Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Waiters Adalah ? Pengertian, Tugas Dan Fungsinya !

2 min read

pengertian waiters adalah tugas dan fungsinya

Hai sahabat, ketika kita menginap dihotel semua terasa indah, benar ? tapi tahukah kamu mengapa ? hal ini salah satunya karena ada peran penting waiter, nah pembahsan kali ini kita akan mengulas pengertian waiters adalah , tugas dan fungsinya.

Selama ini kita mengetahui secara kasat mata bahwa waiters adalah pelayan yang mempunyai tugas dalam melayani elanggan atau tamu baik di restaurant atau hotel, Benarkah pengrtian itu ? Kita Simak bersama pembahasan dibawah ini ya.

Pengertian Waiters Adalah

Nah pengertian waiter sendiri mempunyai banyak makna ditinjau dari beberapa ssudut pandang dan istilah, pertama menurut buku pengantar akomodasi dan restoran, waiters adalah Karyawan restoran atau hotel yang mempunyai tugas dan tanggung jawab melayani kebutuhan makanan dan minuman bagi pelanggan redtoran / hotel secara profesional.

Sedangkan bila ditinjau dari sudut pandang istilah maka pengertian waiters ialah seseorang yang bekerja dalam bidang penyajian, baik itu berupa makanan atau minuman sampai makanan terhidang pada pelanggan / seseorang.

Sedangkan menurut wikipedia waiters adalah orang yang bekerja di restoran, bar, maupun kafe untuk melayani pengunjung yang datang. Pekerjaan ini termasuk dalam sektor jasa.

Baca Juga:

Dimana waiters mencatat pesanan pengunjung dan kemudian membawa makanan atau minuman ke meja pemesan. Seorang pelayan yang baik dapat membantu pengunjung dengan merekomendasikan menu terbaik.

Baca Juga : www.dredown.com instagram video 

Waiters juga dapat diartikan sebagai sebuah jabatan yang terdapat dalam berbagai Restaurant, Hotel, Food and beverage departement serta instansi atau perusahaan lainnya.

Tugas Waiter

Lalu sebenarnya bagaimana sih tugas waiters ? dari pengerian diatas sebenarnya telah terjawab dimana tugas dan tanggung jawan waiter yang utama adalah melayani tamu dalam menyiapkan makanan dan minuman baik direstoran maupun hotel.

Namun ada beberapa tugas tambahan berkaitan dengan tugas pokok yang juga tidak boleh dilupakan yaitu :

a. Mempersiapkan semua perlengkapan pelayanan atau service equipment.
b. Melaksanakan pengaturan meja dan membersihkannya.
c. Menukar atau membersihkan lena yang kotor.
d.  Mengambil  dan mengantarkan pesanan tamu serta menyajikannya untuk tamu.

Nah untuk semua pekerjaan itu seorang waiter harus mempertanggung jawabkan pekerjaanya pada seorang head waiter yang biasanya merupakan waiter senior dan berpengalaman.

Fungsi Waiters

Nah dalam menjalankan tugasnya seorang waiter akan mempunyai fungsi antara lain dalam membantu tamu memilih menu makanan, menjelaskan menu makanan yang tersedia dimana semua itu akan membuat tamu lebih mudah dalam memesan menu makanan.

waiters merupakan sebuah pekerjaaan yang profesional untuk itu perlu persiapan – persiapan khusus dalam menjalakan tugas – tugasnya, baik tugas utama maupun sampingan. antara lain :

  1. Persiapan fisik, seorang waiters harus menyiapkan penampilan fisik yang sempurna antara lain dengan berpakaian yang pantas dan rapi, tatanan rambut yang rapi, sikap tubuh atau body language yang lentur dan ramah, menunjukkan bahkan fisik dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta penyiapan fisik lainnya.
  2. Persiapan Mental, tak hanya harus siap secara jasmani dan fisik, seorang waiter juga harus siap secara mental, antara lain dengan fokus dan konsentrasi saat melakukan pekerjaan, percaya diri yang tinggi serta tidak mudah mengeluh. hal tersebut dapat dilakukan bila kita bekerja dengan ikhlash, menjadikan pekerjaan sebagai hobby serta menganggap dan memperlakukan pekerjaan merupakan bagian dari ibadah.
  3. Persiapan alat bantu,  Tak kalah penting juga guna menunjang tugas pokok agar berjalan lancar dan sukses adalah dengan menyiapakan semua alat bantu yang diperlukan sebagai seorang waiter yaitu seperti alat tulis, alat – alat makanan, alat penyajian dan [eralatan lainnya.

Seorang pelayan akan menjalankan tugasnya dengan baik dimulai dari interaksi yang baik pula, interaksi itu sendiri dimulai dari datangnya tamu ke outlet hingga meninggalkan restaurant atau hotel.

Interaksi ini agar terjadi pemahaman yang baik anatara tamu dan waiter dimana interaksi dikatakan sukses apabila seorang waiters mampu memahami keinginan dan pesanan tamu dengan baik serta tamu juga memahami apa saja penjelasan yang dikatakan oleh seorang waiters.

Akhir Kata

saya kira cukup sekian penjelasan singkat kami tentang pengertian waiters adalah disertai tugas dan fungsinya, tertarik menjadi seorang waiters ? pelajari lebih mendalam tentang artikel ini ya. salam literasi.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!