Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

WR. Soepratman : Sang Maestro Musik Pencipta lagu ” Indonesia Raya “

1 min read

maestro musik

Kelahiran WR. Soepratman

Tepat pada hari ini 9 Maret 1903 atau 97 Tahun yang lalu di Dukuh Trembeling, desa Somongari, daerah kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jateng. Terlahirlah seorang bayi lelaki bernama WR. Soepratman yang nanti akan menjadi seorang maestro musik terkenal dan juga pahlawan bagi negara tercinta ini, Indonesia.

Baca Juga:

Walau sampai saat ini tanggal yang pasti kelahiran beliau “maestro musik” masih banyak disangsikan oleh sebagian masyarakat, karena sesuai keputusan Pengadilan Negeri Purworejo tanggal 29 Maret 2007. Bahwa kelahiran beliau ditetapkan pada 19 Maret 903.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Perlak

Namun semua itu tentunya bukanlah sesuatu yang harus diperdebatkan, cukup dijadikan pelajaran dan evakuasi agar administrasi kependudukan dapat berjalan lebih baik.

Baca Juga:

Bakat Musik yang Luar biasa WR. Soepratman

Sebagai penghargaan, tanggal lahir beliau 9 Maret setiap tahunnya dijadikan “Hari Musik Nasional”, Kembali kepada topik utama WR. Soepratman merupakan pemuda yang mempunyai bakat bermain alat musik biola diturunkan oleh sang ibunda, Roekijem. Dan berpotensi menjadi seorang ” Maestro Musik ” yang hebat.

Baca Juga : Agresi Militer Belanda

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya adalah salah satu karya terbesar pahlawan nasional dan sang ” maestro musik ” WR Soepratman.

Perkenalkan Lagu Indonesia Raya

Beliau mulai memperkenalkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” pertama kali pada saat berlangsungnya Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 .

Sejak itu lagu ” Indonesia raya m’enjadi populer dikalangan para pejuang terutama di kalangan pemuda. Dan hal ini tetap terus dipertahankan hingga akhirnya diresmikan menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Akhir Hayat Sang Maestro musik WR Soepratman

Beliau wafat di Surabaya, Jatim tanggal 17 Agustus 1938 dan dimakamkan di daerah Kenjeran, Surabaya. Atas jasa2nya, WR Soepratman diangkat sebagai Pahlawan Nasional, dan diabadikan fotonya dalam uang Rp 50.000,- edisi tahun 1999.

Beliau sang ” Maestro Musik ” merupakan salah satu dari ratusan bahkan ribuan pahlawan yang harus kita kenang selalu jasanya, karena tanpa beliau mungkin saat ini tidak ada lagu ” Indonesia Raya “

Mari kita semua mendoakan beliau agar mendapat tempat yang layak diakhirat sana dan semoga kita selaku penerusnya mampu menjaga dan mempertahankan kemerdekaan yang telah beliau perjuangkan dengan seluruh jiwa dan raga.

Terima kasih telah mampir Blog Berita Militer dan membaca sejarah tentang WR. Soepratman : Sang Maestro Musik Pencipta lagu ” Indonesia Raya “.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!