Tugas Intelijen dan Fungsi Intelijen

3
313
TUGAS INTELIJEN

Perkembangan teknologi yang sangat cepat aliran informasi juga tak terbendung, Hal ni selain berdampak positif tentunya juga menjadi ancaman terhadap keamanan negara. Khususnya keamanan Data Rahasia Negara.

Dalam Hal ini perlu adanya organisasi yang mampu berperan dalam menghadapi ancaman ini, dimana salah satu organisasi yang diharapkan peranannya adalah INTELIJEN.

Untuk itu mari kita bersama belajar tentang dasar intelijen, khususnya tentang Fungsi dan Tugas Intelijen. Sebelum membahas lebih lanjut kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian Intelijen, memang agak sulit untuk mengartikan intelijen secara spesifik karena ada banyak pengertian menurut beberapa Ahli baik Indonesia maupun Dunia.

Namun semua sepakat mengenai Interpretasi kata Intelijen yaitu Informasi dalam sebuah Fase ; Fase persiapan, Fase pengumpulan, fase pembentukannya dalam strategi yang bermanfaat.

Dari beberapa pengertian tersebut bisa dikatakan bahwa Intelijen merupakan rencana yang teratur dan dipelajari dengan dengan menggunakan segala sarana agar diperoleh bebagai bentuk informasi yang beragam dan menyusunnya untuk kemudian dinilai sebagai bantuan bagi aparat terhadap realita yang terjadi.

Penilaian – penilaian tersebut terlindungi pada saat yang tepat demi menjamin keamanan dan keselamatan Nasional serta sebagai Kontra Intelijen demi mencegah masuknya bahaya terhadap negara dalam bentuk apapun.

Tingkatan Intelijen

Dari Pengetian diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Intelijen terbagai menjadi dua tingkatan. Pertama Makna yang umum adalah mencakup kemampuan mempelajari dan memanfaatkan eksperimen dan beraksi secara cepat terhadap segala perubahan situasi yang terjadi.

Kedua makna yang Khusus yaitu secara Profesi tingkatan Intelijen adalah ialah tugas – tugas dan kewajiban yang dibatasi secara jelas karena intelijen merupakan suatu bentuk operasi atau aktivitas.

Fungsi Intelijen

1. Sebagai Badan Penyelidikan.

Penyelidikan adalah segala Usaha, Pekerjaan, Kegaiatan dan tindakan dalam mencari dan mengumpulkan bahan Informasi. Dalam rangka mencari tahu kebenaran Informasi yang sedang terjadi.

2. Sebagai Badan Pengamanan.

Pengamanan adalah segala Usaha, Pekerjaan, Kegiatan dan tindakan dalam mengamankan Organisasi agar tidak menjadi sasaran lawan. Hal ini merupakan Hal guna mendukung tugas pokok Organisasi.

3. Sebagai Badan Penggalangan.

Penggalangan adalah segala usaha, Pekerjaan, kegiatan dan tindakan dalam menciptakan suatu kondisi agar menguntungkan organinasi sehingga tugas pokok dapat berjalan aman dan lancar.

Tugas Intelijen

Intelijen mempunyai tugas diantaranya adalah untuk menggagalkan hingga meniadakan ancaman terhadap kedaulatan negara, keselamatan bangsa serta integrasi bangsa dan negara, melalui pengamatan secara terus menerus secara sistematik terhadap segala potensi yang dapat menimbulkan ancaman dalam bentuk Deteksi Dini.

Penampilan / Bentuk Intelijen

Intelijen dalam suatu negara dapat dimaknai dengan 3 penampilan yaitu :

1. Intelijen sebagai suatu Organisasi.

Penampilan pertama Intelijen adalah sebagai organisasi, dimana keberadaannya merupakan suatu organisasi Dinas Rahasia dalam artian merupakan organisasi yang berada di bawah permukaan dan tak terlihat oleh mata biasa serta tersembunyi dari pengamatan publik.

Untuk itu Penampilan pertama intelijen sebagai organisasi memang tidak bisa kita bahas lebih lanjut karena keterbatasan info yang kami miliki, namun kita harus tahu bahwa kita memiliki beberapa Organisasi atau badan negara resmi yang mengurusi masalah Intelijen yaitu BIN ( Badan Intelijen Negara ) serta beberapa organisasi intelijen lain seperti BAIS dan Satuan Intelijen Angkatan maupun pemerintah.

2. Intelijen sebagai aktivitas.

Penampilan kedua Intelijen adalah sebagai aktivitas hal ini berarti Intelijen merupakan aktivitas tersembunyi dan tertutup ( Covert action/Clandestine activities. Bentuk aktivitas ini dilakukan dengan 3 cara atau pilar yaitu Penyelidikan, Pengamanan dan Penggalangan.

Dalam hal ini Penyelidikan merupakan langkah awal dan ujung tombak bagi aktivitas Intelijen karena hasil penyelidikan akan diakumulasikan sebagai pengetahuan ( laporan intelijen ), dimana atas dasar laporan tersebut diadakan upaya pengamanan dan penggalangan untuk melakukan Strategi Pre emtif dan Preventif untuk mengeliminir segala anacaman yang terjadi.

3. Intelijen sebagai Pengetahuan.

Penampilan kedua Intelijen adalah sebagai pengetahuan dimana suatu laporan intelijen harus dapat mengetahui hal – hal yang akan terjadi mendahului orang lain dalam produk intelijen.

Dengan demikian maka produk intelijen pemerintah diharapkan akan mampu mengantisipasi setiap kemungkinan adanya ancaman, mengambil langkah – langkah strategis dan membuat perencanaan nasional yang lebih baik.

Demkianlah pembahasan singkat kita tentang Dasar Intelijen Khususnya Fungsi dan Tugas Intelijen. Pengetahuan ini saya raa akan dapat bermanfaat bagi kita bila kita gunakan dalam kehidupan sehari hari dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi atau mendukung kesuksesan pribadi.

Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan dan kami sangat mengharapkan Kritik dan saran atas tulisan kami yang dapat anda tulis dalam kolom komentar atau alamat email kami : acuk37@gmail.com

BERHASIL TAK DIPUJI, HILANG TAK DICARI DAN GAGAL DICACI MAKI ITULAH MOTTO INTELIJEN

Daftar Pustaka :

  1. wikipedia
  2. Wahyu,saronto. 2018. Intelijen : Teori Intelijen dan pembangunan jaringan. Yogyakarta : ANDI yogyakarta

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan