Urutan Pangkat TNI AD, Prada Hingga Jenderal

2
1320
urutan pangkat tni ad

Blog Militer – Hai gaess sebagai Warga negara Indonesia tentunya kita tak asing lagi dengan TNI AD.

TNI AD atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat merupakan bagian TNI. Yang menjalankan tugas TNI di darat, TNI AD merupakan Matra dengan jumlah Prajurit paling banyak diantara matra lainnya dengan jumlah Kurang lebih 268.000an Prajurit.

urutan-pangkat-tni-ad

TNI AD dipimpin oleh seorang Kepala Staf atau KSAD. Dimana saat tulisan ini dibuat dijabat oleh jenderal TNI Andika Perkasa, di dalam tubuh TNI AD terdapat beberapa Kotama yaitu 15 Kodam, Kopassus dan Kostrad.

Selain mempunyai Satuan – satuan tempur, TNI AD juga mempunyai satuan – satuan kewilayahan dengan tugas membina wilayah terirorial guna menjadi Ruang, Alat, Kondisi ( RAK ) Juang yang tangguh dalam menghadapi AGHT ( Ancaman,Gangguan,Halangan dan Tantangan ) yang datang dari dalam dan luar negeri.

URUTAN PANGKAT TNI AD

Kali ini akan kita bahas secara lengkap urutan pangkat TNI AD dari terendah sampai tertinggi. Yaitu seorang prajurit Dua hingga Prajurit dengan pangkat bintang 4 yaitu Jenderal.

urutan-pangkat-tamtama-TNI-AD
Prajurit TNI AD sebagai Garda terdepan penjaga kedaulatan negara

1. Golongan Pangkat TNI AD Tamtama

Ya … Urutan pangkat TNI AD pertama adalah Golongan Pangkat Tamtama. Yaitu Golongan kepangkatan yang bertugas sebagai pelaksana dilapangan dan menjadi tulang punggung terdepan dalam pertempuran.

Seorang Prajurit karir dengan pangkat awal Prada. Atau Prajurit 2 biasanya akan ditempatkan dengan jabatan sebagai penembak senapan dalam susunan sebuah regu senapan.

Seseorang dapat menjadi prajurit dengan pangkat TNI AD Tamtama setelah menjalani pendidikan Secata ( sekolah calon tamtama ). Pendidikan dilalui di Rindam masing – masing dengan lama pendidikan kuarang lebih enam bulan dan dilanjutkan pendidikan kecabangan selama kurang lebih 3 bulan.

Namun jangan gundah, TNI Khususnya TNI AD membuka karir sebesar – besarnya untuk Prajuritnya. Setelah Memenuhi persyratan masa dinas maka setipa prajutit golongan tamtama mempunyai hak untuk alih golongan ke Bintara maupun Perwira.

Urutan Pangkat TNI AD Tamtama adalah :

  1. Prajurit Dua atau Prada;
  2. Prajurit Satu atau Pratu;
  3. Prajurit Kepala atau Praka;
  4. Kopral Dua atay Kopda;
  5. Kopral Satu atau Koptu;dan
  6. Kopral Kepala atau Kopka.
urutan pangkat bintara tni ad
Pelantikan Bintara TNI AD (sumber: nusabali.com )

2. Golongan Pangkat TNI AD Bintara

Golongan Kedua sesuai urutan pangkat di TNI AD adalah golongan Pangkat Bintara. Yaitu Golongan setingkat lebih tinggi dari Tamtama dan setingkat lebih rendah daripada Perwira.

Untuk menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Serda. Seseorang harus melewati pendidikan Secaba ( sekolah calon bintara ) selama 7 Bulan yang dilanjutkan pendidikan kecabangan selama 3 bulan.

Di Satuan tempur seorang Bintara menjabat sebagai Komandan Regu yang memimpin 10 orang Penembak senapan dengan pangkat Tamtama.

Urutan Pangkat TNI AD Bintara adalah :

  1. Sersan Dua atau Serda;
  2. Sersan Satu atau Sertu;
  3. Sersan Kepala atau Serma;
  4. Sersan mayor atau Serma;
  5. Pembantu Letnan Dua atau Pelda;dan
  6. Pembantu Letnan Satu atau Peltu.

urutan-pangkat-perwira-pertama-TNI-AD
lulusan Akmil dengan pangkat Letnan Dua ( sumber : tribunnews )

3. Golongan Pangkat Perwira Pertama TNI AD

Golongan ketiga sesuai kepangkatan dalam TNI AD adalah Perwira Pertama, Untuk menjadi seorang Perwira pertama dengan pangkat Letda ada beberapa cara yang dapat di tempuh.

Yang pertama yaitu dengan mengikuti pendidkan Akademi Militer ( Akmil ), Pendidikan AKmil dilaksanakan selama 4 Tahun di magelang Jawa tengah yang biasa dikenal lembah Tidar.

Pendidikan Akmil disetarakan dengan Diploma 4 sehingga lulusan Akmil selain berhak menyandang pangkat Letda juga berhak meyandang gelar Sarjana Sains terapan pertahanan atau S.S.T., Han.

Cara kedua menyandang pangkat Letda adalah melalu jalur Sepa PK ( Sekolah Perwira Prajurit Karir ), Sepa PK merupakan sekolah calon perwira untuk lulusan Sarjana.

Dengan mengikuti pendidikan selama 7 Bulan di Resimen Candradimuka Akademi TNI yang hingga saat ini pendidikan juga dilaksanakan di Kompleks Akmil Magelang.

Cara ketiga untuk dapat menyandang pangkat Perwira pertama Letda adalah dengan sekolah Secapa ( sekolah Calon perwira ), sekolah ini khusus bagi seorang bintara yang ingin alih golongan menjadi perwira dengan syarat telah mencukupi masa dinasnya dan tidak mempunyai catatan pelanggaran serius. Secapa dilaksanakan pendidikan kurang lebih 7 bulan di Bumi Panorama Bandung.

Seorang Prajurit dengan pangkat Letnan Dua akan menjabat sebagai Komandan Peleton dengan Jumlah Anggota sebanyak 36 baik Bintara mamupun Tamtama.

Urutan pangkat Perwira Pertama adalah :

  1. Letnan Dua atau Letda;
  2. Letnan Satu atau Lettu;dan
  3. Kapten.
urutan-pangkat-pamen-tni-ad
Mayor (purn) Agus Yudhoyono saat menjadi seorang Pamen TNI (sumber :merahputih.com )

4. Golongan Pangkat Perwira Menengah TNI AD

Golongan Kepangkatan berikutnya adalah Perwira Menengah, Untuk menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Perwira menengah harus melewati golongan Perwira pertama serta lulus sekolah alih golongan dari Pama Ke Pamen yang disebut Diklapa 2 atau Selapa.

Pangkat Perwira menengah atau pamen berhak menyandang tanda pangkat berupa bunga Mawar , terhitung mulai mawar satu hingga mawar tiga.

Golongan Kepangkatan Perwira Menengah TNI AD adalah :

  1. Mayor;
  2. Letnan Kolonel atau Letkol;dan
  3. Kolonel.
urutan-pangkat-pati-TNI-AD
Kasad merupakan Prajurit TNI AD dengan Pangkat tertinggi jenderal TNI ( sumber : klikwarta.com )

5. Golongan Pangkat Perwira Tinggi TNI AD

Urutan pangkat berikutnya di TNI AD adalah Perwira Tinggi, Yaitu golongan kepangkatan tertinggi di TNI AD yang berhak menggunakan tanda Pangkat mulai dari Bintang satu hingga Bintang empat.

Golongan pangkat Perwira tinggi adalah impian semua Prajurit, sayang tidak semua Prajurit dapat menyandang pangkat Perwira tinggi bahkan untuk prajurit lulusan Akmil atau Sepa PK sekalipun.

Seorang Perwira tinggi telah teruji di semua jabatan dan penugasan, sehingga orang – orang yang berhak menyangdang pangkat jenderal ini hanyalah orang orang terpilih.

Golongan Pangkat Perwira Tinggi TNI AD adalah :

  1. Brigader Jenderal;
  2. Mayor Jenderal;
  3. Letnan Jenderal;dan
  4. Jenderal.

Sebenarnya masih ada pangkat Prajurit diatas seorang Jenderal yaitu Jenderal besar, namun pangkat tersebut merupakan penghargaan atas jasa jasa luar biasa yang telah dilakukan demi TNI dan Negara yaitu Jenderal Besar dengan Tanda Pangkat 5 Bintang.

Demikianlah kawan – kawan urutan Pangkat TNI AD, semoga bermanfaat dan dapat membantu adek – adek menentukan golongan kepangkatan yang tepat saat mendaftar TNI AD.

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Sumber : Website Resmi TNI

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan