Tips Lolos Tes Psikologi, Rekrutmen TNI/POLRI

1
994
tes psikologi

Kembali bertemu di Blog yang akan selalu berusaha memberikan informasi kemiliteran terbaru, Kali ini kita akan membahas Tips Lolos Tes Psikologi Rekrutmen TNI/POLRI.

Tips Lolos Tes Psikologi, seperti sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa Tes Psikologi merupakan hal yang istimewa, karena banyak sekali para peserta seleksi yang harus gagal dalam pelaksaan Tes atau pemeriksaan Psikologi.

Tes Psikologi secara umum merupakan pemeriksaan dan pengumpulan data para calon peserta tes, ada beberapa penilaian yang diharapkan akan dapat diketahui dari pelaksaan tes yaitu kecerdasan, kepribadian, sikap kerja dan minat serta bakat seseorang.

Bila kita menginginkan lolos dalam pelaksaan tes psikologi baik itu pada prose seleksi TNI/POLRI, Karyawan, Promosi jabatan dan seleksi-seleksi lainnya harus benar benar dipersiapkan dengan baik.

Tanpa persiapan yang baik, hasil yang kalian dapat bisa jadi akan jauh dari yang diinginkan dan dibutuhkan oleh organisasi atau instansi tempat kita ingin bekerja.

Terutama dalam rekrutmen TNI/POlRI, untuk itu kami akan memberikan beberapa Tips yang dapat mendukung anda dalam mempersiapkan diri untuk melaksanakan Tes Psikologi antara lain sebagai berikut :

1.  Tanamkan Niat Yang Tulus Dan Ikhlas.

Niat adalal hal pertama yang kalian harus bangun dari saat ini, karena dengan niata yang membara kalian akan dapat memotivasi didri sendiri untuk memberikan dan menjalani tes dengan optimal.

Hal ini sangat tergantung pada diri kalian masing – masing, banyak para peserta seleksi yang dari awal melaksanakan seleksi telah memperlihatkan niat yang kurang serius sehingga nanti akan sangat berpengaruh terhadap hasil tes psikologi kalian.

Jadi mulai sekarang sebelum kalian melaksanakan tes dan seleksi apapun itu terutama dalam rekrutmen TNI/POLRI, teguhkanlan niat kalian fokus pada tujuan yang ingin kalian raih.

2. Tanamkan Motivasi Dalam Diri.

Motivasi merupakan dorongan ataupun kekuatan yang memusatkan orang buat menggapai apa yang di idamkan – idamkan.

Motivasi ini haruslah benar – benar berasal dari dalam diri kamu sendiri. Kalian harus yakini bahwa menjadi abdi negera di kedua institusi tersebut ( TNI/POLRI ) merupakan sesuatu kehormatan.

Bulatkan tekad kamu buat melaksanakan tes dengan dedikasi yang tinggi yakinkan pada dirimu sendiri bahwa dalam melaksanakan tes atau seleksi benar benar merupakan keinginanmu bukan karena hanya ikut ikutan teman atau peserta yang lain.

3. Persiapkan Fisik Dan Mental Yang Prima.

Sederet rangkaian tes psikologi yang kalian laksanakan akan menguras tenaga, pikiran, mental dan fisik yang kalian punyai.

Untuk itu selain Niat dan Motivasi, kalian juga harus menyiapkan mental dan fisik sehingga benar benar siap dalam menjalani tes psikolgi.

Bersikaplah disiplin terutama disiplin waktu, buat rencana waktu apa yang harus dilaksanakan sehari hari dan tepatilah, olahraga secara teratur agar fisik kalian prima dalam menjalani rangkaian tes dan jangan lupa istirahat yang cukup untuk menyeimbangkan  jiwa sehingga timbul ketenangan hati.

4. Laksanakan Simulasi/Pra Tes Sederhana.

Uji/pemeriksaan psikologi menuntut konsentrasi yang besar pada rentetan yang uji/pemeriksaan yang bermacam- macam baik waktu serta instruksinya/perintahnya.

Dibutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi agar kalian dapat mencerna perintah dari testor/ pemeriksa secara tepat dan benar.

Dalam Tes ini akan ada beberapa materi guna menguji kecerdasan yang mengukur kecerdasan universal, instan, verbal serta abstrak serta pada jeda waktu selanjutnya dihadapkan dengan uji karakter yang mengupas tuntas keyakinan dan kepercayaan diri, kemampuan menyesuaikan diri serta kemampuan pengendalian diri para peserta tes.

Serangkaian pemeriksaan psikologi kemuadian dilanjutkan dengan pengukuran atensi, dimana aspek pelayanan sosial, kebenaran, demokrasi, humanisme dari para peserta dibeberkan secara tuntas.

Pada Intinya pemeriksaan psikologi ini akan mengukur tingkat perilaku kerja, ketanggapan/kecepatan reaksi saat menerima perintah, kecermatan dalam melaksanakan tugas serta bagaimana karakter dikala melakukan sesuatu pekerjaan.

Jangan menganggap remeh rangkaian uji/pemeriksaan Psikologi karena akan melelahkan baik secara fisik maupun mental.

Untuk itu dalam mempersiapkan tes ini kalian harus banyak – banyak berlatih mengerjakaan soal soal psikologi di berbagai macam keadaan dan waktu.

Sebagai contoh suatau saat kalian menegerjakan soal di tempat yang sunyi kemudian dilain waktu mengerjakan ditempat yang ramai. Amati perbedaannya serta ambil faedah dan manfaat dari latihan itu.

Sehingga pada saatnya tiba untuk melaksanakan pemeriksaan atau tes pskologi kalian sudah terbiasa dan dapat mengatasi keadaan.

5. Persiapkan Kelengkapan Peralatan Tes.

Persiapkan dari jauh – jauh hari perlengkapan dalam melaksanakan pemeriksaan psikologi seperti pensil dan rautannya, bolpoin,pena dan dan siapkan cadangan untuk berjaga – jaga.

Hal ini bertujuan agar selama tes psikologi berlangsung, kalian tidak mengalami hambatan yang berarti karena keterbatasan  atau ketiadaan sama sekali alat tes.

Setiap orang akan sibuk dengan soalnya masing – masing dan akan ada pengawasan yang ketat selama tes berlangsung.

6.  Disiplin Waktu.

Sehari sebelum pelaksanaan pemeriksaan/ tes psikologi, kalian harus dan wajib membatasi diri untuk tidak tidur larut malam.

Hal ini bertujuan agar pada hari yang ditentukan, kalian bisa hadir lebih cepat ditempat pelaksanaan, minimal 15 menit sebelum tes psikologi diadakan.

Dengar dan pahami instruksi dengan  serius, dan tepati batas waktu yang disediakan oleh pengawas. Setiap tes memiliki waktu yang bervariasi dan wajib ditaati peserta tes.

7. Fokus Terhadap Instruksi Testor atau Pemeriksa .

Selama tes psikologi berlangsung pusatkan perhatian dan hindari untuk menyontek jawaban dari kawan kalian. Konsentrasi pada lembar soal dan lakukan apa yang diperintahkan.

Tips lolos tes psikologi selanjutnya adalah Jangan sekali kali untuk mencoba mengelabui testor/pemeriksa dengan menambahkan atau mengurangi hasil pengerjaan karena akan berakibat fatal pada hasil tes yang kalian terima.

Demikian Tips lolos tes psikologi dari kami selaku senior yang telah berkali kali melaksanakan Uji/Tes atau pemeriksaan Psikologi.

Ingat dari semua Tips diatas yang paling utama adalah Fokus pikiran kalian saat melaksanakan tes.

Semoga bermanfaat dan beruntung. Kami menunggu kalian di satuan kami.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan