Tips Mencegah dan Menghidar Serangan Hacker

4
83

Hai teman teman …

Kali ini kita akan kembali berbagi Ilmu khususnya Ilmu digital atau Ilmu web/Internet. Sebenarnya hal ini berawal dari keinginan Mimin untuk menjaga agar Blog lebih aman.

Dan setelah Googling dapat sebuah web yang memberikan pengetahuan tentang Cara menjaga agar Web kita terhindar dari serangan Hacker.

BERITA DISARANKAN

Seperti dilansir oleh Blog BERBAGI ILMU dimana kemajuan teknologi terus berkembang dengan pesat, hal tersebut selain membawa keuntungan dimana kita dapat memperoleh informasi lebih cepat juga tentunya menjadi ancaman besar dimana banyak orang orang cerdas namun jahat  untuk berusaha mengambil keuntungan dari kemajuan teknolgi tersebut.


Kita tentu telah mengetahui dan mendengar kalau salah satu toko e- commerce yang mempunyai terbanyak di Indonesia sudah kebobolan oleh hackers ataupun para peretas yang mencuri informasi para pelanggan serta setelah itu menjual informasi tersebut ke pasar hitam internet.

Di Indonesia sendiri Cyber attack atau serbuan siber meningkat sangat signifikan terutama disaat Pandemi Virus Korona ( Covid -19 ) dimana ada himbauan untuk bekerja dari rumah. ( Banyak orang pintar nggak ada kerjaan mungkin … hihihi )

Badan Siber serta Sandi Negeri( BSSN) selaku intitusi resmi negara mencatat bahwa serbuan siber di tengah pandemi ini naik sampai 6 kali lipat dimana tercatat semenjak Januari hingga Maret 2020, total serbuan siber ini menorehkan angka sebesar 80. 837. 445 permasalahan.

Hal ini tentunya jauh meningkat Bila dibanding dengan permasalahan tahun 2019 kemarin yang mencatat 13. 623. 527 permasalahan dalam setahun, peningkatan permasalahan ini tentu sangat mengkhawatirkan dimana saat ini Internet terutama toko online menjadi primadona untuk mencari informasi dan berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Tidak cuma melanda informasi pelanggan e- commerce, permasalahan ini juga melanda beberapa web formal pemerintah seperti yang terjadi pada Web Resmi Pemrov Jawa Timur pada Februari 2020.

Untuk mencegahnya kita harus mempelajari diri kita tentang bagaimana cara menjauhkan dari serbuan Hacker. Berikut beberapa cara melindungi Web/Internet dan Informasi kita lainnya dari serangan Hacker

Peretas akan berusaha dengan bermacam berbagai metode serta tipe serbuan. Mereka umumnya telah memiliki struktur sasaran tertentu yang telah di studi serta di intai lebih dahulu. Banyak dari sasaran tersebut merupakan situs- web website yang telah memiliki reputasi serta nama yang terpercaya sampai hendak mendatangkan keuntungan besar bila diretas.

Jadi tidak mengherankan bila peretas senantiasa melanda serta membobol web formal pemerintah, lembaga- lembaga yang menanggulangi keuangan semacam bank, perusahaan- perusahaan besar, dan lembaga swasta yang bergerak dalam bidang penjualan daring ataupun e- commerce. Motif dari serbuan peretasan ini tidak lain merupakan modul serta menyalurkan agresi mereka.

Tipe dan jenis Serangan Hacker

1.  Mallicious Sofware / Malware

Malliciuous Software merupakan perangkat lunak berupa Program yang dibuat dan dirancang untuk menyusup dalam sebuah sistem Komputer dengan tujuan merusak sistem komputer yang disusupinya.

Serangan Malware biasa terjadi pada web lewat fitur lunak sepeti email, Program Komputer atau saat kita mendownload suatu program dari sumber yang tidak terpercaya.

Tipe malware yang kerap kita dapati pada aplikasi umumnya diucap dengan ransomware. Serbuan akan diawali serta timbul begitu pengguna mengklik link beresiko ataupun sudah membuka attachment yang secara otomatis melaksanakan instalasi beresiko dengan otomatis.

Apabila serbuan jenis malware ini sukses masuk memahami, hingga seluruh informasi berarti Kamu dari fitur ataupun di web hendak diretas dan di tambang( informasi mining). Ini hendak membuat para hacker dapat memakai informasi tersebut buat melaksanakan kejahatan atas nama owner informasi yang dicuri.

2. Denial of service “ DoS “

DoS adalah sebuah serangan Hacker yang berbahaya dimana serangan ini bertujuan untuk mencegah pengguna internet menggunakan layanan server dengan nikmat dan akhirnya menyebabkan server itu sendiri down.

United States Computer Emergency Readiness Team mengartikan bahwa Denial of service “ Dos “ bagaikan serbuan yang bisa mengusik server tertentu serta para peretas hendak membanjiri hosting dengan tujuan tingkatkan traffic yang menimbulkan owner asli web website tidak bisa mengakses website mereka sendiri.

Serbuan retas Denial of Service ini hendak sanggup melumpuhkan seluruh web yang terserang serta menimbulkan kerugian yang tidak terhingga untuk para pemiliknya. Tidak hanya tidak memiliki akses masuk lagi, owner web website pula sudah kehabisan seluruh informasi dan data berharga mereka.

3. Cross- Site Scripting( XXS)

Salah satu serbuan terburuk yang lain merupakan Cross- Site Scripting( XXS). Serbuan tipe ini kerap melanda web website dengan memasukkan serta menyelipkan kode- kode tertentu di dalamnya. Kode- kode tersebut diselipkan ke dalam web yang hendak meresap informasi pengguna serta owner web mulai dari username, password serta personal informasi mereka. Seluruh informasi korban hendak dikumpulkan ataupun ditambang tanpa mereka sadari. Serbuan XXS ini umumnya lebih banyak melanda situs- web website yang memiliki sistem keamanan yang longgar ataupun ceroboh yang buatnya jadi target empuk para hacker.

4. Man in the Middle “MitM”

MitM merupakan tipe serbuan yang sekilas mirip dengan Cross- Site Scripting. Cuma saja serbuan ini menempatkan peretas di antara jalan komunikasi dari 2 pengguna. Peretas hendak mengenali serta menambang segala data informasi yang dicoba diantara kedua pengguna itu. Kemudian hacker hendak mencegat pula alihkan informasi data yang mengalir serta melaksanakan modifikasi. Diantara itu, peretas pula hendak menyisipkan berbagai malware serta virus lain antara lain. Owner kedua web website tersebut hendak jadi lumpuh tidak dapat diakses sehingga komunikasi kedua belah pihak hendak terputus. Oleh sebab itu, berarti terdapatnya suatu enkripsi web yang hendak menolong mengamankan suatu web website.

5. Pharming

Pharming merupakan Tipe serbuan ini bekerja dengan alihkan web formal kepada web palsu yang telah disiapkan. Ini bertujuan buat menambang informasi para wisatawan web asli tanpa disadari. Apalagi tidak cuma wisatawan, para owner web website pula tidak menyadari jika web yang mereka memiliki lagi dibajak serta dialihkan. Walaupun alamat URL pada mesin pencarian menunjukkan URL yang legal, tetapi akses berikutnya merupakan kepada web palsu. Pharming banyak melanda web formal lembaga keuangan yang berpura- pura menunjukkan web asli tetapi setelah itu menghabiskan rekening nasabah serta membobol seluruh informasi krusialnya.

Selanjutnya halaman 2/ Tips mencegah serangan hacker

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here