Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Urutan Pangkat TNI AU Dari Terendah Sampai Tertinggi

4 min read

Urutan Pangkat TNI AU Dari Terendah Sampai Tertinggi Dan Gajinya

Halo semuanya, bertemu kembali dengan saya Cak Acuk selaku mimin Blog Militer Indonesia terbaru, kali ini kita akan mendiskusikan tentang Urutan Pangkat TNI AU Dari Terendah Sampai Tertinggi Dan Gajinya, ada yang udah tahu ? Yuk kita bahas bersama !!

Baca Juga:

TNI AU atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara merupakan bagian TNI selaku Angkatan Perang NKRI.

Dimana TNI AU mempunyai Tugas Pokok untuk menegakkan Kedaulatan NKRI, menjaga keutuhan Wilayah dan melindungi segenap tumpah darah khususnya wilayah Udara Indonesia.

Baca Juga:

Secara Umum TNI AU berada di bawah Pimpinan Panglima TNI, Namun secara Matra, TNI AU dipimpin oleh seorang KSAU dengan pangkat Maresekal.

Selain mempunyai Alusista canggih seperti Pesawat Tempur Terbaik , TNI AU juga mempunyai pasukan tempur Elit Paskhas atau Pasukan Khas guna mendukung tugas pokok TNI AU.

Urutan Pangkat TNI AU Dari Terendah Sampai Tertinggi

Edisi yang Lalu kita telah membahas Urutan Pangkat TNI AD dan Urutan Pangkat TNI AL, Kali ini akan kita bahas secara lengkap Urutan Pangkat TNI AU Dan Gajinya. Yaitu Pangkat tertinggi marsekal hingga terendah Prajurit Dua.

Pangkat Pati TNI AU dan gaji
sumber : wikipedia Urutan Pangkat TNI AU

1. Pangkat Perwira Tinggi ( PATI ) TNI AU

Urutan Teratas di TNI AU adalah Perwira Tinggi, Yaitu golongan kepangkatan tertinggi yang berhak menggunakan tanda pangkat Bintang di pundak.

Golongan pangkat Perwira tinggi adalah impian semua Prajurit, sayang tidak semua Prajurit dapat menyandang pangkat Perwira tinggi bahkan untuk prajurit lulusan Akademi Angkatan Udara atau Sepa PK sekalipun.

Seorang Perwira tinggi telah teruji di semua jabatan dan penugasan, sehingga orang – orang yang berhak menyandang tanda pangkat bintang ini merupakan orang orang terpilih.

Pangkat Perwira Tinggi TNI AU Dan gaji :

  1. Marsekal Pertama : 3.290.500 s.d. 5.407.400
  2. Marsekal Muda : 3.393.400 s.d. 5.407.400
  3. Marsekal madya : 5.079.300 s.d. 5.750.900
  4. Marsekal : 5.238.200 s.d. 5.930.800

Sebenarnya masih ada pangkat Prajurit TNI AU diatas seorang Marsekal yaitu Marsekal besar, namun pangkat tersebut merupakan penghargaan atas jasa jasa luar biasa yang telah dilakukan demi TNI dan berhak menyandang Tanda Pangkat 5 Bintang.

2. Pangkat Perwira Menengah ( PAMEN ) TNI AU

Golongan Kepangkatan berikutnya adalah Perwira Menengah, Untuk menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Perwira menengah harus melewati golongan Perwira pertama serta lulus sekolah alih golongan dari Pama Ke Pamen yang disebut Diklapa 2 atau Selapa.

Pangkat Perwira menengah atau pamen berhak menyandang tanda pangkat berupa bunga Mawar , terhitung mulai mawar satu hingga mawar tiga.

Perwira Menengah ( Pamen ) TNI AU dan gaji

  1. Mayor : 3.000.100 s.d. 4.930.100
  2. Letnan Kolonel : 3.093.900 s.d. 5.084.300
  3. Kolonel : 3.190.700 s.d. 5.234.400

3. Pangkat Perwira Pertama ( PAMA ) TNI AU

Golongan ketiga sesuai kepangkatan dalam TNI AU adalah Perwira Pertama.

Ada beberapa cara yang dapat kalian tempuh untuk menjadi seorang Pama TNI AU yaitu :

Pertama yaitu dengan mengikuti pendidkan Akademi Angkatan Udara ( AAU ), Pendidikan AAU dilaksanakan selama 4 Tahun di Yogyakarta.

Pendidikan AAU Selain berhak menyandang pangkat Letda juga berhak meyandang gelar Sarjana Sains terapan pertahanan atau S.S.T., Han.

Cara kedua menyandang pangkat Pama TNI AU adalah melalui jalur Sepa PK ( Sekolah Perwira Prajurit Karir ), Sepa PK merupakan sekolah calon perwira untuk lulusan Sarjana.

Dengan mengikuti pendidikan selama 7 Bulan di Resimen Candradimuka Akademi TNI yang hingga saat ini pendidikan juga dilaksanakan di Kompleks Akmil Magelang.

Cara ketiga untuk dapat menyandang Pangkat Perwira TNI AU Letda adalah dengan sekolah Secapa ( sekolah Calon perwira ).

Sekolah ini khusus bagi seorang bintara yang ingin alih golongan menjadi perwira dengan syarat telah mencukupi masa dinasnya dan tidak mempunyai catatan pelanggaran serius. Secapa dilaksanakan pendidikan kurang lebih 7 bulan.

