Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Teknologi Ramah Lingkungan, Contoh dan Fungsinya

4 min read

Teknologi Ramah Lingkungan

Pada Kesempatan ini kita akan membahas tentang Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan disertai contoh dan fungsinya, Hal ini merupakan salah satu cara dalam menjaga alam agar tetap Asri.

Baca Juga:

Pada Kesempatan Yang lalu kita juga telah membahas beberapa Teknologi Militer terbaru yang canggih khususnya bagi TNI dalam mendukung tugas pokoknya menegakkan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia.

Dimana sebagian dari teknologi tersebut, sangatlah membebani lingkungan kita yang saat ini telah tua ini. Untuk itu kita ulas beberapa teknologi Militer yang mungkin dapat diadopsi dalam kehidupan Tentara.

Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi Ramah Lingkungan merupakan konsep yang diciptakan untuk mencapai tujuan tertentu yang mengacu pada faktor-faktor lingkungan. Di era modern dan serba digital seperti saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat contohnya di bidang industri besar, pertanian dan industri skala rumah tangga.

Kerusakan lingkungan bisa terjadi karena pemanfaatan teknologi yang tidak tepat. Meskipun keberadaan teknologi bermanfaat untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan manusia.

Artikel Pilihan : Cara Membobol WiFi

Keberadaan lingkungan tentu harus terus dijaga karena manusia dan makhluk hidup lainnya bergantung pada lingkungan. Makhluk hidup membutuhkan lingkungan yang bersih dan bebas dari segala bentuk pencemaran seperti pencemaran pada tanah, udara dan air.

Pencemaran bisa terjadi karena adanya sumber energi fosil sebagai sumber energi utama. Jika masih banyak bergantung pada bahan bakar fosil maka hal ini bisa memberikan dampak negatif pada lingkungan

Berdasarkan informasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenlhk), teknologi ramah lingkungan merupakan teknologi yang menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan dalam penerapan dan pembuatannya.

Kerusakan lingkungan hidup dan pencemaran bisa dicegah dengan melakukan proses yang efisien dan efektif serta menghasilkan limbah yang minimal. Persyaratan terhadap regulasi harus dipenuhi oleh teknologi ramah lingkungan.

Baca Juga : Teknologi Artificial Intellegence di Militer

Penerapan efisiensi harus dari berbagai aspek dalam penggunaan sumber daya seperti energi, air, penggunaan bahan baku serta bahan kimia.

Teknologi ramah lingkungan sudah diterapkan di berbagai bidang industri dan energi. Tetapi dalam penerapannya, diperlukan biaya yang tidak sedikit jika dibandingkan dengan teknologi konvensional.

Sehingga kondisi ini menjadi tantangan untuk menciptakan teknologi yang bersahabat bagi lingkungan sekitar dengan harga yang lebih terjangkau sehingga dapat digunakan oleh lebih banyak orang.

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan di kehidupan sehari-hari :

1. Kincir Angin

Penerapan teknologi ramah lingkungan contohnya yakni pada kincir angin. Kincir angin mudah ditemukan di Belanda. Jumlah kincir angin yang banyak di Belanda tentu bukan tanpa sebab. Kincir angin adalah teknologi yang sudah banyak diterapkan di negara maju.

Penggunaan kincir angin karena memanfaatkan energi angin yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti bahan bakar fosil. Kincir angin digerakkan oleh fosil lalu menghasilkan jenis energi lainnya contohnya energi listrik yang dapat dimanfaatkan manusia. Kincir angin menerapkan teknologi ramah lingkungan serta tidak menghasilkan polusi udara.

teknologi ramah lingkungan kincir angin

2. Biogas

Kotoran hewan memang bisa dijadikan pupuk alami yang bermanfaat untuk tanaman. Tetapi mungkin sebagian besar orang masih belum menyadari bahwa kotoran hewan bisa dijadikan energi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Biogas dapat dihasilkan dari aktivitas fermentasi seperti bahan-bahan organik.

Selain kotoran hewan, kotoran manusia serta limbah domestik juga bisa digunakan untuk menjadi bahan pembuat biogas. Pada kotoran makhluk hidup tersebut mengandung metana dan karbondioksida yang bisa dimanfaatkan untuk listrik  dan bahan bakar kendaraan. Tidak hanya hemat biaya, bahan bakar biogas juga lebih ramah lingkungan dan bisa menjadi solusi cerdas dalam pengelolaan limbah.

3. Mobil Listrik

Mobil listrik adalah contoh penerapan teknologi ramah lingkungan selanjutnya. Ketersediaan bahan bakar sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui membuat jumlahnya semakin sedikit.

Maka dibutuhkan inovasi baru untuk mengatasi kondisi ini. Mobil listrik menjadi inovasi untuk mengatasi jumlah bahan bakar yang terbatas.

Saat ini pemakai mobil listrik memang tidak sebanyak pengguna mobil konvensional tetapi seiring dengan kesadaran masyarakat maka diharapkan penggunanya terus meningkat.

teknologi ramah lingkungan mobil listrik

4. Rooftop Garden

Di era modern seperti saat ini, mudah sekali menemukan rumah yang memiliki rooftop garden khususnya di perkotaan. Di atap rumah tidak jarang terdapat taman yang luas yang bertujuan untuk menyerap panas.

Tidak hanya itu, adanya tanaman di taman bagian atas rumah juga bisa menyerap karbon dioksida sehingga rumah juga terlihat lebih cantik dan menarik.

5. Panel Surya

Panel surya adalah contoh teknologi ramah lingkungan yang saat ini semakin banyak digalakkan kepada masyarakat. Panel surya sudah banyak digunakan di berbagai kebutuhan baik secara pribadi dan umum.

Panel surya merupakan suatu teknologi yang dapat mengubah cahaya menjadi aliran listrik. Inovasi ini disebut juga dengan photovoltaic yang berarti cahaya listrik.

Energi matahari diserap dan menyebabkan arus mengalir diantara dua lapisan yang muatannya berlawanan dimana sel ini bergantung pada efek photovoltaic.

6. Biopori

Teknologi ramah lingkungan juga diaplikasikan pada lingkungan yakni berupa biopori. Biopori merupakan lubang silindris yang dibuat dengan cara vertikal ke dalam tanah yang berfungsi sebagai resapan air.

Biopori bermanfaat untuk mengatasi genangan air, caranya yaitu dengan meningkatkan daya resap air di tanah. Proses ini melibatkan fitoremendiasi yakni proses bioremendiasi yang menggunakan berbagai tanaman untuk memindahkan, menghilangkan dan menghancurkan kontaminasi di dalam tanah dan air bawah tanah.

7. Kendaraan Hidrogen

Kendaraan hidrogen merupakan kendaraan yang menggunakan gas hidrogen sebagai bahan bakar. Penggunaan bahan bakar hidrogen ini tidak hanya pada mobil tetapi juga pada pesawat. Jika biasanya kendaraan konvensional menggunakan bahan bakar berupa bahan bakar minyak (BBM) yang menimbulkan polusi maka kendaraan hidrogen hadir untuk menjadikan lingkungan lebih hijau.

8. Mobil Surya

Selain mobil listrik, mobil surya juga merupakan salah satu contoh penerapan teknologi ramah lingkungan. Mobil surya menggunakan tenaga matahari sebagai sumber daya yang bisa menggerakkan mobil. Di mobil tersedia bagian untuk menyimpan energi agar mobil surya bisa digunakan dengan stabil.

Fungsi Teknologi Ramah Lingkungan :

1. Menjaga kelestarian alam dari kerusakan;

2. Menjaga lingkungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan;

3. Meminimalkan limbah sehingga mencegah pencemaran lingkungan; dan

4. Memanfaatkan barang-barang yang tidak berguna menjadi produk yang berguna bagi manusia Memudahkan dan pemenuhan kebutuhan manusia.

Sebagai generasi yang hidup di era modern dan serba digital seperti saat ini, sudah semestinya untuk memahami apa itu teknologi ramah lingkungan. Mencari tahu penggunaan teknologi ramah lingkungan berarti peduli dengan masa depan lingkungan termasuk pada masa depan anak cucu.

Apalagi sudah banyak kasus dan masalah lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini. Lingkungan dan bumi yang ditinggali manusia dan makhluk hidup semakin tergerus sedikit demi sedikit.

Baca Juga : Teknologi Jaringan 5G

Contohnya seperti terjadinya longsor, gunung meletus, bahkan kebakaran hutan. Bencana tersebut seolah menjadi pertanda bahwa bumi dan lingkungan semakin merasakan efek negatif dari aktivitas yang dilakukan manusia.

Isu terjadinya pemanasan global juga sering terdengar dan terus mengancam kehidupan di bumi. Jika bukan manusia yang peduli, lalu siapa lagi? Oleh karena itu, mengingatkan diri untuk peduli dengan lingkungan dan alam sangat penting untuk menyadarkan bahwa gaya hidup manusia sudah saatnya diperbaiki agar tidak merusak lingkungan.

Aplikasi serta penerapan teknologi ramah lingkungan adalah solusi yang dibutuhkan di saat ini dan di masa depan. Dorongan untuk menyadarkan masyarakat agar semakin peduli terhadap lingkungan sebaiknya terus dilakukan dari berbagai stakeholder.

Hal ini tentu bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam yang menjadi tempat tinggal manusia dan makhluk hidup lainnya. Contoh-contoh teknologi ramah lingkungan di atas menjadi pandangan yang bisa diterapkan agar dapat menunjang kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Akhir Kata

Nah itulah tadi kawan – kawan pembahasan kita tentang Teknologi Ramah Lingkungan, Siapapun itu wajib menjaga lingkungan kita agar tetap ASRI. semoga bermanfaat dan kita dapat praktekkan dalam kehidupan sehari – hari.

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!