Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

4 Tujuan Negara Indonesia Yang Tercantum Dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea 4

3 min read

4 tujuan negara indonesia sesuai pembukaan UUD 1945 alinea 4

Hai Sahabat Blog Berita Militer Indonesia , literacymiliter.com. Indonesia terbentuk atas peran dan jasa pahlawan pejuang kemerdekaan dengan keringat dan darah, hal itu tentunya bukan tanpa tujuan, lalu apa sih sebenarnya 4 Tujuan Negara Indonesia Yang Tercantum Dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 ? Yuk kita pelajari daan diskusi bersama ya.

Setiap negara di dunia pada dasarnya memiliki tujuan dalam pembentukannya termasuk juga Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ).

Hal ini dikarenakan dengan tujuan inilah nantinya, sebuah negara akan dijalankan dengan pedoman dasar tujuan yang telah dirancang. Dimana untuk Indonesia dikepalai oleh seorang presiden yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pemerintahan dalam mencapai tujuan tersebut.

4 Tujuan Negara Indonesia Yang Tercantum Dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea 4

Sebenarnya Tujuan berdirinya negara Indonesia telah dipersiapkan oleh para pejuang dan tokoh kemerdekaan, hal ini dapat lihat bahwa semua tujuan tersebut sebenarnya sudah tercantum dalam UUD RI 1945 yang dirancang oleh BPUPKI sejak 29 Mei 1945 atau sebelum bangsa ini resmi menyatakan kemerdekaannya.

BPUPKI sendiri merupakan kependekan dari Badan penyelidik usaha – usaha persiapan kemerdekaan Indonesia merupakan badan yang beranggotakan 21 orang diketuai oleh Ir. Soekarno.

Baca Juga:

Badan ini merumuskan 4 Tujuan Negara Indonesia Yang Tercantum Dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea 4.  Yang secara jelas berbunyi: “Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia”.

Sehingga sebenarnya telas jelas disebutkan bahwa 4 Tujuan Negara Indonesia adalah :

  1. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
  2. memajukan kesejahteraan umum,
  3. mencerdaskan kehidupan bangsa, serta
  4. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

Di bawah ini akan kita uraikan secara jelas 4 tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan isi yang ada dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alinea empat.

Perlindungan Terhadap Segenap Bangsa Dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia

Tujuan pertama terbentuknya negara Indonesia sesuai pembukaan UUD RI 1945 adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Sekali lagi pointnya ada pada kata segenap dan seluruh.

Dengan demikian Negara mempunyai kewajiban untuk melidungi seluruh warga negaranya tanpa membedakan Suku. Agama, Ras dan Adat istiadat. sehingga tidak ada kelompok atau komponen yang merasa lebih diuntuntungkan atau juga dirugikan. Termasuk di dalamnya adalah Sumber daya Alam atau Kekayaan Alam Indonesia.

Lalu apa Parameter bahwa Negara telah memberikan perlindungan pada Segenap Bangsa Dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia ? Parameter tersebut dapat dilihat dari tingkat pemenuhan hak sebagai warga negara .

Dimana Hak – hak warga negara Indonesia secara jelas diterangkan dalam isi UUD RI 1945, anatara lain seperti hak asasi manusia, hak memperoleh pendidikan, hak mendapatkan pekerjaan hingga hal perlindungan hukum yang sama.

Namun kita juga harus meenyadari bahwa kewajiban untuk melindungi Segenap Bangsa Dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia bukan hanya tugas pemerintah saja.

Perlu adanya peran serta masyarakat selaku warga negara untuk turut dalam segala usaha – usaha bela negara dengan mencintai tanah air yang telah melahirkan dan melindungi kita sejak dalam kandungan.

Memajukan Kesejahteraan Umum

Tujuan negara Republik Indonesia yang kedua yakni terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan pembukaan UUD 1945 pada alinea empat yang berbunyi, ‘memajukan kesejahteraan umum’. Parameter tujuan ini memiliki 3 unsur yang menjadi syarat paling minimal serta subjektif. Bila ketiga unsur ini terpenuhi, maka bisa dikatakan masyarakat sejahtera.

Ketiga unsur ini berupa sandang (pakaian), pangan (makan) dan papan (tempat tinggal). Kesejahteraan umum tidak hanya mencakup tentang ekonomi dan materi saja. Kesejahteraan lahir dan batin juga perlu diperhatikan. Kesejahteraan ini misalnya seperti gotong royong, saling menghormati, terciptanya rasa aman serta menghargai hak dan kewajiban masing-maing individu. Selain itu juga masyarakat yang makmur, adil serta setara.

Hal-hal yang bisa dilakukan yakni dengan terus berupaya bersaing dalam perekonomian nasional dan internasional. Seperti yang diketahui, Indonesia saat ini telah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sehingga Indonesia serta warga negaranya harus siap untuk bersaing.

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Selain memberikan perlindungan kepada seluruh warganya dan memajukan kesejahteraan umum, tujuan lain Negara Indonesia Yang Tercantum Dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 adalah mencerdaskan kehidupan masyarakatnya.

Jadi Kecerdasan masyarakan merupakan salah satu kewajiban pemerintah dan menjadi hak seluruh warga negara, tanpa adanya pengingkaran hak dan kewajiban maka tujuan ini akan lebih cepat tercapai.

Sebenarnya pemerintah sejak presiden Soekarno – Hatta membacakan teks proklamasi dan Indonesia resmi menjadi negara yang berdaulat sudah banyak usaha dan program yang dilaksanakan agar setiap warga negara mengenyam pendidikan yang layak dimulai program wajib belajar 6 dan 9 tahun hingga program BOS, dimana semua itu bertujuan agar masyarakat mendapatkan pendidikan yang layak dengan lebih mudah.

Dengan tingkat pendidikan yang layak maka secara tidak langsung juga akan membuat masyarakat lebih cerdas, Dan ketika masyarakat telah cerdas maka akan lebih mudah mencapai tujuan dibentuknya negara ini lebih mudah.

Turut Menjaga Ketertiban Dunia

Tujuan terakhir dibentuknya negara Indonesia Sesuai Yang Tercantum Dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 adalah turut menjaga ketertiban dunia. sehingga dari tujuan itu timbullah Doktrin Sistem pertahanan negara Defensif / Bebas Aktif.

Defensif aktif berarti bahwa Indonesia tidak akan menyerang terlebih dahulu dan lebih cenderung bertahan, namun tetap akan mengikuti program PBB dalam turut serta menjaga perdamaian dunia dengan turut menjadi bagian dari pasukan perdamaian Dunia.

Dengan Tujuan turut serta menjaga ketertiban dunia ini, Indonesia berharap dapat menjaga agar bangsa ini tetap menjadi negara yang netral dan tidak berpihak pada siapapun.

Tujuan negara dalam menjaga ketertiban dunia juga diharapkan agar Indonesia mendapat dukungan dan terjalinnya hubungan erat dengan negara lain, sehingga secara langsung juga akan menjaga perdamaian di negeri sendiri INDONESIA.

Akhir kata

Nah saat ini sudah tahu kan 4 Tujuan Negara Indonesia Yang Tercantum Dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea 4, Untuk itu kita juga seharusnya turut serta dalam mendukung pemerintahan yang resmi selaku pihak yang diberikan amanah dalam mengatur negara ini.

Terima kasih telah mampir di Blog Militer Indonesia  dan ikuti terus artikel dan pembahasan lainnya si blog ini. semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!