Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Wifi Indihome Tidak Terdeteksi, Penyebab Dan Cara Mengatasi

2 min read

Wifi Indihome Tidak Terdeteksi, Penyebab Dan Cara Mengatasi

Wifi Indihome Tidak Terdeteksi – Kebutuhan akan jaringan internet dengan kecepatan yang handal telah menjadi gaya hidup baru yang tak terpisahkan, ada banya provider internet yang menjanjikan kecepatan download dengan harga murah, salah satunya adalah wifi.id dan Indihome.

Namun terkadang kita dibuat kesal karena wifi indihome tidak terdeteksi, nah untuk itu akan kita ulas penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut.

WiFi IndiHome Tidak Terdeteksi

Untuk mengatasi wifi indihome tidak terdeteksi sebenarnya bisa dilakukan dengan memanggil teknisi resmi dari sang provider, namun bila kita bisa memperbaiki sendiri kenapa harus merepotkan orang lain  … betul tidak ?

Namun untuk mengatasinya kalian tentu harus mengetahui dul apa penyebab wifi indihome tidak terdeteksi, Nah berikut akan kita sampaikan beberapa penyebab yang umum terjadi pada permasalahan ini.

Penyebab WiFi IndiHome Tidak Terdeteksi

Cara mengatasi wifi indihome yang tak terdeteksi memang bermacam – macam disesuaikan dengan penyebabnya, nah kita harus mengetahu deti detil kecil yang dapat mengganggu kinerja wifi indihome yang kita miliki, berikut beberapa diantaranya :

Baca Juga:

1. Kerusakan Modem WiFi Indihome

Penyebab paling sering dan umum terjadi yang mengakibatkan wifi indihome tidak terdeteksi adalah adanya kerusakan pada Modem, Modem yang kita pakai umunya merupakan modem standar yang beberapa bagiannya rawan akan kerusakan.

Kualitas modem yang menurun seiring dengan penggunaannya memang paling sering menjadi permasalahan utama sehingga wifi indihome anda tidak terdeteksi.

2. PC / Laptop Atau HP anda yang rusak

Permasalahan kedua yang menjadi penyebab wifi tidak terdeteksi dikarenakan perangkat atau sofware penangkap sinyal WiFi di Laptop / PC atau HP anda yang telah melemah atau bahkan rusak.

Sama seperti Modem yang rusak, hal ini terjadi juga dikarenakan usia pemakaian yang telah lama atau cara penggunaan yang salah, seperti pernah jatuh, terbentur atau kecerobohan lainnya.

3. Settingan Hide SSID Sedang Aktif

Penyebab ketiga yang biasa terjadi adalah settingan atau pengaturan Hide SSID yang sedang aktif, hal ini bisa terjadi saat kita mencegah adanya orang yang dengan segala cara membobol wifi yang kita miliki.

Namun ternyata saat kita butuhkan lupa untuk menon aktifkan pengaturannya, Nah settingan Hide SSID ini memang nggak semua orang bisa melakukannya, hanya pemilik atau admin wifi yang dapat melakukannya.

Karena memang Hide SSID pada dasarnya merupakan pengaturan keamanan agar mencegah terjadinya pencurian password wifi yang kalian miliki. namun jangan salah kaprah ya.

Jangan beranggapan bahwa bila kalian telah mengaktifkan hide ssid maka tidak ada orang yang bisa tersambung ke jaringan wifi indihome anda, namun hide ssid disini lebih pada mencegah orang tahu bahwa di sekitar lingkungan tempat kamu tinggal ternyata ada jaringan Wifi karena nama router yang disembunyikan.

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Tidak Terdeteksi

Nah sekarang yuk kita masuk pada pembahasan utama tentang bagaimana cara mengatasi indihome yang tidak terdeteksi, Dimana tentunya dalam menyelesaikannya kita harus tahu penyebabnya seperti yang telah diuraikan diatas.

1. Yang pertama adalah mengatasi wifi yang tidak terdeteksi karena kerusakan modem, nah untuk permasalahan ini kalian tidak bisa selesaikan sendiri dabb. bila anda memaksa untuk membongkar modem justru akan membuat masalah jadi runyam. lalu Bagimana Solusinya ?

Gampang banget Dabbb, kalian tinggal hubungi provider atau custumer service indihome  yang biasanya kantornya adalah jadi satu dengan kantor telkom, karena memang produk ini adalah bagian dari PT Telkom.

2. Nah untuk mengatasi permasalahan yang kedua yaitu wifi tidak terdetekdi dikarenakan perangkat lunak / Keras atau sofware / hardware  penerima penerima wifi yang rusak juga setali tiga uang alias sama saja gaess.

Daripada HP/ Laptop kamu tambah rusak karena bongkar sendiri mending kamu pergi ke tukang service yang khusus memperbaiki HP / laptop atau PC pribadi anda.

3. Nah permasalahan yang ketiga ini sepertinya bisa kita atasi sendiri yaitu dengan masuk ke panel router dan masuk ke Pengaturan / setting SSID . Dalam pengaturan tersebut ada menu  “Enable SSID”  tekan atau klik menu tersebut.

Nah demikianlah tadi 3 cara mengatasi wifi indihome yang tidak terdeteksi oleh perangkatmu baik itu HP, Laptop atau PC. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Saya kira cukup sekian penjelasan saya tentang bagaimana cara mengatasi wifi indihome yang tidak terdeteksi, dimana sebelum nya kalian harus tahu dulu penyebab – penyebabnya.
Terima kasih telah berkunjung ke blog literacy militer baca juga artike menarik lainnya seperti bagaimana Cara Reset Router Indihome Dengan Mudah. terima kasih. semoga bermanfaat.
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!