Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Xian H – 20, Bomber Siluman Cina Yang Menakutkan Dunia

3 min read

Blog Militer Indonesia Kita akan melanjutkan pembahasan alutsista militer dari berbagai negara di Dunia, Kali ini kita akan membahas tentang sebuah pesawat Pembom nuklir Siluman buatan cina, yang dari segi desain dan teknologi mirip B-2 Amerika yaitu Xian H – 20.

Xian H -20, Bomber Siluman Cina yang Menakutkan Dunia

Yah … Kehadiran Pesawat pembom milik cina ini membuat peta persaingan kekuatan militer yang selama ini hanya diperebutkan oleh Rusia dan Amerika akan menjadi berubah.

Cina tampil dengan berbagai macam Alutsista militer baik dari Matra Darat, laut maupun udara yang mengklaim desain serta teknologinya tidak kalah bahkan lebih unggul dari buatan Amerika serikat maupun Rusia.

Baca Juga:

Pesatnya Perkembangan Alutsista Militer Cina

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan pesat Militer RRC atau Republik Rakyat Cina membuatnya menyelinap Masuk sebagai salah satu kekuatan militer terbesar di Dunia diantara 2 Blok kekuatan militer besar yaitu Rusia dan Amerika Serikat.

Militer Cina tak hanya mengandalkan jumlah personel Militernya yang sangat banyak namun juga selalu berinovasi dalam pengembangan Alutsista dan persenjataan Militernya.

Bahkan sebagian persenjataan tersebut diklaim lebih cangguh dari pemilik asalnya.

Xian H – 20

Dan salah satu persenjataan strategis yang diklaim lebih canggih tersebut adalah pesawat Pem Bom strategis Siluman H – 20

Pesawat yang secara desain mirip dengan Pembom canggih B – 2 milik Amerika serikat ini, membuat berbagai negara terutama Amerika dan Rusia Tersenyum kecut dan berpikir ulang tentang kekuatan Militer Cina.

Baca Juga : Drone China Terbaik

H20 ataupun xianghong 20 yang diperkirakan bisa mengudara di langit Asia dan dunia pada tahun 2020, serta dibuat massal pada tahun 2025 ya.

Sekali lagi bila kita amati bersama maka secara tampilan H – 20 memanglah sangat mirip dengan bomber B2 Amerika.

Apakah Cina menjiplak ? Yang jelas sebuah Web ternama  National interest menyebut bahwa kehadiran pesawat siluman bomber H20 ini akan menjadi mimpi kurang baik untuk militer Amerika Serikat

Xian H – 20 memang sempat muncul pada parade perayaan ulang tahun ke- 70 Angkatan Udara Cina tahun 2019, Sebelumnya juga sudah tersebar Vidio kampanye pemasaran H- 20 yang mirip dengan film – film Hollywood.

Dalam Vidio tersebut contohnya Giant Aviation industrial corporation merilis video promosi pada Mei 2018 yang menggambarkan Pesawat pembom bersayap.

Hal tersebut ditekankan kembali Panglima Angkatan Udara Cina yang secara Resmi mengatakan keberadaan H20.

Dalam pernyataan resmi tersebut disampikan H – 20 memanglah mempunyai jangkauan yang sangat jauh serta berteknologi siluman, sehingga pastinya peta kekuatan Militer Dunia antara Amerika, rusia serta Cina akan dapat berubah.

Peta kekuatan Militer Dunia

Hingga saat ini, memang hanya ada 3 negera yang mempunyai sumber energi buat meningkatkan komponen strategis besar, yang bisa menguasai dunia. Negara tersebut ialah Amerika, Rusia serta Cina.

Pesawat Pembom strategis memanglah masuk ide untuk Cina, sebab mereka memandang penting dominasi bagian barat Samudra Pasifik.

Hal ini guna menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh Amerika di wilayah tersebut, sebagian pengamat menyatakan bahwa H20 akan diberi tugas ganda yaitu sebagai Pesawat pengintai serta komando kontrol yang mirip dengan pesawat tempur siluman f – 35.

Hal ini memang merupakan Ide besar Cina, dimana militer Cina sebenarnya sudah meningkatkan bermacam- macam rudal jarak jauh darat serta laut, tetapi tidak mempunyai jaringan perintah yang kokoh untuk membentuk rantai penyerangan yang berikan isyarat kepada rudal.

Guna mencapai sasaran jarak jauh secara teoritis H – 20 bisa menjadi pelopor di depan dengan memata – matai posisi lawan memakai Radar Aesa, tak hanya itu H20 juga bisa digunakan buat peperangan elektronik.

H-20 juga ditugaskan untuk sanggup membawa senjata nuklir walaupun H – 6 merupakan pesawat pembom asli Cina ini tidak lagi dikonfigurasikan buat serbuan nuklir.

Pengembangan teknologi pesawat siluman Cina di pesawat tempur siluman J – 20 serta J – 31 ialah prasyarat kunci dari proyek H20 sehingga tampaknya ialah pengembangan dari pesawat kargo Raksasa Y – 20.

H – 20 akan diklasifikasikan bagaikan pesawat antar Benua dengan jarak tempuh 5000 Kilometer, serta dengan kapasitas yang jauh lebih besar daripada H – 6 dan mempunyai kemampuan membawa senjata nuklir.

Baca Juga : Cara Mengunci Wifi

Pesawat ini Juga dapat membawa paling tidak 10 hingga 23 ton Amunisi, dilengkapi dengan 4 mesin turbo ditanam di bagian atas permukaan sayap dengan lubang masuk bergigi gergaji berbentuk S.

Mesin WS 10 saat ini memanglah hadapi permasalahan besar namun itu tidak menghentikan Tiongkok buat memakai mesin tersebut 21 tersebut. Yang terus dilakukan pengembangan perusahaan senjata militer Cina.

Bila Proyek H – 20 berhasil maka ini tentunya akan sangat berimplikasi dengan strategi militer Amerika serikat untuk ikut mengembangkan teknologi anti siluman yang saat ini juga telah dikembangkan oleh Cina dan Rusia.

Kesimpulan

Kehadiran Persenjataan Militer terbaru Cina akan membuat peta kekuatan Militer Dunia berubah.

Rusia dan Amerika harus terus berupaya agar Alutsista serta persenjataan militernya tidak dilompati oleh Cina.

H – 20 adalah salah satu Persenjataan terbaru Cina yang walau masih dalam tahap penyempurnaan, namun mempunyai ancaman yang sangat besar bagi keamanan Dunia.

Lalu bagaimana dengan negara negara lain seperti Perancis, Inggris, Jerman , Singapura, Vietnam atau bahkan negara kita sendiri ??

Bila kita tidak Berinovasi tentunya akan makin membuat kita tertinggal, kita harus mampu berdiri di kaki sendiri dengan mencoba menciptakan atau setidaknya memodifikasi senjata canggih yang sudah ada.

Sehingga kita tidak hanya menjadi negara pemakai namaun juga sebagai negara yang dapat memproduksi persenjataan militer canggih.

Berat namun dengan tekat dan kemampuan yang ada saya kira kita akan mampu berdiri sejajar dengan negara negara maju lainnya.

Kami juga mengharapkan kritik dan saran terhadapat tulisan ini agar dapat lebih baik, silahkan tulis di kolom komentar.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!