Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja Tidak Masuk, Gini Solusinya!

3 min read

Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja Tidak Masuk

Program Kartu pra kerja memang menjadi angin segar baru bagi kalangan millenial dan yang belum mempunyai pekerjaan tetap, Cara mendaftarnya pun tidak sulit sehingga makin menarik, Namun kendala kadang justru datang ketika melakukan verifikasi, sehingga di beberapa media sosial dibanjir pertanyaan bagaimana cara verifikasi email kartu prakerja tidak masuk ? Ini beberapa tips dari kami

Program Kartu Prakerja

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara verifikasi email kartu prakerja tidak masuk, kita haru tahu dulu apa itu Program prakerja ? Nah prakerja adalah Program unggulan Bapak Jokowi saat mencalonkan kembali sebagi presiden RI.

Program ini meru[akan bantuan pembiayaan guna pengembangan kompetensi yang sasaran pokoknya adalah Orang yang sedang mencari pekerjaan baik karena memang belum bekerja, Di PHK oleh perusahaan atau sebab lainnya yang membutuhkan peningkatam kemampuan atau kompetensi diri.

Baca Juga : Cara Dapat Pulsa Gratis Setiap hari

Bagi anda yang pernah mendaftar program ini mungkin tidak ada kesulitan dalam verifikasi email, tapi bagi beberapa pengguna baru yang ingin mendaftar ternyata banyak yang terkendala dalam hal ini.

Baca Juga:

Cara Daftar Kartu Prakerja

Kita akan bahas dari awal ya guys dimulai dengan cara mendaftar di program kartu prakerja ini, dimana saat artikel dibuat program ini telah masuk gelombang 12 yang dibuka pada tanggal Selasa 23 Februari 2021 pukul 12.00 WIB Hingga hari Jumat tanggal 26 Februari 2021 pukul 12.00 WIB.

Untuk mendaftar baru ikuti langkah – langkah berikut :

  1. Siapkan persyratan yang diperlukan seperti alamat email, KTP sebagai tanda sebagai WNI  Dan Surat Keterangan PHK ( Karena gelombang 12 ini diutamakan bagi yang terkena pemecatan dikarenakan covid 19
  2. Kunjungi website pendaftaran kartu pra kerja di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  3. Isi data yang diminta yaitu alamat email , Password dan Konfirmasinya
  4. Klik Buat Akun
  5. Nah kalian tinggal menunggu verifikasi yang dikirimkan ke alamat email anda ( Nah disinilah banyak masalah terjadi )
  6. Setelah menerima link verifikasi kalian tinggal klik menu verifikasi tersebut.

Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja Tidak Masuk

Ok kita masuk pada pembahasan utama tentang bagaimana cara verifikasi email kartu pra kerja tidak masuk, atau munkin permasalahan sebenarnya bukan email link tidak masuk tapi lebih kepada tidak terdapat pada kotak pesan masuk.

Nah dalam mengatasi masalah ini kita tentunya harus menyelesaikannya sesuai dengan penyebabnya, nah berikut dibawah ini kami sampaikan solusi verifikasi email kartu prakerja yang biasa terjadi

1. Mendaftar Ulang Dengan Alamat Email Yang Benar

Nah Kawan entah dikarenakan berbagai faktor yang menyebabkan email tidak masuk ternyata karena kesalahan kita sendiri yaitu salah dalam memasukkan alamat email.

Kesalahan kecil pada huruf atau angka dalam penulisan alamat email memang sangat sensitif, dan menyebabkan kalian tidak mendapatkan email masuk yang berisi link verifikasi

Untuk itu kalian harus ganti alamat email yng telah kalian daftarkan sebelumnya dengan cara mendaftar baru melalui link yang telah kami sampaikan diatas.

Nah setelah memasukkan alamat email yang benar berikut dengan password, kalian bisa cek di kotak pesan masuk email anda. bila kesalahannya dikarenakan kesalahan alamat email maka seharusnya link verifikasi email telah masuk.

2. Periksa Kotak Promosi atau Spam

Nah permasalahan kedua yang terkadang memuat para pendaftar kartu prakerja bingung adalah email masuk tidak pada kotak pesan masuk namun pada kotak promosi atau bahkan spam.

Hal ini sangat mungkin terjadi dikarenanakan Google menganggap bahwa email berisi konten promosi sehingga langsung masuk pada kotak promosi, atau karena banyaknya email yang terkirim bisa jadi masuk kotak spam.

Untu, itu cara mengatasinya adalah kalian harus cek semua kotak pesan baik pesan masuk utama, pesan masuk promosi atau juga kotak Spam, cari dengan teliti bila belum ditemukan klik juga refresh ada halam dimuat ulang.

Nah seharusnya bila email link verifikasi tidak masuk karena dianggap spam dan promosi maka dengan langkah kedua ini masalah sudah terselesaikan.

3. Gunakan Browser Chrome

Permasalahan tidak bisa verifikasi bukan hanya karena link tidak masuk tapi terkadang juga blank atau tidak ada isi sepatah katapun.

Permasalahan ini terkadang jufga dikarenakan browser default pada perangkat anda tidak mendukung dengan program kartu prakerja. lalu bagaimana solusinya ?

Kalian buka email anda di Browser chrome atau apabila telah mendapat email tapi blank adalah dengan copy link email masuk tersebut dan paste di browser chrome.

 4. Isi Kuota Internet Anda

Permasalahan berikutnya yang terkadang menyebabkan email link verifikasi tidak masuk karena ternyata kuota internet kita sudah habis atau masa aktifnya sudah terlewatkan.

Untuk ini solusinya hanya satu gaesss, beli pulsa atau kuota internet untuk kalian tambahkan ke HP atau perangkat anda.

5. Sabar Menunggu

Lho Kok sabar menunggu ? iya guys hal ini karena mendaftar program kartu prakerja ratusan ribu hingga jutaan orang, sehingga terkadan membuat server web prakerja mengalami ganguan.

namun tenang , teknisi pemerintah yang bertanggung jawan pada hal ini telah profesional dan mahir, maka bila kalian tidak mnerima email link verifikasi kartu prakerja dikarenakan gangguan server maka sabarlah menunggu sejenak karena server sedang diperbaiki.

Baca Juga : Aplikasi Dan Game Penghasil Uang Langsung Ke Rekening

Kabar baiknya sesuai dengan pengalaman bahwa gangguan server ini jarang terjadi kalopun terjadi hanya membutuhkan beberpa saat untuk normal kembali dan kalian bisa cek kembali email masuk utama anda

Akhir Kata

Nah sebelum mengakhiri pembahsan ini ada satu kesimpulan bahwa link verifikasi pasti akan dikirim oleh web secara otomatis, kesalahan justru lebih banyak ada pada keteledoran kita dalam menulis alamat email atau kurang teliti melihat kotak pesan masuk lain seperti promosi dan spam. Jadi lebih teliti ya gaess.

Demikianlah pembahasan kita tentang Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja yang tidak masuk, semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam mendaftar. selamat mencoba. salam literasi.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!