Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Indonesia Tidak Wajib Militer ???

1 min read

wajib militer

Wajib militer, Bagi sebagian orang merasa kebutuhan Indonesia karena dapat menanamkan disiplin dalam warganya, sebagian lainnya merasa itu bisa memberatkan warga. Ya, ternyata beberapa alasan ini bisa menjadi penguat mengapa Indonesia tidak melakukan wajib militer.

Tujuannya, antara lain, untuk meningkatkan ketangguhan dan disiplin. Selain itu, militer juga bertujuan menjadikan semua warga negara sebagai pasukan cadangan, agar siap bergerak menjaga keamanan dan mempertahankan negara saat dibutuhkan.

Sejak dulu, kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia memang dihormati oleh negara lain. Bahkan pasukan khusus yang kita miliki adalah di antara yang paling menakutkan dibandingkan dengan pasukan khusus dari negara lain. Di Asia Tenggara saja, militer kita adalah yang paling kuat dari tetangga kita. Dan ini disadari tanpa harus melakukan wajib militer. Tidak heran bangsa ini merdeka tanpa bantuan penjajah.

Alasan Indonesia Tidak Wajib Militer ???

Indeks Juara Militer

Bahkan jika ada perang dengan negara tetangga, kekuatan militer kita akan tetap menjadi juara. Dibandingkan dengan negara lain di sekitar kita, indeks penilaian untuk kekuatan militer yang kita miliki masih sangat tinggi, di mana kita memiliki skor 0,3354 dengan 0,00 adalah angka yang sempurna. Tidak jauh dari sempurna bukan? Sedangkan Australia adalah 0,4209. Malaysia 0,6679 dan Singapura 1,0241.

Dana Tidak Kecil

Saat ini jumlah penduduk Indonesia sekitar 250 juta. Jika hanya 20% yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam dinas militer, maka tentu saja tidak sedikit dana diperlukan untuk mengelola 50 juta orang. Ini akan sangat memberatkan bagi pemerintah di mana saat ini pemerintah sendiri masih mengalami kesulitan dalam membuat rakyat makmur.

Baca Juga:

Kita perlu tahu bahwa negara-negara yang membutuhkan militer seperti Korea Utara, Korea Selatan dan Singapura, mereka memiliki populasi yang tidak banyak sehingga dana yang dibutuhkan tidak sebanyak yang kita butuhkan jika kita menerapkannya.

Negara Tidak dalam Keadaan Darurat Perang

Saat ini negara kita tidak dalam keadaan perang atau konflik dengan negara lain. Konflik yang kita hadapi sebenarnya adalah konflik internal di dalam negeri yang tentu saja tidak memiliki korelasi penuh dengan wajib militer. Dengan demikian, penekanan pada penyelesaian konflik di negara ini harus dapat menjadi alasan kuat mengapa Indonesia tidak mengajukan permohonan untuk dinas militer.

Sudah ada Program Pertahanan Negara Pemerintah sendiri melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan juga lembaga-lembaga lain telah benar-benar menerapkan banyak program pertahanan negara yang dapat meningkatkan rasa cinta warga negara.

Kita bisa melihat implementasi program seperti upacara Senin, pengibaran bendera, menyanyikan lagu-lagu Indonesia Raya dan sebagainya. Selain itu, pemerintah juga sering mengadakan program khusus untuk menanamkan nilai-nilai pertahanan negara kepada publik.

Setidaknya itu adalah sejumlah alasan yang menjelaskan mengapa Indonesia tidak menerapkan wajib militer. Meski begitu, kita semua harus waspada dengan apa yang kita lakukan ketika tanah air tempat kita hidup direbut oleh mereka yang akan menjajah tanah kita bersama.

Kita tidak perlu menjalani dinas militer, tetapi tetap membela negara adalah wajib. Tidakkah Anda mau, hidup di bawah pendudukan bangsa lain? Demikian ulasan tentang alas an mengapa Indonesia Tidak Wajib Militer seperti Negara-negara lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Dan jangan lupa ikuti berita militer indonesia lainnya di blog tercinta ini

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!