Urutan Pangkat TNI, Darat/Laut/Udara

0
154
urutan-pangkat-TNI

Urutan Pangkat TNI, Dari Prajurit Hingga Jenderal – Blog Militer,- Hai Sobat, senang bertemu kembali dengan Saya ( Mimin literacy Militer ), Kali ini kita akan membahas salah satu pengetahuan Kemiliteran. Yaitu Khususnya Materi tentang urutan Kepangkatan yang ada dalam Militer Indonesia Dari Paling Rendah Hingga Paling Tinggi.

urutan pangkat TNI

Di Indonesia menjadi seorang TNI merupakan pekerjaan idaman bagi banyak pemuda, Hal ini karena selain tampilan yang gagah menjadi prajurit TNI juga menjajikan pendapatan yang menggiurkan, namun ternyata masih banyak pula yang belum tahu urutan pangkat yang berlaku di tubuh TNI.

Oleh sebab itu Blog Militer akan berbagi pengetahuan dan informasi tentang urutan pangkat TNI, agar adek – adek nggak salah menentukan golongan apa yang akan diikuti dalam rekrutmen TNI, Menarik kan ? untuk itu baca artikel ini hingga tuntas ya, karena mimin akan bongkar habis berikut tugas – tugas sesuai golongan kepangkatannya.

Tugas Pokok, Peran dan Fungsi TNI ( Tentara Nasional Indonesia )

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang urutan pangkat TNI, kita pelajari dulu apa sih TNI ? Tugas Pokok TNI ? Peran TNI ? dan Fungsi TNI sehingga kita lebih faham dan cinta TNI

TNI merupakan Angkatan Perang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mempunyai tugas pokok Menegakkan Kedaulatan Negara, Mempertahankan keutuhan Wilayah dan Melindungi segenap bangsa dan tumpah Darah Indonesia ( Sumber : Website TNI ).

Sejarah Kemerdekaan : Perang Puputan Margarana Bali

Tugas Pokok TNI tersebut dilakukan dengan 2 Macam Operasi yaitu Operasi Militer untuk perang dan Operasi Militer selain perang.

Sedang Peran TNI adalah alat negara di bidang pertahanan yang menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan politik negara ( jadi bukan politik praktis apalagi politik organisasi/individu ya )

lalu apa Fungsi TNI ? sebagai alat negara TNI berfungsi menjadi Komponen Utama dalam menangkal setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. Penindak terhadap setiap bentuk ancaman dan Pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

Urutan Pangkat TNI Berdasarkan Golongan

Menjadi seorang abdi negara seperti TNI memang masih menjadi idola dan harapan bagi hampir setiap pemuda, selain guna membela Bangsa dan negara adanya dana pensiun yang menjamin masa tua menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang ingin menjadi anggota TNI.

Baca Juga : Tabel Gaji TNI

Ada beberapa cara menjadi anggota TNI sesuai dengan golongan pangkat yang diinginkan dimana lama pendidikannya juga berbeda, seperti melalui Akademi Militer, AAL maupun AAU yang didik selama kurang lebih 4 tahun untuk menjadi seorang perwira muda.

Sedang mengikuti pendidikan Secaba PK ( Sekolah Calon Bintara Prajurit Karir ) untuk Golongan Pangkat Bintara serta Secata PK ( sekolah calon tamtama Prajurit karir ) untuk Golongan Pangkat Tamtama.

Dibawah ini Literacy Militer akan ulas urutan kepangkatan Prajurit dalam TNI sesuai dengan Matra Masing – masing, yuk diperhatikan ulasannya ya !!!

Urutan Pangkat TNI AD

TNI AD atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat merupakan bagian TNI yang menjalankan tugas TNI di darat, TNI AD merupakan Matra dengan jumlah Prajurit paling banyak diantara matra lainnya dengan jumlah Kurang lebih 273.693an Prajurit.

TNI AD dipimpin oleh seorang Kepala Staf atau KSAD yang saat tulisan ini dibuat dijabat oleh jenderal TNI Andika Perkasa, di dalam tubuh TNI AD terdapat beberapa Kotama yaitu 15 Kodam, Kopassus dan Kostrad.

Selain mempunyai Satuan – satuan tempur, TNI AD juga mempunyai satuan – satuan kewilayah dengan tugas membina wilayah terirorial guna menjadi Ruang, Alat, Kondisi ( RAK ) Juang yang tangguh dalam menghadapi AGHT ( Ancaman,Gangguan,Halangan dan Tantangan ) yang datang dari dalam dan luar negeri.

1. Golongan Tamtama

Ya … Urutan Pangkat TNI AD yang pertama adalah Tamtama, Yaitu Golongan kepangkatan yang bertugas sebagai pelaksana dilapangan dan menjadi tulang punggung terdepan dalam pertempuran.

Seorang Prajurit karir dengan pangkat awal Prada atau Prajurit 2 biasanya akan ditempatkan dengan jabatan sebagai penembak senapan dalam susunan sebuah regu senapan.

Seseorang dapat menjadi prajurit dengan pangkat Tamtama setelah menjalani pendidikan Secata ( sekolah calon tamtama ) di Rindam masing – masing dengan lama pendidikan kuarang lebih enam bulan dan dilanjutkan pendidikan kecabangan selama kurang lebih 3 bulan.

