Urutan Pangkat TNI AL, Kelasi Hingga Laksamana

0
431
urutan-pangkat-tni-al

Urutan Pangkat TNI AL – Hai sahabat penghobby Militer, pada artikel sebelumnya kita telah membahas urutan pangkat TNI AD, kali ini kita akan membahas tentang urutan pangkat TNI Lainnya yaitu TNI angkatan laut.

Tahukah kalian bahwa kepangkatan dalam TNI serupa tapi tak sama ? yup ada beberapa penyebutan kepangkatan yang berbeda antara TNI AD, TNI Al dan TNI AU. Selengkapnya Yuk ikuti pembahasan tentang urutan pangkat TNI AL dan penyebutannya hingga habis ya.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan laut merupakan bagian dari TNI yang menjalankan tugas pokoknya di wilayah lautan, Walaupun demikian TNI AL juga mempunyai pasukan yang bertugas bertempur baik Darat maupun Laut yang biasa kita kenal dengan Corps Marinir.

Jumlah Prajurit TNI hingga saat ini kurang lebih 68.180 orang, yang terbagi menjadi beberapa golongan. yaitu Perwira tinggi, Perira menengah, perwira pertama dan Bintara serta Tamtama.

Armada TNI AL terbagi menjadi 2 Komando yaitu Koarmada Barat yang berpusat di Jakarta dan Koarmatim yang berkantor pusat di Surabaya jawa Timur. Dimana Masing Masing Koarmada dipimpin oleh Jenderal Bintang dua atau Laksamana Muda.

Serupa dengan TNI AD, bahwa saat ini TNI AL juga tengah mengadakan perbaikan guna mencapai MEF ( Minnimum Essential Force ) atau kekuatan Pokok Minimum dalam mempertahankan kedaulatan negara.

urutan-pangkat-tni-al

Urutan Pangkat Pangkat TNI AL

Langsung aja yuk kita bahas tuntas tentang golongan kepangkatan di TNI AL. Sekaligus juga ulasan singkat tugas – tugas secara umum sesuai golongan kepangkatan tersebut

1. Golongan Pangkat Tamtama TNI AL.

Urutan pangkat TNI AL yang pertama adalah golongan Tamtama. Sedikit berbeda dengan TNI AD, dimana Tamtama TNI AD merupakan pemukul dan pelaksana terdepan di medan pertempuran.

Prajurit Tamtama TNI AL nerupakan yang terdepan sebagai awak yang dimiliki TNI AL baik Kapal Selam, Kapal Perang maupun kapal laut angkut personel. ( Kecuali Corps Marinir dimana tugas Tamtama marinir sama dengan satuan tempur di TNI AD )

Namun di TNI AL juga ada perbedaan penyebutan pangkat antara Golongan Tamtama yang bertugas sebagai Awak Kapal dengan tamtama yang bertugas di medan tempur sebagai Marinir.

Urutan Pangkat Tamtama TNI AL :

  1. Kelasi Dua ( Marinir : Prajurit Dua );
  2. Kelasi Satu ( Marinir : Prajurit Satu );
  3. Kelasi Kepala ( Marinir : Prajurit Kepala);
  4. Kopral Dua;
  5. Kopral Satu;dan
  6. Kopral Kepala.

2. Golongan Pangkat Bintara TNI AL.

Golongan kedua pangkat TNI AL adalah Golongan kepangkatan Bintara, Golongan kepangkatan ini sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengan golongan kepangkatan yang ada di TNI AD maupun TNI AU.

Dimana golongan kepangkatan Bintara TNI AL juga merupakan pimpinan lapangan yang bertugas mengatur kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan oleh prajurit golongan Tamtama.

Bisa dikatan bahwa Golongan kepangkatan Bintara merupakan pimpinan terendah di Organisasi TNI AL.

Urutan Pangkat Bintara TNI AL :

  1. Sersan Dua atau Serda;
  2. Sersan Satu atau Sertu;
  3. Sersan Kepala atau Serma;
  4. Sersan mayor atau Serma;
  5. Pembantu Letnan Dua atau Pelda;dan
  6. Pembantu Letnan Satu atau Peltu.

2. Golongan Pangkat Perwira Pertama TNI AL

Urutan Pangkat TNI AL selanjutnya adalah Perwira pertama. Dimana dalam sebuah kapal milik TNI AL baik Kapal perang maupun kapal jenis lainnya seorang perwira pertama mempunyai tugas sebagai perwira kapal yang biasa disebut mualim kapal untuk yang bercorps pelaut.

Sedangkan untuk perwira Corps tehnik mak akan menjadi perwira departemen mesin seperti Enginer. Berikut urutan pangkat Perwira pertama TNI AL :

  1. Letnan Dua;
  2. Letnan Satu;dan
  3. Kapten.

3. Golongan Pangkat Perwira Menengah TNI AL

Perwira Menengah TNI AL merupakan golongan kepangkatan setingkat lebih tinggi dari perwira pertama dan satu tingkat lebih rendah dari perwira tinggi.

Dalam golongan kepangkatan ini seorang Pamen Corp pelaut di sebuat kapal mendapat kepercayaan sebagai Nahkoda atau yang biasa disebut dalam istilah TNI adalah Komandan Kapal, sedangkan untuk pamen corps tehnik akan menjabat sebagai KKM atau kepala kamar mesin .

Tentunya jabatan ini disesuaikan dengan tingkat kapal dan tingkat kepangkatan yang sesuai. Berikut urutan pangkat Perwira Menengah TNI AL :

  1. Mayor;
  2. Letnan Kolonel;dan
  3. Kolonel.

3. Golongan Pangkat Perwira Tinggi TNI AL.

Urutan pangkat TNI AL yang terakhir adalah Golongan kepangkatan Perwira tinggi. Serupa dengan TNI AD dan TNI AU para perwira tinggi berhak menyandang pangkat dengan tanda bintang di pundaknya.

Perwira tinggi merupakan golongan kepangkatan yang menjadi idaman semua prajurit, hal ini karena Perwira tinggi merupakan golongan pangkat tertinggi di TNI.

Seorang perwira tinggi TNI khususnya TNI AL akan menjabat sebuah jabatan yang sangat strategis dan bukan hanya TNI namun juga strategis bagi kedaulatan negara.

Sama dengan golongan pangkat lainnya dalam golongan kepangkatan Perwira tinggi TNI AL ada penyebutan yang berbeda antara Corps Pelaut, tehnik, Administrasi dengan Pasukan tempurnya yaitu Corps Marinir. Dimana penyebutan pangkat perwira tinggi Marinir sama halnya dengan penyebutan perwira tinggi TNI AD.

Urutan Pangkat Perwita Tinggi TNI AL :

  1. Laksamana Pertama ( Marinir : Brigadir jenderal );
  2. Laksamana Muda ( Marinir : Mayor jenderal );
  3. Laksamana Madya ( Marinir : Letnan Jenderal);dan
  4. Laksamana ( Jenderal ).

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang urutan dan golongan kepangkatan TNI AL, semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambah pengetahuan kita tentang kemiliteran. Dan kita tetap berdoa agar TNI semakin kuat dan dapat menjaga kedaulatan NKRI hingga titik darah penghabisan.

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Tinggalkan Balasan