Tips lolos tes Samapta TNI, lari 12 menit

3
1049
tips lolos tes samapta Garjas A

Tes Lari 12 menit merupakan salah satu Materi Tes Samapta, yang dilakukan dalam menyeleksi calon – calon prajurit baru maupun untuk mengukur kemampuan periodik prajurit Organik yang dilaksanakan tiap semester dan kita biasa menyebutnya Garjas A.

tips lolos tes samapta
( ilustrasi) Pelaksaan tes Samapta garjas A

Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar TNI harus dapat melewati test ini dengan nilai baik, berikut beberapa tips lolos tes samapta Garjas A atau lari selama 12 menit sesuai pengalaman penulis :

Tips lolos tes Samapta Garjas A atau lari selama 12 menit :

1. Latihan ketahanan ( endurance )

Tips Lolos tes samapta lari 12 menit yang pertama adalah berlatih diri untuk lari ketahanan atau endurance dengan kata lain jangan keburu – buru untuk latihan speed.

Kal Ini Karena untuk dapat berlari maximal dalam waktu 12 menit hal pertama yang harus kamu siapkan adalah daya tahan tubuh, dimana kemampuan ini tidak bisa didapat dengan serta merta dan harus dilatih jauh hari secara bertahap dan bertingkat serta berlanjut.

Baca Juga : Tips Lolos Gambar Pohon Psikotes

Latihan Lari ketahanan ( endurance ) ini dapat dilaksanakan dengan melaksanakan jogging baik berpedoman pada waktu maupun berpedoman dengan jarak.

Saya sendiri secara Pribadi lebih menyarankan berpatokan pada waktu, yaitu minimal melaksanakan jogging 30 menit untuk pemula. Hal ini karena 30 menit adalah waktu minimal latihan agar lemak terbakar menjadi energi.

Bila latihan lari Ketahanan pedomannya jarak maka kurang lebihnya 4 hingga 5 Km dalam sekali latihan. Dimana Latihan minimal harus dilaksanakan 4 -5 kali dalam seminggu dalam kurun waktu 3 bulan sebelum masuk ke tahap latihan berikutnya, Hal ini dilaksanakan untuk mempersiapkan ketahanan tubuh dalam berlari dan menerima porsi latihan yang lebih berat guna mencegah cedera.

2.Latihan Interval training / Cardio

Tips Lolos tes samapta lari 12 menit yang kedua adalah melanjutkan dengan latihan interval training / Cardio, hal ini berguna untuk meningkatkan kemampuan kecepatan dalam berlari.

Setelah latihan lari ketahanan tubuh dirasa cukup maka kita siap untuk melaksanakan tahap latihan berikutya dalam meningkatkan kecepatan dalam berlari.

Hal ini karena dalam tes lari 12 menit kecepatan berlari sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai. Latihan ini dapat dilaksanakan dengan Interval Training yaitu lari dengan kemampuan maximal dan diulang ulang ( repetisi ).

Artikel Pilihan : Tips Lolos Gambar Orang Psikotes

Saya menyarankan latihan ini juga dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari jarak 200 m dengan interval istirahat 1 menit dan dilakukan dengan 16 kali pengulangan ( repetisi).

Apabila telah terbiasa dan dirasa siap, maka latihan interval ditingkatkan dengan jarak 400 m dengan interval istirahat 2 menit dan dilakukan dengan 8 pengulangan ( repetisi ).

Latihan ini dilakukan untuk menyesuaikan kegiatan pada saat tes sebenarnya, yaitu berlari selama 12 Menit dengan target sejauh 3200 meter, dimana lapangan yang dipakai adalah dengan menggunakan lapangan standart atletik. Yaitu 400 m untuk 1 putaran.

3. Gunakan perlengkapan yang nyaman

Tips Lolos tes samapta lari 12 menit yang ketiga adalah dengan menggunakan perlengkapan lari ( Sepatu, Celana dan Kaos ) yang nyaman dan sesuai dengan tubuh kita.

Dalam berlari kita harus benar benar merasa nyaman, untuk itu saya sarankan untuk memakai perlengkapan yang senyaman mungkin agar tidak ada kendala dalam pelaksanaan lari, terutama sepatu.

Sepatu Khusus berlari ( Running Shoes ) merupakan hal penting, karena selain keamanan, sepatu khusus lari juga dapat mencegah terjadinya cedera pergelangan kaki yang disebabkan karena menahan berat tubuh, untuk diketahui bahwa dalam lari kita harus menopang 3X berat badan yang kita miliki.

Kaos dan celana juga merupakan perlengkapan yang tidak kalah penting demi kenyamanan saat berlari dan mendapatkan hasil tes yang maximal, secara pribadi saya menyarankan mengunakan pakaian yang berbahan dry fit karena lentur, ringan juga mudah kering ketika berkeringat.

4. Konsumsi Makanan/Minuman bergizi

Tips Lolos tes samapta lari 12 menit yang terakhir dari saya adalah mengkonsumsi Makanan yang bergizi seperti susu, buah – buahan dan vitamin.

Hal ini dikarenakan Berlari merupakan olahraga berat yang membutuhkan banyak tenaga sehingga perlu makanan bergizi untuk mengganti tenaga yang keluar dan siapkan tenaga untuk latihan berikutnya.

Kunjungi Juga : Tips Pull Up Militer

Kalian harus memperbanyak makan makanan yang mengandung protein dan rendah lemak seperti Ikan, Ayam tanpa kulit, daging tanpa tetelan dan beberapa makanan sehat lainnya.

Itulah beberapa Tips Lolos tes samapta lari 12 menit dari penulis, tentang bagaimana mendapatkan hasil maximal dalam tes lari 12 menit, tentunya ini adalah sesuai dengan pengalaman penulis selama berdinas di TNI AD yang mungkin juga berbeda dengan pengalaman orang lain.

Namun Inti dari semuanya adalah bila kalian ingin mendapatkan hasil yang maximal dan lolos dalam pelaksanaan tes samapta utamanya tes garjas yaitu lari selama 12 Menit dengan jarak sejauh mungkin adalah dengan berlatih hingga melewati batas kemampuan awal sehingga tercapai kemampuan maximal baru.

 

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan