Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Urutan Pangkat TNI AD, Dari Terendah sampai Tertinggi (Prada – Jenderal)

6 min read

urutan pangkat tni ad

Hai gaess sebagai Warga negara Indonesia tentunya kita tak asing lagi dengan TNI AD. Tapi tahukah Kalian Urutan pangkat TNI AD dari yang terendah sampai tertinggi ? atau Berapa Jumlah Gaji TNI ?

Baca Juga:

TNI AD atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat merupakan bagian TNI. Yang menjalankan tugas TNI di darat, TNI AD merupakan Matra dengan jumlah Prajurit paling banyak diantara matra lainnya dengan jumlah Kurang lebih 268.000an Prajurit.

urutan-pangkat-tni-ad

TNI AD dipimpin oleh seorang Kepala Staf atau KSAD. Dimana saat tulisan ini dibuat dijabat oleh Jenderal TNI Andika Perkasa, di dalam tubuh TNI AD terdapat beberapa Kotama yaitu 15 Kodam, Kopassus dan Kostrad.

Selain mempunyai Satuan – satuan tempur, TNI AD juga mempunyai satuan – satuan kewilayahan dengan tugas membina wilayah terirorial guna menjadi Ruang, Alat, Kondisi ( RAK ) Juang yang tangguh dalam menghadapi AGHT ( Ancaman, Gangguan, Halangan dan Tantangan ) yang datang dari dalam dan luar negeri.

Urutan Pangkat TNI AD Dari Terendah Sampai Tertinggi

Kali ini akan kita bahas secara lengkap Urutan Pangkat TNI AD dari Terendah Sampai Tertinggi. Yaitu diawali seorang prajurit Dua ( Prada ) hingga Prajurit dengan pangkat bintang 4 yaitu Jenderal.

Pangkat-tamtama-TNI-AD
Prajurit TNI AD sebagai Garda terdepan penjaga kedaulatan negara

1. Pangkat Tamtama TNI AD

Ya … Urutan pangkat TNI AD pertama adalah Golongan Pangkat TNI AD Tamtama. Yaitu Golongan kepangkatan yang bertugas sebagai pelaksana dilapangan dan menjadi tulang punggung terdepan dalam pertempuran.

Seorang Prajurit karir dengan pangkat awal Prada. Atau Prajurit 2 biasanya akan ditempatkan dengan jabatan sebagai penembak senapan dalam susunan sebuah regu senapan.

Baca Juga : Urutan Pangkat TNI AL

Seseorang dapat menjadi prajurit dengan pangkat TNI AD Tamtama setelah menjalani pendidikan Secata ( sekolah calon tamtama ). Pendidikan dilalui di Rindam masing – masing dengan lama pendidikan kuarang lebih enam bulan dan dilanjutkan pendidikan kecabangan selama kurang lebih 3 bulan.

Namun jangan gundah, TNI Khususnya TNI AD membuka karir sebesar – besarnya untuk Prajuritnya. Setelah Memenuhi persyaratan masa dinas maka setiap prajutit golongan tamtama mempunyai hak untuk alih golongan ke Bintara maupun Perwira.

Urutan Pangkat Tamtama TNI AD adalah :

  1. Prajurit Dua atau Prada;
  2. Prajurit Satu atau Pratu;
  3. Prajurit Kepala atau Praka;
  4. Kopral Dua atay Kopda;
  5. Kopral Satu atau Koptu;dan
  6. Kopral Kepala atau Kopka.
Urutan-Pangkat-TNI-AD-Dari Terendah-Sampai-Tertinggi
Pelantikan Bintara TNI AD (sumber: nusabali.com )

2. Pangkat Bintara TNI AD

Golongan Kedua sesuai urutan pangkat di TNI AD adalah golongan Pangkat Bintara. Yaitu Golongan setingkat lebih tinggi dari Tamtama dan setingkat lebih rendah daripada Perwira.

Untuk menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Serda. Seseorang harus melewati pendidikan Secaba ( sekolah calon bintara ) selama 7 Bulan yang dilanjutkan pendidikan kecabangan selama 3 bulan.

Di Satuan tempur seorang Bintara menjabat sebagai Komandan Regu yang memimpin 10 orang Penembak senapan dengan pangkat Tamtama.

Urutan Pangkat Bintara TNI AD adalah :

  1. Sersan Dua atau Serda;
  2. Sersan Satu atau Sertu;
  3. Sersan Kepala atau Serma;
  4. Sersan mayor atau Serma;
  5. Pembantu Letnan Dua atau Pelda;dan
  6. Pembantu Letnan Satu atau Peltu.
urutan-pangkat-perwira-pertama-TNI-AD
lulusan Akmil dengan pangkat Letnan Dua ( sumber : tribunnews )

3. Pangkat Perwira Pertama ( PAMA ) TNI AD

Golongan ketiga sesuai kepangkatan dalam TNI AD adalah Perwira Pertama, Untuk menjadi seorang Perwira pertama dengan pangkat Letda ada beberapa cara yang dapat di tempuh.

Yang pertama yaitu dengan mengikuti pendidkan Akademi Militer ( Akmil ), Pendidikan AKMIL yang dilaksanakan selama 4 Tahun di magelang Jawa Tengah yang biasa dikenal dengan nama Lembah Tidar.

Pendidikan Akmil disetarakan dengan Diploma 4 sehingga lulusan Akmil selain berhak menyandang pangkat Letda juga berhak meyandang gelar Sarjana Sains Terapan Pertahanan atau S.S.T., Han.

Artikel Menarik : Gaji TNI

Cara kedua menyandang pangkat Letda adalah melalu jalur Sepa PK ( Sekolah Perwira Prajurit Karir ), Sepa PK merupakan sekolah calon perwira untuk lulusan Sarjana.

Dengan mengikuti pendidikan selama 7 Bulan di Resimen Candradimuka Akademi TNI yang hingga saat ini pendidikan juga dilaksanakan di Kompleks Akmil Magelang.

Cara ketiga untuk dapat menyandang Pangkat Perwira TNI AD Letda adalah dengan sekolah Secapa ( sekolah Calon perwira ), sekolah ini khusus bagi seorang bintara yang ingin alih golongan menjadi perwira dengan syarat telah mencukupi masa dinasnya dan tidak mempunyai catatan pelanggaran serius. Secapa dilaksanakan pendidikan kurang lebih 7 bulan di Bumi Panorama Bandung.

Seorang Prajurit dengan pangkat Letnan Dua akan menjabat sebagai Komandan Peleton dengan Jumlah Anggota sebanyak 36 baik Bintara mamupun Tamtama.

Urutan pangkat Perwira Pertama TNI AD adalah :

  1. Letnan Dua atau Letda;
  2. Letnan Satu atau Lettu;dan
  3. Kapten.
urutan-pangkat-pamen-tni-ad
Mayor (purn) Agus Yudhoyono saat menjadi seorang Pamen TNI (sumber : merahputih.com )

4. Pangkat Perwira Menengah ( PAMEN ) TNI AD

Golongan Kepangkatan berikutnya adalah Perwira Menengah, Untuk menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Perwira menengah harus melewati golongan Perwira pertama serta lulus sekolah alih golongan dari Pama Ke Pamen yang disebut Diklapa 2 atau Selapa.

Pangkat Perwira menengah atau pamen berhak menyandang tanda pangkat berupa bunga Mawar , terhitung mulai mawar satu hingga mawar tiga.

Golongan Kepangkatan Perwira Menengah TNI AD adalah :

  1. Mayor;
  2. Letnan Kolonel atau Letkol;dan
  3. Kolonel.
urutan-pangkat-pati-TNI-AD
Kasad merupakan Prajurit TNI AD dengan Pangkat tertinggi jenderal TNI ( sumber : klikwarta.com )

5. Pangkat Perwira Tinggi ( PATI ) TNI AD

Urutan pangkat berikutnya di TNI AD adalah Perwira Tinggi, Yaitu golongan kepangkatan tertinggi di TNI AD yang berhak menggunakan tanda Pangkat mulai dari Bintang satu hingga Bintang empat.

Golongan pangkat Perwira tinggi adalah impian semua Prajurit, sayang tidak semua Prajurit dapat menyandang pangkat Perwira tinggi bahkan untuk prajurit lulusan Akmil atau Sepa PK sekalipun.

Seorang Perwira tinggi telah teruji di semua jabatan dan penugasan, sehingga orang – orang yang berhak menyandang pangkat jenderal ini hanyalah orang orang terpilih.

Golongan Pangkat Perwira Tinggi TNI AD adalah :

  1. Brigader Jenderal;
  2. Mayor Jenderal;
  3. Letnan Jenderal;dan
  4. Jenderal.

Sebenarnya masih ada pangkat Prajurit diatas seorang Jenderal yaitu Jenderal besar, namun pangkat tersebut merupakan penghargaan atas jasa jasa luar biasa yang telah dilakukan demi TNI dan Negara yaitu Jenderal Besar dengan Tanda Pangkat 5 Bintang dimana dalam sejarah TNI baru ada 3 Orang Yaitu Jenderal Besar TNI Soedirman, A.H. Nasution dan Soeharto.

Cara Naik Pangkat TNI

Sekarang kita telah tahu Urutan Pangkat TNI AD Dari Terendah Sampai Tertinggi, Namun Tahukah Kamu bagaimana peraturan dan cara naik pangkat TNI yang berlaku saat ini ?

Cara Naik pangkat TNI harus memenuhi beberapa syarat yaitu yang pertama adalah memenuhi masa dinas seperti yang telah diatur ( Kurang lebih 4 – 5 tahun ), syarat kedua adalah sedang tidak dalam proses hukum baik hukum disiplin , pidana maupun perdata.

Cara naik pangkat selanjutnya juga harus mempunyai fisik yang samapta, jadi ketika naik pangkat akan ada tes Samapta yang dipersyaratkan sebagai kelengkapan naik pangkat.

Demikian Syarat untuk naik pangkat TNI khususnya TNI AD untuk kenaikan reguler, ada juga kenaikan pangkat secara Golongan contoh cara naik pangkat dari Pangkat Tamtama TNI ke Bintara atau dari pangkat bintara ke pangkat perwira pertama.

urutan-pangkat-TNI

Khusus untuk kenaikan pangkat antar golongan maka ada syarat lain yang harus dipenuhi yaitu lulus dalam sekolah alih golongan, untuk pangkat Tamtama ke Bintara harus melalui pendidikan yang dinamakan Secabareg yang pendidikannya dilakukan oleh Rindam masing – Masing.

Untuk kenaikan pangkat dari Bintara ke Perwira pertama harus melalui pendidikan yang dinamakan Secapareg yang dilaksanakan di Bumi Panorama Bandung untuk TNI AD.

Cara naik pangkat dari perwira pertama ke perwira menengah pun serupa yaitu harus lulus dalam sekolah yang dinamakan Selapa atau Diklapa yang merupakan singkatan dari sekolah / pendidikan lanutan perwira.

Tenang belum berakhir disini cara naik pangkat dalam TNI, dimana dalam jabatan pamen juga masih ada sekolah yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat yaitu ada Seskoad atau Sekolah Komando dan Staf Angkatan Darat, Sesko TNI hingga Lemhanas.

Akhir Kata

Demikianlah kawan – kawan Urutan Pangkat TNI AD dari terendah sampai tertinggi, beserta cara naik pangkat TNI. Semoga bermanfaat dan dapat membantu adek – adek menentukan golongan kepangkatan yang tepat saat mendaftar TNI AD.

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Sumber : Website Resmi TNI

mesothelioma claims process motorcycle personal injury lawyer motorcycle accident attorney san diego truck accident attorney san antonio dallas truck accident lawyer mesothelioma lawyer directory injury atty colorado springs car accident attorney sokolove law mesothelioma auto accident lawyers in houston tx best mesothelioma law firms mesothelioma attorney houston motorcycle accident attorney orange county how to sell structured settlement california motorcycle accident lawyer mesothelioma financial help motorcycle injury attorney mesothelioma veterans mesothelioma help fort lauderdale accident attorney motorcycle accident lawyer los angeles austin texas personal injury attorney pleural mesothelioma stages lawyers for car accident mesothelioma settlement fund auto accident attorney colorado springs accident attorneys motorcycle accident attorney near me mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit mesothelioma claims time limit personal injury attorney broward county car accident lawyer near me car accident lawyer fort lauderdale motorcycle accident lawyer san diego austin dui lawyer mesothelioma attorney california truck accident lawyer chicago car accident lawyer moreno valley boise accident lawyers louisville accident attorney car accident lawyers west palm beach tennessee mesothelioma lawyer diagnosed with mesothelioma mesothelioma compensation accident attorney riverside ft lauderdale car accident lawyer auto accident attorney san antoniomotorcycle lawyer los angeles colorado springs personal injury attorney personal injury lawyer should i get an attorney after a car accident top mesothelioma law firm car accident lawyer augusta attorney lawyer mesothelioma accident attorney rancho cucamonga car accident lawyer joliet il ar accident lawyer ny car accident lawyer in phoenix personal injury attorney fort myers personal injury lawyer kentucky structured settlement companies lawyers for asbestos cases phoenix wrongful death lawyer sell annuity payments personal injury attorney inland empire educatial leadership doctoral programs online rutgers mini mba digital marketing reviews term life insurance quotes online best asbestos lawyers asbestos exposure attorneys life insurance quotes car donation nj donate your car bay area amvets car donation donate car nj tax deduction auto insurance companies term life insurance quotes donate car to charity california life insurance over best car donation program digital marketing certificate programs online auto insurance troy mi auto insurance michigan instant life insurance quotes bitcoin merchant account Donate Car For Tax Credit best place to donate a car term life insurance car insurance companies how to get pre approved mortgage refinance loan alliant merchant services kredit 1 hosting web daftar domain cloud server gratis reseller domain murah cloud hosting indonesia terbaik cloud hosting terbaik di indonesia internet marketing email hosting unlimited advokat dedicated server murah hostinger review wordpress hosting indonesia harga sewa cloud server promo hosting indonesia kegunaan internet virtual private server indonesia allianz indonesia travel insurance sewa cloud server web hosting gratis cloud server indonesia web hosting adalah freenom domain gratis hosting terbaik untuk wordpress vps linux murah dedicated server indonesia murah domain dan hosting adalah web hosting terbaik di indonesia web hosting indonesia terbaik cloudindonesia webhost indonesia cara hosting web buatan sendiri hosting terbaik indonesia cloud hosting murah kecelakaan semarang hari ini hosting dan domain kecelakaan pesawat lion air ppc terbaik selain google adsense domain gratis selain freenom situs iklan gratis terlaris laporan keuangan perusahaan tbk hosting gratis dedicated server indonesia cloud hosting indonesia promo web vps windows indonesia hosting murah gratis domain hosting murah unlimited premi asuransi mobil cara membuat domain dan hosting gratis jasa pembuatan website jakarta jasa pembuatan website profesional kursus seo subdomain gratis keyword cpc tinggi 2018 domain gratis kecelakaan hari ini di semarang jasa pembuatan website bekasi jasa pembuatan website hosting gratis unlimited penyedia domain gratis hosting termurah iklan mahal admob jasa seo jakarta alternatif adsense pasang iklan teratas cpanel gratis unlimited hosting gratis indonesia
Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!