapat digapai, dan hal itu tidaklah mudah. setelah hampir semua seleksi sekolah kedinasan dan prajurit dilalui mulai banyak yang meragukan kemampuanku.

Hanya satu keyakinan bahwa aku bisa, dan Alhamdulillah pada tahun ke three diberikan Rezeki untuk Lolos Taruna AKMIL.Berikut saya bagi beberapa Tips Lolos Rekrutmen TNI yang saya rangkum dalam beberapa bagian. dan akan saya perbahuri sesuai dengan keadaan.

Cara Lulus TNI

1. Siapkan Persyaratan Administrasi Secara Lengkap dalam satu Folder/tempat

Kegiatan Pertama setelah mendaftar menjadi calon prajurit TNI adalah pemeriksaan administrasi, Pemeriksaan ini akan dilakukan secara rinci dan lengkap oleh pihak yang berwenang di matra masing – masing

Untuk itu sebelum mendaftar TNI siapkanlah dokumen dokumen penting kalian menjadi dalam satu folder sehingga mudah mencarinya ketika dibutuhkan.

Dokumen tersebut antara lain berupa Ijazah sekolah. Raport Sekolah, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan dokumen penting lainnya seperti yang tercantum dalam surat pendaftaran.

2. Laksanakan Medical Cek Up

Tips yang kedua adalah laksanakan MCU atau medical cek up di instansi kesehatan militer yang ada di daerahmu, mengapa di instansi kesehatan militer ? Tidak bisakah dilaksanakan di Rumah sakit umum atau instansi kesehatan lain ?

Pada dasarnya sebenarnya bisa , namun karena kalian ingin mendaftar prajurit TNI maka lakukanlan MCU di Rumas sakit tentara yang ada di daerahmu.

Hal ini karena selain dokter tentara lebih megetahui kriteria sehat dalam seleksi tentara. Juga karena saat pelaksanaan tes merekalah yang memeriksa.

Jadi saran saya lebih afdol melaksanakan MCU di Instansi kesehatan militer atau Rumah Sakit Tentara terutama tempat nanti pemeriksaan kesehatan saat pelaksaan tes rekrutmen TNI.

3. Laksanakan Bimbingan Psikologi

Tak kalah penting dengan kesehatan tes psikologi juga merupakan tes yang sangat penting dan harus dipersiapkan secara matang, untuk itu kalian dapat mendatangi ahli psikolgi agar dibimbing tentang tata cara pelaksanaan psikologi.

Bila ada waktu dan dana lebih datanglah ke dina psikologi Angkatan Darat (Dispsiad ) yang berada di bandung karena mereka membuka pemerikasaan dam pembimbingan tes psikologi.

4. Siapkan Kemampuan Fisik Dengan baik

Namanya tentara fisik juga merupakan kebutuhan utama , untuk itu dalam seleksi akan ada tes kesamaptaan yaitu tes guna mengetahui kemampuan jasmani untuk kesiapan memenuhi pekerjaan mu sebagai TNI.

Baca Juga : Cara Mengerjakan Tes Koran

Untuk hal ini yaitu menyiapkan kemampuan fisik dengan baik, resepnya cuma 3 yaitu LATIHAN, LATIHAN, LATIHAN. Ya Hanya dengan latihan kita akan dapat melampaui batas maksimal kemampuan fisik yang telah dimiliki.

Demikian beberapa Tips / Cara Lulus  TNI, yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya , saya akan mencoba kembali merangkum tips lain yang belum ada diatas.terima kasih telah berkunjung ke Blog Berita Militer Indonesia. semoga bermanfaat

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!