Pangkat Perwira Pertama TNI AU Dan Gaji :

  1. Letnan Dua : 2.735.300 s.d. 4.425.200
  2. Letnan Satu : 2.820.800 s.d. 4.635.600
  3. Kapten : 2.909.100 s.d. 4.780.600

4. Pangkat Bintara TNI AU

Golongan Selanjutnya sesuai urutan pangkat di TNI AU adalah golongan Pangkat Bintara. Yaitu Golongan setingkat lebih tinggi dari Tamtama dan setingkat lebih rendah daripada Perwira Pertama.

Untuk menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Serda. Seseorang harus melewati pendidikan Secaba ( sekolah calon bintara ) selama 7 Bulan yang dilanjutkan pendidikan kecabangan selama 3 bulan.

Di Satuan tempur seorang Bintara menjabat sebagai Komandan Regu yang memimpin 10 orang Penembak senapan dengan pangkat Tamtama.

Pangkat Bintara TNI AU Dan gaji

  1. Sersan Dua : 2.103.700 s.d. 3.457.100
  2. Sersan Satu : 2.169.500 s.d. 3.565.200
  3. Sersan Kepala : 2.237.400 s.d. 3.676.700
  4. Sersan Mayor : 2.307.400 s.d. 3.791.700
  5. Pembantu Letnan Dua : 2.379.500 s.d. 3.910.300
  6. Pembantu Letnan Satu : 2.454.000 s.d. 4.032.600

5. Pangkat Tamtama TNI AU

Ya … Urutan pangkat TNI AU Terakhir adalah Golongan Pangkat TNI AU Tamtama. Yaitu Golongan kepangkatan yang bertugas sebagai pelaksana dilapangan dan menjadi tulang punggung terdepan dalam pertempuran.

Seorang Prajurit karir dengan pangkat awal Prada. Atau Prajurit 2 biasanya akan ditempatkan dengan jabatan sebagai penembak senapan dalam susunan sebuah regu senapan Pasukan Khas / Paskhas.

Seseorang dapat menjadi prajurit dengan pangkat TNI AU Tamtama setelah menjalani pendidikan Secata ( sekolah calon tamtama ). Pendidikan dilalui di lembaga pendidikan masing – masing dengan lama pendidikan kuarang lebih enam bulan dan dilanjutkan pendidikan kecabangan selama kurang lebih 3 bulan.

Namun jangan gundah, TNI Khususnya TNI AU membuka Peluang dalam karir sebesar – besarnya untuk Prajuritnya.

Setelah Memenuhi persyratan masa dinas maka setiap prajurit tamtama mempunyai hak untuk alih golongan ke Bintara maupun Perwira.

Pangkat Tamtama TNI AU Dan Gaji

  1. Prajurit Dua : 1.643.500 s.d. 2.538.100
  2. Prajurit Satu : 1.694.900 s.d. 1.617.500
  3. Prajurit Kepala : 1.747.900 s.d. 2.699.400
  4. Kopral Dua : 1.802.600 s.d. 2.783.900
  5. Kopral Satu : 1.858.900 s.d. 2.870.900
  6. Kopral Kepala : 1.917.100 s.d. 2.960.700

Cara Naik Pangkat TNI

Sekarang kita telah tahu Urutan Pangkat TNI AU Dan gajinya Dari Terendah Sampai Tertinggi, Namun Tahukah Kamu bagaimana peraturan dan cara naik pangkat TNI AU yang berlaku saat ini ?

Cara Naik pangkat TNI harus memenuhi beberapa syarat yaitu yang pertama adalah memenuhi masa dinas seperti yang telah diatur ( Kurang lebih 4 – 5 tahun ), syarat kedua adalah sedang tidak dalam proses hukum baik hukum disiplin , pidana maupun perdata.

Cara naik pangkat selanjutnya juga harus mempunyai fisik yang samapta, jadi ketika naik pangkat akan ada tes Samapta yang dipersyaratkan sebagai kelengkapan naik pangkat.

Demikian Syarat untuk naik pangkat TNI khususnya TNI AU untuk kenaikan reguler, ada juga kenaikan pangkat secara Golongan contoh cara naik pangkat dari Pangkat Tamtama TNI ke Bintara atau dari pangkat bintara ke pangkat perwira pertama.

Khusus untuk kenaikan pangkat antar golongan maka ada syarat lain yang harus dipenuhi yaitu lulus dalam sekolah alih golongan, untuk pangkat Tamtama ke Bintara harus melalui pendidikan yang dinamakan Secabareg yang pendidikannya dilakukan oleh Satuan Pendididkan masing – masing.

Untuk kenaikan pangkat dari Bintara ke Perwira pertama harus melalui pendidikan yang dinamakan Secapareg yang dilaksanakan di Secapa AU.

Baca Juga : Urutan Pangkat TNI AL Dari Terendah Sampai Tertinggi

Cara naik pangkat dari perwira pertama ke perwira menengah pun serupa yaitu harus lulus dalam sekolah yang dinamakan Selapa atau Diklapa yang merupakan singkatan dari sekolah / pendidikan lanutan perwira.

Tenang belum berakhir disini cara naik pangkat dalam TNI, dimana dalam jabatan pamen juga masih ada sekolah yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat yaitu ada Sesko Angkatan atau Sekolah Komando dan Staf Angkatan, Sesko TNI hingga Lemhanas.

Akhir Kata

Demikianlah kawan – kawan Urutan Pangkat TNI AU dan gaji dari terendah sampai tertinggi, beserta cara naik pangkat TNI AU. Semoga bermanfaat dan dapat membantu adek – adek menentukan golongan kepangkatan yang tepat saat mendaftar TNI AU.

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel tentang Urutan Pangkat TNI AU Dari Terendah Sampai Tertinggi Dan Gajinya bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin di acuk37@gmail.com. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!