wisata dieng jawa tengah

Wisata Dieng Jawa Tengah Yang Mempesona

X
Bagikan

Bagi kalian pecinta traveling, pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu lokasi terbaik yaitu wisata Dieng Jawa Tengah. Lokasi tersebut memiliki beberapa destinasi wisata yang memang sejatinya mampu memanjakan suasana para wisatawan.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang memang secara khusus mendatangi kawasan Dieng. Suasana yang sebuk dan pemandangan alam indah nan mempesona, membuat pandangan mata tak dapat berpaling.

Selain menyuguhkan pesona alam yang cukup indah, lokasi tersebut memang terkenal dengan kearifan lokal yang cukup kental. Budaya yang masih cukup terasa disana, terkadang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Nah jika kalian dalam waktu dekat ingin berkunjung ke Dieng, pastinya harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Salah satu aspek yang perlu kamu perhatikan adalah uang saku.

Hal ini karena terdapat beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi dan sayang sekali apabila terlewatkan salah satunya. Penasaran apa saja lokasi yang dapat kamu kunjungi ke kawasan tersebut, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Lokasi Wisata Dieng Jawa Tengah

Seperti yang sudah kami sampaikan tadi bahwa wisata Dieng Jawa Tengah memiliki beberapa kawasan atau spot menarik. Semua spot memang memiliki ciri khasnya masing-masing dan bisa membawa wisatawan teringat akan kawasan tersebut sepanjang masa.

Nah dari pada semakin penasaran, kamu bisa simak informasi berikut ini yang akan menyajikan tentang list wisata yang ada di Dieng. Bahkan beberapa lokasi memiliki keunikan tersendiri dan dapat memanjakan mata ketika kamu memandangnya.

1. Gua Semar

Destinasi pertama yang dapat kamu kunjungi ketika ke Dieng adalah Gua Semar. Letak atau lokasi dari Gua Semar berada antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Menurut kisah yang beredar, Gua Semar merupakan tempat pertapaan para raja dan juga pemimpin Indonesia pada zaman dahulu. Sampai saat ini, warga lokal percaya bahwa gua tersebut masih cukup keramat dan menjadi salah satu tempat sakral.

Nah untuk masuk ke kawasan tersebut, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3000 rupiah saja. Perlu kamu tahu bahwa Gua Semar terbuka untuk para wisawatan setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

2. Kawah Sikidang

Mungkin kamu sering kali mendengar kawasan yang satu ini melalui internet saja. Nah ternyata kalau kamu datang langsung ke kawah Sikidang, sudah menjadi jaminan bakal senang dan ketagihan.

Meskipun demikian, ketika kamu datang ke kawah tersebut pastikan membawa masker atau alat penutup hidung. Karena sekitar kawasan tersebut masih cukup menyengat dengan bau belerang.

Harga tiket masuk menuju kawah sikidang memang lebih tinggi dari pada Gua Semar, namun setidaknya masih terjangkau. Wisatawan yang ingin masuk ke lokasi tersebut harus membeli tiket masuk terlebih dahulu seharga 10 ribu rupiah.

3. Batu Pandang Ratapan Angin

Kawasan yang satu ini mungkin masih belum terlalu familiar bagi sebagian kalangan pecinta traveling. Namun pada nyatanya, batu pandang ratapan angin memiliki pemandangan yang indah yang mampu memanjakan mata.

Nah kalau kamu pengen dateng ke kawasan ini, tentunya akses cukup mudah karena berada pada sekitaran Telaga Warna, Candi Arjuna, dan Kawah Sikidang. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke batu pandang ratapan angin, maka bisa membeli tiket masuk seharga 10 ribu rupiah.

4. Candi Gatotkaca

Berikutnya ada candi Gatotkaca yang terletak di kawasan Dieng Jawa Tengah. Candi ini masuk dalam cagar budaya Provinsi Jawa Tengah yang mana merupakan kawasan terlindungi.

Megahnya bangunan candi Gatotkaca tak lepas dari salah satu tokoh cerita rakyat Mahabarata. Bagi wisatawan yang masuk ke bangunan candi, tentu akan mendapat suguhan tampilan memukau dan dapat mengabadikannya melalui foto atau video.

Jika kamu tertarik mengunjungi candi tersebut, maka harus lihat jam bukanya terlebih dahulu yaitu 08.00-17.00 WIB. Untuk harga tiket masuk, wisatawan hanya perlu menyiapkan dana sebesar 10 ribu rupiah.

Baca Juga : Sejarah Provinsi Papua Barat & Potensi Wilayahnya

5. Telaga Merdada

Terdapat salah satu kawasan telaga yang wajib banget kamu kunjungi ketika berada di Dieng Jawa Tengah. Pemandangan yang cukup mempesona karena terdapat lahan berundak tempat untuk bertani kentang.

Masih banyak kalangan yang belum tahu tentang Telaga Merdada, sehingga cukup sepi dan cocok bagi kamu yang pengen healing. Suasana sepi dan pemandangan memukau, tentu mampu membuat wisatawan merasa tenang dan rileks berada disana.

Sebelum berkunjung kesana, cermati terlebih dahulu jadwal operasional dan harga tiket masuk. Untuk masuk ke sana, kamu perlu membayar tiket sebesar 10 ribu rupiah dan jam bukanya adalah pukul 07.00-16.00 WIB setiap hari.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan pada para pembaca tentang wisata Dieng Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi. Dengan mengunjungi tempat tersebut, sudah pasti kamu bakal merasa senang dan ketagihan untuk suatu saat kembali ke sana.

Selain pemandangan yang cukup indah, biaya tiket masuk terjangkau menjadi salah satu alasan wisatawan ramai berkunjung ke Dieng Jawa Tengah.

Baca Juga

error: Alert: Content is protected !!