Wartegg Test TNI , Tips dan Cara Pengerjaannya yang Benar

0
2203
wartegg-test
Ceara mengerjakan tes wartegg

Tes Psikologi atau psikotes merupakan serangkaian ujian guna menilai kecerdasan, Emosi, Bakat dan kemampuan, Kepribadian bahkan Imanijasi atau cara berpikir seseorang. Dan salah satu tes yang sering kita jumpai dalam Tes Psikologi adalah Wartegg Test, Yupp … Kali ini kami akan membahas kembali tentang bagian penting Tes Psikologi , yaitu tentang Wartegg Test.

wartegg tes

Bagaimana sih cara mengerjakan Wartegg Test ? Gambar apa yang seharusnya dibuat saat Wartegg Test ? 2 pertanyaan yang paling sering diutarakan saat kita akan melakukan tes kotak delapan.

Pertanyaan – pertanyaan tersebut biasa diucapkan para calon peserta yang sedang melaksanakan seleksi seperti Rekrutmen TNI/POLRI, PNS maupun Karyawan perusahaan.

Dalam rekrutmen TNI perlu Strategi Militer ( khusus ) Tips Lolos Wartegg Test, sehingga watak dan kepribadian kita memenuhi syarat yang telah ditentuksn dalam seleksi perekrutan TNI, Karyawan maupun PNS.

Namun anda jangan khawatir, kali ini saya akan mencoba membahas secara tuntas dan memberikan tips yang benar tentang cara mengerjakan Wartegg Test TNI berikut penjelasannya.

Sehingga saat pelaksaan Tes Kotak Delapan / Tes Wartegg TNI, kalian semua tidak bingung harus berbuat apa. Caranya sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, anda tinggal punya niat untuk belajar dan menerapkannya saat pelaksanaan tes.

tes wartegg

PENGERTIAN WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN

Ehrig Wartegg dan Kinget mengembangkan suatu bentuk tes psikologi yang diciptakan oleh krugger dan sander. Tes ini berguna untuk mengetahui suatu karakter dan kepribadian seseorang dalam berbagai segi.

Karakter dan kepribadian yang dinilai tersebut dalam segi atau bidang Imajinasi, Emosi, Dinamisme, Realitity fuction dan kemampuan seseorang dalam mengontrol sesuatu ( sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/)

BENTUK WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN DAN INTERPRETASINYA (PENILAIAN)

Wartegg Test merupakan salah satu bentuk Tes Psikologi atau Psikotes gambar, yang terdiri dari 8 Kotak ( terdiri dari 2 shaf atau deret, 4 kotak pada saf pertama dan 4 kotak pada saf kedua ) dimana masing – masing kotak berukuran 1,5 X 1,5 Inchi.

Masing – masing kotak berisi gambar yang berbeda dan para peserta tes psikologi akan diminta untuk mengembangkan garis yang tersedia menjadi suatu gambar sesuai dengan imajinasi masing – masing peserta dalam waktu 30 Menit.

Selain garis yang berada di kotak sesuai imajinasinya, para peserta juga akan diminta untuk menentukan nomor urut gambar mana yang digambar lebih dahulu. Gambar yang paling sulit, Gambar yang paling gampang dikerjakan, Gambar yang paling disukai dan tidak disukai oleh para peserta tes lengkap berikut alasannya.

Berikut contoh gambar dan interpretasi masing – masing gambar tes wartegg tni :

tes wartegg tni

1.  KOTAK PERTAMA : Yaitu Kotak yang berisi gambar Titik Hitam Kecil ditengah – tengah Kotak / Psikotes Gambar Titik. Gambar yang dihasilkan dari kotak pertama akan menunjukkan kelincahan dan kemampuan peserta dalam menyesuaikan atau menempatkan diri pada lingkungan baru dan berbeda.

2. KOTAK KEDUA : Yaitu Kotak berisi gambar Coretan Garis kecil Meliku/Bergelombang. Hasil dari pengerjaan gambar pada kotak kedua akan menunjukkan karakter kepribadianmu dalam kehidupan sehari hari – hari yaitu menggambar kedinamisan/kebebasanmu dalam berekspresi.

3. KOTAK KETIGA : Yaitu Kotak yang berisi gambar 3 Garis Vertikal dengan ketinggian yang berbeda dan mempunyai pola seperti tangga yaitu dari rendah ke tinggi. Hasi dari gambar kotak ketiga ini akan menggambarkan tingkat ambisimu dalam mengejar cita – cita dan meraih kesuksesan dalam kehidupan.

4. KOTAK KE EMPAT : Yaitu Kotak yang berisi gambar Kotak atau Persegi kecil berwarna Hitam yang diletakkan di sebelah kanan atas dari kotak. Hasil dari gambar pada kotak keempat ini akan dapat menunjukkan pola berpikirmu ketika menghadapi masalah.

5. KOTAK KELIMA : Yaitu Kotak berisi gambar Dua Garis Diagonal yang terpisah dan jika dilhat sekilas terlihat seperti huruf T yang condong ke kanan. Tes dalam melengkapi gambar dalam kotak kelima ini guna menunjukkan dan menguji bagaimana cara anda dalam berpikir.

6. KOTAK KE ENAM : Yaitu Kotak yang berisi gambar Dua Garis Horizontal dan Vertikal yang terpisah dan terletak di atas dan samping kanan Kotak. Hasil dari gambarmu menyempurnakan gambar dalam kota ke enam akan menunjukkan suatu karakter kesederhanaan dan realitas seorang peserta tes.

7. KOTAK KE TUJUH : Yaitu Kotak yang berisi gambar berupa Kumpulan Titik Berbentuk Garis Lengkung. Tes Dalam Menyempurnakan Gambar ketujuh menunjukkan kehidupan dan perasaan peserta tes, apakan mempunyai watak dewasa atau kekanak kanakan.

8. KOTAK KEDELAPAN : Yaitu Kotak berisi gambar berupa garis lengkung ke bawah ( Hampir setengah lingkaran ) menyerupai payung. Gambar dari penyempurnaan gambar kedelapan akan menunjukkan tingkat sifat kebijaksaan para peserta.

TIPS DAN TRIK DALAM WARTEGG TEST ATAU KOTAK DELAPAN

Bagi anda peserta tes baik itu calon peserta rekrutmen TNI, POLRI maupun PNS ada beberapa tips yang dapat anda amati, tiru dan modifikasi. Hal ini sesuai dengan pengalaman saya dan hasil mengikuti beberapa les dan bimbingan Psikologi, antara lain :

Tips Secara Umum :

1.  Garis Gambar usahakan tegas dan tidak putus putus serta tidak di arsir dimana secara umum garis putus – putus menunjukkan bahwa ragu – ragu dan tidak dapat mengambil keputusan, Diarsir menunjukkan sifar dalam bekerja yang lambat dan gambar shading adalah munafik.

Tinggalkan Balasan