Namun jangan gundah, TNI Khususnya TNI AD membuka karir sebesar – besarnya untuk Prajuritnya. Setelah Memenuhi persyaratan masa dinas maka setipa prajutit golongan tamtama mempunyai hak untuk alih golongan ke Bintara maupun Perwira.

Golongan Kepangkatan Tamtama adalah :

  1. Prajurit Dua atau Prada;
  2. Prajurit Satu atau Pratu;
  3. Prajurit Kepala atau Praka;
  4. Kopral Dua atay Kopda;
  5. Kopral Satu atau Koptu;dan
  6. Kopral Kepala atau Kopka.

2. Golongan Bintara

Golongan Kedua sesuai urutan pangkat di TNI AD adalah golongan Bintara, Yaitu Golongan setingkat lebih tinggi dari Tamtama dan setingkat lebih rendah daripada Perwira.

Untuk menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Serda, seseorang harus melewati pendidikan Secaba ( sekolah calon bintara ) selama 7 Bulan yang dilanjutkan pendidikan kecabangan selama 3 bulan.

Di Satuan tempur seorang Bintara menjabat sebagai Komandan Regu yang memimpin 10 orang Penembak senapan dengan pangkat Tamtama.

Golongan Kepangkatan Bintara adalah :

  1. Sersan Dua atau Serda;
  2. Sersan Satu atau Sertu;
  3. Sersan Kepala atau Serma;
  4. Sersan mayor atau Serma;
  5. Pembantu Letnan Dua atau Pelda;dan
  6. Pembantu Letnan Satu atau Peltu.

3. Golongan Pangkat Perwira Pertama

Golongan ketiga sesuai kepangkatan dalam TNI AD adalah Perwira Pertama, Untuk menjadi seorang Perwira pertama dengan pangkat Letda ada beberapa cara yang dapat di tempuh.

Yang pertama yaitu dengan mengikuti pendidkan Akademi Militer ( Akmil ), Pendidikan AKmil dilaksanakan selama 4 Tahun di magelang Jawa tengah yang biasa dikenal lembah Tidar. Pendidikan Akmil disetarakan dengan Diploma 4 sehingga lulusan Akmil selain berhak menyandang pangkat Letda juga berhak meyandang gelar Sarjana Sains terapan pertahanan atau S.S.T., Han.

Baca Juga : Sejarah Singkat Perang Padri

Cara kedua menyandang pangkat Letda adalah melalu jalur Sepa PK ( Sekolah Perwira Prajurit Karir ), Sepa PK merupakan sekolah calon perwira untuk lulusan Sarjana. Dengan mengikuti pendidikan selama 7 Bulan di Resimen Candradimuka Akademi TNI yang hingga saat ini pendidikan juga dilaksanakan di Kompleks Akmil Magelang.

Cara ketiga untuk dapat menyandang pangkat Perwira pertama Letda adalah dengan sekolah Secapa ( sekolah Calon perwira ), sekolah ini khusus bagi seorang bintara yang ingin alih golongan menjadi perwira dengan syarat telah mencukupi masa dinasnya dan tidak mempunyai catatan pelanggaran serius. Secapa dilaksanakan pendidikan kurang lebih 7 bulan di Bumi Panorama Bandung.

Seorang Prajurit dengan pangkat Letnan Dua akan menjabat sebagai Komandan Peleton dengan Jumlah Anggota sebanyak 36 baik Bintara mamupun Tamtama.

Golongan pangkat Perwira Pertama adalah :

  1. Letnan Dua atau Letda;
  2. Letnan Satu atau Lettu;dan
  3. Kapten.

4. Golongan Pangkat Perwira Menengah

Golongan Kepangkatan berikutnya adalah Perwira Menengah, Untuk menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Perwira menengah harus melewati golongan Perwira pertama serta lulus sekolah alih golongan dari Pama Ke Pamen yang disebut Diklapa 2 atau Selapa.

Pangkat Perwira menengah atau pamen berhak menyandang tanda pangkat berupa bunga Mawar , terhitung mulai mawar satu hingga mawar tiga.

Golongan Kepangkatan Perwira Menengah adalah :

  1. Mayor;
  2. Letnan Kolonel atau Letkol;dan
  3. Kolonel.

5. Golongan Pangkat Perwira Tinggi

urutan pangkat berikutnya di TNI AD adalah Perwira Tinggi, Yaitu golongan kepangkatan tertinggi di TNI AD yang berhak menggunakan tanda Pangkat mulai dari Bintang satu hingga Bintang empat.

Golongan pangkat Perwira tinggi adalah impian semua Prajurit, sayang tidak semua Prajurit dapat menyandang pangkat Perwira tinggi bahkan untuk prajurit lulusan Akmil atau Sepa PK sekalipun.

Seorang Perwira tinggi telah teruji di semua jabatan dan penugasan, sehingga orang – orang yang berhak menyangdang pangkat jenderal ini hanyalah orang orang terpilih.

Golongan Pangkat Perwira Tinggi adalah :

  1. Brigader Jenderal;
  2. Mayor Jenderal;
  3. Letnan Jenderal;dan
  4. Jenderal.

Sebenarnya masih ada pangkat Prajurit diatas seorang Jenderal yaitu Jenderal besar, namun pangkat tersebut merupakan penghargaan atas jasa jasa luar biasa yang telah dilakukan demi TNI dan Negara yaitu Jenderal Besar dengan Tanda Pangkat 5 Bintang.

/ Hal 2 Urutan Pangkat TNI AL

Tinggalkan Balasan