Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Tips Menghadapi Tes Psikologi atau Psikotes TNI/Polri

2 min read

Tes Psikotes

Tes Psikologi / Psikotes adalah suatu rangkaian tes guna mengetahui kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spritual dan juga kemampuan serta minat dan bakat Peserta Tes.

Tes Psikologi / Psikotes dalam perekrutan calon Prajurit TNI /Polri merupakan salah satu materi tes yang ditakuti oleh peserta tes, hal ini karena banyak peserta yang harus gagal dalam tes ini. Ada Banyak Jenis Tes psikologi / Psikotes.

Baca Juga : Tips Menggambar Pohon Psikotes

Untuk itu penulis mencoba memberikan beberapa tips agar para calon prajurit siap dan dapat lolos dalam menghadapi tes Psikologi sesuai dengan pengalaman yang telah dilaksanakannya.

Tes Psikologi /Psikotes merupakan tes guna mengukur kemampuan individu baik secara kecerdasan ( IQ ) dan kemampuan emosional serta minat/bakat peserta. Tes ini dilaksanakan dengan 2 Metode yaitu tes tertulis dan tes wawancara.

Baca Juga:

Tips Menghadapi Tes psikologi / Psikotes TNI/Polri :

1. Tes Psikologi Wawancara .

Pada Tes ini kalian semua akan dihadapkan pada para testor dari Dinas Psikologi angkatan masing masing, tes ini merupakan pendalaman dari jawaban saat tes tertulis.

Tips nya :

a. Penampilan rapi. Tips pertama sebelum masuk ruangan testor adalah siapkan penampilan sebaik mungkin sehingga tampak siap testor. kerapian penampilan juga menunjukkan bahwa kita selalu hidup disiplin, motivasi dan peduli pada diri sendiri.

b. Percaya diri . Menghadapi tes wawancara tips kedua yang harus dilaksanakan adalah percaya diri, hal ini karena sikap kita akan dinilai mulai dari masuk ruangan sampai engan keluar ruangan. Jangan lakukan hal hal yang didak diperlukan yang menggambarkan diri pesimis atau kebingungan seperti : garuk – garuk kepala, Menunduk, melamun Dll.

c Jawab pertanyaan dengan tegas dan jelas. Selanjutnya adalah menjawab pertanyaan dari testor dengan tegas. ingat bahwa pertanyaan yang disampaikan adalah pendalaman dari pertanyaan tertulis yang telah dilaksanakan, pastikan bahwa yang ditanyakan sesuai dengan yang dijawab saat tes tertulis.

Baca Juga : Tips Menggambar Orang

2. Tes Psikologi Tertulis.

Dalam Tes Psikologi atau Psikotes tertulis ada beberapa macam tes sesuai tujuan yang ingin diukur, antara lain :

a. Tes Alagoritma/Deret angka. Dalam tes ini akan ditampilkan deret angka yang tidak lengkap, tugas peserta adalah melengkapi deret angka tersebut.

Tips :

1) Segera pahami pola seret angka yang disajikan dalam tes, dimana polanya dapat berupa penambahan, pengurangan,perkalian maupun pembagian.

2) jangan terpaku pada satu soal, bila merasa sulit jangan berusaha harus menyelesaikan soal tersebut karena waktu terbatas. segera lewati dan cari soal mudah yang dapat segera dikerjakan.

b. Tes psikologi / Psikotes koran. Tes ini kita harus mengisi angka hasil yang biasanya merupakan penjumlahan atau selisih yang tersusun secara vertikal dengan interval waktu yang telah ditentukan dengan 2 metode Krapelin maupun Pauli .

Tips :

1) Ingat bahwa yang diukur adalah Konsistensi jadi jangan hanya terfokus untuk mengejar hasil sebanyak banyaknya.

2) Perjakan secara tenang dan teliti jangan sampai ada kolom yang terlewati.

3) Patuhi perintah testor jangan coba coba mencuri curi waktu dengan menambah soal yang dikerjakan karena akan merusak hasil/grafiknya.

c. Tes Psikologi Gambar. Tes ini kita akan diperintahkan menggambar orang / pohon/ rumah atau merupakan gabungan ketiganya yaitu orang, rumah dan pohon dalam satu kertas.

Tips tes psikologi menggambar :

1) Gambar harus proporsional dan diatur secara simetris di kertas gambar yang disiapkan.

2) Penting : Tes ini bukan lomba menggambar, gambar harus lengkap sesuai dengan kenyataannya contoh. menggambar rumah harus lengkap dengan pintu dan jendela, menggambar orang harus lengkap panca inderanya, gambar pohon harus ada batang dan daunnya.

3) Jangan menggambar hal hal yang tidak perlu tanpa ada perintah, contoh. Gambar Awan, Matahari, Pagar Dll. Gambar saja sesuai yang diperontahkan oleh testor.

Sekian Tips Menghadapi Tes Psikologi / Psikotes dari saya, sesuai dengan pengalaman saya yang harus mengikuti tes berkali kali sebelum akhirnya LOLOS. Semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!