World War 3 ( WW 3 ) : Prediksi dan Dampaknya Bagi Indonesia

0
104
World war 3 / ww 3

Blog Militer Indonesia,- World War 3 ( WW 3 ) atau bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai Perang Dunia 3 merupakan Istilah dalam memprediksi perang besar yang akan terjadi di masa depan, Mengingat begitu banyak Konflik Militer di Dunia ini yang menuju 2 Poros besar kekuatan Militer Dunia.

perang-dunia 3

Ancaman Perang Dunia 3 ( World War 3 / WW 3 )

Ancaman World War 3 ( Perang Dunia 3 ) memang diprediksi tidak akan lama lagi terjadi, sebagai kelanjutan sejarah yang berulang setelah sebelumnya telah terjadi Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2.

Baca Juga : Rangkuman Agresi Militer Belanda 1 dan 2

Prediksi terjadinya Perang Dunia 3 memang menjadi Trending dan Viral di Media Sosial bahkan sebuah website Game telah memprediksi bagaimana jalannya pertempuran tersebut melalui Game dengan judul World War 3 / WW 3 !!!

Lalu bila memang Benar – benar terjadi siapakah negara yang akan terlibat ? Dimanakah akan terjadi ? dan apa dampaknya bagi Dunia dan Khususnya bagi Indonesia ?

Prediksi World War 3 ( WW 3 )/ Perang Dunia 3

Kita tentunya telah tahu bahwa Mitos yang mengatakan bahwa sejarah akan berulang, Ibarat sebuah Putaran Jam yang terus berganti dan kembali lagi.

Prediksi terjadinya Worl War 3 juga semakin menguat bila kita melihat Konflik di Timur tengah yang semakin meluas dengan ikutsertanya 2 poros kekuatan / Blog militer besar yaitu :

1. Blog Militer / Poros kekuatan Militer pertama yang diisi oleh negara – negara NATO, Negara Persemakmuran Inggris, Israel dan Liga Arab yang dikomandoi oleh Amerika Serikat ( USA ).

2. Blog Militer / Poros kekuatan Militer kedua yang diikuti oleh Iran, Suria, China dan Lebanon dengan Komando utama Rusia.

Belum lagi beberapa Konflik lain yang terjadi di Asia Pasifik, Afrika dan Amerika Selatan seperti Konflik Laut China Selatan antara RRC dengan Berbagai Negara tetangga seperti Vietnam, Taiwan dan Filiphina.

Artikel menarik : Sejarah Perang Diponegoro

Semua kejadian ini semakin memperkuat perkiraan bahwa akan terjadinya perang dunia 3 / World War 3 dalam waktu yang tidak lama lagi.

Seperti yang dirangkum literacymiliter.com dari Wikipedia, berikut prediksi terjadinya World War 3 ( WW 3 )/ Perang Dunia 3 dengan pihak yang akan berperang antara lain :

1. Prediksi pertama adalah Amerika Serikat dan NATO, Liga Arab, Persemakmuran Inggris dan pendukungnya berdamai dengan ISIS, Al-Qaeda, Kurdi, sampai 80 bendera berperang melawan Rusia, Suriah, Iran, Syiah Lebanon dan Yaman dengan dukungan Cina dan Korea Utara dan Jepang.

2. Prediksi kedua Amerika Serikat, NATO, Liga Arab, Persemakmuran Inggris, Rusia, Iran, Suriah, Lebanon, dan pihak lainnya sampai 80 bendera melawan ISIS, Boko Haram, Al- Sabab, Hamas dan Fatah, dan organisasi Militan Lainnya setelah bersatu di Syam.

3. Prediksi terakhir Amerika Serikat dan NATO, Liga Arab, Persemakmuran Inggris dan pendukungnya sampai 80 bendera berperang melawan Rusia, Suriah, Iran, Syiah Lebanon dan Yaman dengan dukungan Cina dan Korea Utara dan Jepang, ISIS, Al-Qaeda setelah berdamai.

Apakah Indonesia Akan terlibat Perang Dunia 3

Jawabannya Bisa Ya juga Bisa Tidak, Hal ini semua tergantung dengan kebijakan politik luar negeri dan sistem pertahanan Indonesia yang menganut Defensif Aktif.

Artinya Indonesia tidak akan secara aktif memulai peperangan namun akan tetap secara aktif untuk ikut memelihara perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan perdamaian ke beberapa daerah Konflik di dunia.

Namun Mengingat posisi Indonesia yang sangat Strategis dimana didalamnya juga memiliki sumber daya alam yang melimpah sebagai sumber bahan makanan.

Dengan kondisi seperti ini maka para pengamat menilai bahwa Indonesia akan menjadi sasaran perang dunia 3 bagi negara – negara yang secara langsung terlibat dalam perang, bila benar – benar terjadi.

Maka kemungkinan Indonesia akan terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung akan sangat besar terjadi, Dan sebagai negara yang berdaulat kita tentunya perlu menyiapkan diri untuk kemungkinan terburuk.

Dampak World War 3 ( WW 3 ) / Perang dunia 3 Bagi Indonesia

Tak hanya pada pihak yang berperang, bila World War benar benar akan terjadi maka seluruh dunia akan terkena dampaknya, termasuk Indonesia. Lalu Apa sajakah Dampaknya bagi Indonesia ?

Dikutip dari CNBC dan beberapa media terpercaya lainnya minimal ada 3 Dampak perang dunia 3 yang akan dirasasakan oleh Indonesia, antara lain :

Kelangkaan Minyak dan Gas

Dampak pertama yang akan dirasakan Indonesia bila World War 3 benar – benar terjadi adalah adanya kelangkaan Minyak dan Gas, Hal ini dikarenakan pihak – pihak yang diprediksi akan terlibat dalam peperangan merupakan Produsen Minyak dan Gas besar di Dunia Seperti Iran, Amerika Serikat dan Rusia.

Sedangkan Indonesia sendiri hingga saat ini dalam memenuhi kebutuhan Minyak dan gas dalam negeri masih sangat bergantung pada Import dari negara produsen minyak tersebut.

Kelangkaan Minyak dan gas juga ibarat rantai yang saling terkait dimana hal ini juga akan menyebabkan terjadinya kenaikan harga kedua produk tersebut di Indonesia pada khususnya.

Menurunnya Pertumbuhan Ekonomi

Dampak kedua terjadinya World war 3 adalah Menurunnya pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Hal ini diprediksi terjadi karena kelangkaan dan kenaikan harga Minyak dan gas akan menyebabkan Inflasi serta menurunnya daya beli masyarakat.

Tak bisa dibayangkan bagaimana bila ini benar – benar terjadi, saat ini di masa pandemi Virus Corona atau Covid – 19 yang belum benar benar berakhir saja perekenomian indonesia saja defisit / merosot hingga minus ( dibawah 0 % ) dalam 2 kuartal terakhir tahun 2020.

dampak perang dunia 3

Terancamnya Keselamatan Penduduk

Dampak perang dunia 3 / World War yang terakhir dan mungkin paling parah adalah terancamnya keselamatan warga dan Kedaulatan negara.

Mengapa ? karena posisi Indonesia yang secara geografis sangat strategis akan menarik kedua belah pihak yang berperang untuk menguasai Indonesia dalam mencari sumber daya alam alternatif yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Senjata Minimi

Dimana Indonesia sebagai negara tropis yang disinari matahari selama setahun penuh dan terkenal akan kesuburan tanahnya dapat menjadi lumbung pangan yang diperebutkan oleh kedua belah pihak yang sedang berperang.

Belum lagi adanya riak – riak kecil di dalam negeri dimana masih adanya daerah yang ingin keluar dari NKRI tentunya kan dipergunakan secara maksimal oleh mereka dalam mencari keuntungan di Indonesia.

Kesimpulan

Prediksi terjadinya World war 3 / Perang dunia 3 akan berdampak luas bagi seluruh dunia termasuk Indonesia, dimana pihak – pihak yang diperkirakan akan terlibat telah menyiapkan persenjataan yang sangat mematikan.

Sebagai orang yang cinta damai kita tentunya tidak berharap perang dunia akan segera terjadi bahkan bila boleh berharap tidak akan pernah terjadi. Aamiin

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Prediksi dan dampak terjadinya World War 3 / Perang Dunia 3 yang penulis rangkum dari beberapa media terpercara seperti CNBC, military,com, wikipedia dan beberapa sumber lainnya. Sekali lagi ini hanya merupakan prediksi dan opini pribadi, ohon maaf bila dalam penulisan ada salah ketik dan penafsiran. Wassalamualaikum Wr Wb

Tinggalkan Balasan